7 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Anda yang Baru Pertama Kali ke Luar Negeri

11 Sep 2019 17:35 3318 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
jangan sampai ada yang terlewat ya! Soalnya semuanya termasuk penting.

Ada sebagian orang yang excited atau bahkan cemas ketika ia baru pertama kali akan pergi ke luar negeri. Jika Anda disini salah satu orang tersebut, maka Anda sedang berada di artikel yang tepat. Karena penulis disini akan berbagi informasi seputar apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ke luar negeri.

Sebelum ke topik utama, mari santaikan diri sejenak agar saat membaca artikel ini tidak ada yang terlewat, khususnya poin yang penting.

Ada setidaknya 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum Anda pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya

 

 

1. Identitas

Identitas yang dimaksud disini bukanlah KTP atau SIM. Walau memang kedua kartu tersebut pasti dibawah karena biasanya tersimpan di dalam dompet, identitas yang penulis maksud disini adalah Paspor dan Visa (untuk beberapa negara yang memang membutuhkannya).

Jika Anda belum pernah punya paspor sama sekali, maka segeralah buat karena proses pembuatannya lumayan lama. Dan bagi Anda yang akan pergi ke negara dengan yang memang membutuhkan visa masuk. Maka segera juga buat Visa. Penulis sih merekomendasikan pembuatan visa lewat biro jasa karena pengurusannya akan cepat dan juga profesional.

 

 

2. Tiket Perjalanan dan Tempat Menginap

Jika Anda pergi ke luar negeri baik itu lewat laut ataupun udara, pastikan Anda sudah menentukan jadwal keberangkatan jauh-jauh hari. Karena sebelum Anda dapat berangkat ke luar negeri, Anda harus terlebih dahulu melakukan pemesanan tiket untuk hari H. Pemesanan tiket lebih awal sendiri bertujuan agar Anda nantinya tidak kehabisan tiket saat hari keberangkatan.

Sama halnya dengan tempat menginap, melakukan booking lebih awal juga sangat penting dilakukan agar ketika sampai di negara asing, Anda tidak perlu repot mencari tempat menginap lagi.

 

 

3. Bawa Barang Secukupnya

Membawa barang secukupnya disini bukan berarti bahwa Anda harus membawa barang yang sedikit. Maksud penulis dengan membawa barang secukupnya itu adalah membawa barang yang memang sangat diperlukan saat Anda berada di luar negeri.

Contoh umumnya adalah obat-obatan, pakaian ganti, smartphone, dan power bank.

 

 

4. Jangan Coba-Coba Bawa Barang KW

Jika Anda adalah penggemar suatu produk ternama tapi Anda tidak sanggup untuk membeli produk dari brand tersebut dan akhirnya memutuskan untuk membeli versi KW atau palsunya, maka produk tersebut jangan sampai di bawa bepergian ke luar negeri.

Alasannya, tidak sedikit kasus dimana petugas pemeriksaan menyita atau bahkan menghancurkan produk palsu tersebut.

 

 

5. Tukarkan Mata Uang

Jika Anda dari Indonesia ingin pergi ke Singapura misalnya, maka sebelum berangkat, Ada baiknya Anda menukarkan uang yang ingin Anda gunakan di Singapura nanti di bandara tempat keberangkatan Anda. Hal tersebut tujuannya adalah agar nanti ketika Anda sudah sampai di Singapura, Anda tidak akan dirugikan dengan nilai kurs yang biasanya lebih rendah.

 

 

6. Siapkan Pulsa

Jika Anda akan pergi ke luar negeri, mengisi nomor handphone Anda dengan pulsa yang lumayan banyak adalah hal yang harus dilakukan jika Anda tidak berniat menggunakan kartu SIM negara tujuan Anda. Dengan menggunakan kartu SIM Anda diluar negeri, pilihlah pake roaming agar Anda dapat berinternet ria dengan menggunakan kartu SIM Anda walau sedang berada di luar negeri.

 

  

7. Bawa Voice Translator

Bagi orang yang tidak bahasa Inggris atau pergi ke negara tujuan yang memang mayoritas penduduknya tidak menggunakan bahasa asing, sebuah gadget yang dapat menerjemahkan bahasa negara tujuan Anda ke bahasa yang Anda kuasai akan sangat membantu.

Contohnya saja ketika pergi ke Jepang dimana mayoritas warganya tidak lancar berbahasa Inggris, maka dengan menggunakan voice translator, Anda akan dapat menanyakan berbagai hal seperti penunjuk arah, ataupun suatu lokasi tujuan yang mungkin tidak terdeteksi di google map.

Aplikasi penerjemah suara ini memang ada untuk smartphone, tapi penulis lebih menyarankan menggunakan gadget tersendiri. Karena selain lebih lengkap biasanya gadget yang memang khusus didesain untuk menerjemahkan itu lebih akurat dalam perekaman dan penerjemahannya.

 

Sekian, 7 hal yang perlu dipersiapkan untuk Anda yang akan pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya. Semoga selamat sampai tujuan dan selalu jaga kesehatan! –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 56
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel