Pengertian,Pengenalan dan Sejarah tentang javascript

30 Aug 2019 12:15 513 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sedikit panjang artikelnya, tapi saya jamin banyak ilmunya.

Pada tutorial edisi belajar JavaScript dasar dalam artikel saya  ini akan di jelaskan tentang dasar-dasar dari Javascript. javascript merupakan bahasa pemrograman web yang sangat luas dan sudah dangat berkembang pada saat ini dalam dunia web development atau pengembangan website, membuat interaksi yang sangat user friendly, membuat fitur-fitur tambahan pada halaman statis html.

 

Belajar JavaScript Pengertian dan Pengenalan JavaScript

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang berguna untuk membuat interaksi pada website. sehingga website terlihat lebih hidup. seperti misalnya membuat efek-efek pada website. javascript sudah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang wajib dan harus di kuasai untuk membangun website yang modern. javascript menjadi kebutuhan dan bahasa pemrograman yang harus di kuasai. apalagi bagi anda yang akan mengkhususkan diri di bagian web design. Adapun beberapa bahasa pemrograman yang wajib di kuasai oleh seorang web developer adalah:

  • HTML
    Dalam membangun sebuah website HTML berperan sebagai pembuat bentuk.
  • CSS
    Dalam membangun sebuah website CSS memiliki peran sebagai design bentuk, warna, tulisan dan sebagainya
  • JavaScript
    Dalam membangun sebuah website JavaScript berguna untuk membuat fitur-fitur serta efek yang membuat halaman website lebih interaktif.

Pada perkembangan dunia website sekarang ini javascript sudah menjadi bahasa pemrograman yang sangat di butuhkan. banyak website-website yang menggunakan javascript untuk membuat modal alert, pemberitahuan, form validation, efek, ajax, game dan sebagainya. Belajar JavaScript Pengertian dan Pengenalan JavaScript 

Contoh salah satu website yang menggunakan javascript untuk membuat website mereka lebih interaktif atau lebih hidup adalah facebook, twittter, google dan lainnya. pada halaman facebook terdapat kotak chatting yang dapat anda buka dan tutup. form chat dapat terbuka dan tertutup jika di klik karena menggunakan bantuan javascript. kemudian lagi jika anda pernah memesan atau memeriksa ongkos tiket pesawat melalui situs-situs penyedia layanan tiket pesawat, setelah anda memilih kota sekarang dan memilih kota tujuan anda maka akan muncul maskapai pesawat yang tersedia tanpa me-reload halaman. hal ini terjadi karena menggunakan teknik ajax yang di buat dengan javascript.

 

Sejarah JavaScript

Ketika World Wide Web pertama kali dibuat di awal tahun 1990, semua halaman website bersifat statis. Halaman yang disiapkan untuk ditunjukkan kepada Anda adalah apa yang Anda dapat dan tidak mungkin Anda berinteraksi dengannya.

Untuk membuat halaman tersebut bisa berinteraksi dan melakukan sesuatu sebagai tanggapan atas tindakan Anda memerlukan penambahan beberapa bentuk bahasa pemrograman untuk “menginstruksikan” halaman bagaimana seharusnya merespons. Agar bisa segera meresponnya tanpa harus memuat ulang halaman web, bahasa ini harus bisa berjalan di komputer yang sama dengan browser yang menampilkan halaman.

Pada saat itu, ada dua browser yang cukup populer: Netscape Navigator dan Internet Explorer.

Netscape adalah perusahaan pertama yang mengeluarkan bahasa pemrograman yang memungkinkan halaman web menjadi interaktif – disebut LiveScript dan diintegrasikan ke dalam browser. Ini berarti browser akan menafsirkan perintah secara langsung tanpa memerlukan kode yang akan dikompilasi dan tanpa memerlukan plugin. Siapa pun yang menggunakan Netscape bisa berinteraksi dengan halaman yang menggunakan bahasa ini.

Bahasa pemrograman lain yang disebut Java (yang memang memerlukan plugin terpisah) menjadi sangat terkenal, jadi Netscape memutuskan untuk mencoba menguangkan ini dengan mengganti nama bahasa yang ada di browser mereka menjadi JavaScript.

Catatan: Meskipun beberapa kode Java dan JavaScript mungkin tampak serupa, sebenarnya ada dua bahasa yang sama sekali berbeda yang melayani tujuan yang sama sekali berbeda.

Tak ketinggalan, Internet Explorer segera diupdate untuk tidak hanya mendukung satu tapi dua bahasa yang terintegrasi.

Salah satunya disebut vbscript dan didasarkan pada bahasa pemrograman BASIC; Yang lain, JScript, sangat mirip dengan JavaScript. Sebenarnya, jika Anda sangat berhati-hati dengan perintah yang Anda gunakan, Anda bisa menulis kode untuk diproses JavaScript oleh Netscape Navigator dan sebagai JScript oleh Internet Explorer.

Pada saat Internet Explorer menjadi browser yang dominan, JavaScript telah menjadi standar yang berlaku untuk menulis proses interaktif yang akan dijalankan di browser web.

Pentingnya bahasa script ini terlalu besar untuk menaruh perkembangannya di masa depan di tangan pengembang browser yang bersaing. Jadi, pada tahun 1996, JavaScript diserahkan ke badan standar internasional yang disebut ECMA International (European Computer Manufacturers Association), yang kemudian bertanggung jawab atas perkembangan bahasa selanjutnya.

Akibatnya, bahasa tersebut secara resmi berganti nama menjadi ECMAScript atau ECMA-262, namun kebanyakan orang masih menyebutnya sebagai JavaScript.

Bahasa pemrograman JavaScript dirancang oleh Brendan Eich hanya dalam 10 hari, dan dikembangkan oleh Netscape Communications Corporation (tempat dia bekerja pada saat itu), Mozilla Foundation (yang didirikan oleh Eich), dan ECMA International.

Eich menyelesaikan versi pertama JavaScript dalam waktu kurang dari dua minggu karena ia membutuhkannya untuk diselesaikan sebelum peluncuran versi beta Navigator 2.0. JavaScript diberi nama Mocha pada awalnya, sebelum diganti namanya menjadi LiveScript pada bulan September 1995, dan kemudian JavaScript di bulan yang sama.

Namun, bahasa ini juga sempat disebut SpiderMonkey saat digunakan oleh Navigator.

 

Apa saja yang dapat dilakukan dengan JavaScript

Untuk lebih menegaskan pemahaman tentang pengertian javascript dan kegunaan javascript  berikut akan di jelaskan apa-apa saja yang dapat di lakukan oleh [removed]

  • Javascript dapat mengganti atribut HTML
  • Javascript dapat mengganti style css
  • Javascript dapat membuat form validasi

 

Tags

About The Author

Rafi johari 23
Pensil

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel