Apa Itu MySQL? Mengenal MySQL dan Kenapa Kita Harus Mempelajarinya

30 Aug 2019 13:40 5750 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Penjelasan singkat tentang MySQL.

Salah satu hal yang paling menjadi sorotan dalam dunia komputer saat ini adalah pengelolaan databasenya. Namun sebelum kita membahas mengenai tools pengeloaan database lebih jauh lagi, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan database, dan seberapa pentingnya sih database itu bagi kelangsungan manusia di era modern saat ini.

Suatu database merupakan kumpulan data-data yang dikemas secara rapi dan terstruktur dalam suatu komputer serta dapat diolah menggunakan suatu tools atau software khusus untuk memperoleh informasi. Kebutuhan akan informasi inilah yang menjadikan pengelolaan database menjadi sangatlah penting.

Salah satu tools pengelola database adalah dengan menggunakan MySQL. Mungkin bagi orang-orang yang berkecimpung dan menekuni dunia IT atau informatika sudah merasa tidak asing lagi dengan hal ini. Namun berbeda halnya dengan masyarakat awam yang mungkin merasa lebih familiar dengan microsoft acces dalam hal pengelolaan database. Pada artikel kali ini kita akan belajar tentang apa itu MySQL? Kenapa harus MySQL?, dan kenapa kita butuh database?

MySQL ini sangatlah penting untuk difahami, agar kita mengerti cara mengatur atau cara bermain-main dengan database sebagai pusat data dari aplikasi yang ingin kita buat. Kepopuleran MySQL ini bukan hanya karena gratis, tetapi juga merupakan sebuah aplikasi database yang dapat disandingkan dengan aplikasi database berbayar lainnya, seperti Oracle dan Microsoft SQL Server.

Kepopuleran MySQL ini juga disebabkan karena MySQL merupakan salah satu aplikasi standar dalam pengembangan web, bersama dengan web server apache, dan bahasa pemrograman PHP.

 

Pengertian MySQL

Sebelum kita bahas tentang apa itu MySQL, kita harus tahu apa itu SQL? SQL adalah sebuah singkatan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa komputer yang digunakan untuk memanipulasi dan memanajemen data pada relasi database.

Sedangkan MySQL adalah sebuah server  database open source yang paling populer keberadaannya. MySQL juga merupakan database yang digunakan sebagai basis data dari sebuah aplikasi yang berbasis web.

MySQL adalah salah satu aplikasi RDBMS (Relational Database Management System). Pengertian sederhana dari RDBMS ini adalah aplikasi database yang menggunakan prinsip relasional. Apa itu prisip rasional? Kita akan bahas  nanti pada artikel selanjutnya.

MySQL juga bukanlah satu-satunya RDBMS. Diantaranya yang banyak dikenal adalah Oracle, Sybase, Microsoft Access, Microsoft SQL Server dan PostgreSQL.

MySQL bersifat gratis dan juga open source. Artinya setiap orang boleh menggunakan dan mengembangkan aplikasi ini. Namun walaupun gratis, MySQL disupport oleh ribuan programer dari seluruh dunia, dan merupakan sebuah aplikasi RDBMS yang lengkap, cepat dan reliabel.

Lalu apa hubungannya MySQL dengan SQL? Seperti yang sudah kalian baca diatas, SQL merupakan bahasanya dan MySQL merupakan management system. MySQL dan SQL ini berhubungan karena MySQL menggunakan SQL sebagai bahasa untuk memanipulasi database.

 

Lalu kenapa kita butuh database?

Pasti diantara kalian masih ada yang masih binggung kenapa kita membutuhkan database untuk membangun sebuah aplikasi? Jawabannya cukup jelas yaitu karena kita membutuhkan wadah untuk meyimpan data dari aplikasi yang kita buat agar terciptanya sebuah aplikasi yang stastis. Nah wadah yang dimaksud disini adalah database.

Contoh analoginya seperti ini. Jono pergi kesekolah, dia membutuhkan sebuah tas sebagai tempat penyimpanan barang-barang kebutuhannya untuk sekolah. Jadi jono menyimpan pulpen, buku, penghapus dan barang yang lainnya di tas untuk pergi kesekolah. Dan andi bisa kapan saja mengambil salah satu barang yang dia butuhkan untuk digunakan.

Dari analogi diatas, dapat kita simpulkan bahwa tas sebagai database yang mampu menyimpan data atau barang.

 

Lalu kenapa harus belajar MySQL?

MySQL saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan untuk para programer, khusunya yang bergerak dalam bidang web development. Sudah pasti kita akan membutuhkan MySQL ini sebagai database dari aplikasi-aplikasi yang kita buat, contohnya untuk menyimpan data artikel, menyimpan data user, admin, dan lain sebagainya.

Banyak sekali CMS yang menggunakan MySQL sebagai databasenya, diantaranya:

1. WordPress

2. Joomla

3. Phpbb

4. Magento

5. Dan lain-lain

 

 

Baca Juga:

- Sejarah dan Hal-Hal yang Membuat MySQL Beda dengan yang Lain

- Beberapa Kelebihan yang Menjadi Ciri Khas MySQL

- Cara Mudah dan Praktis Install MySQL

- Tutorial Mudah Membuat dan Menghapus Tabel MySQL

- cara membuat dan menghapus database MySQL

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 25
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel