Cara Melanjutkan Unduhan yang Terputus pada Google Chrome

30 Aug 2019 08:20 1588 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
caranya cukup mudah, hanya butuh paling banyak tiga langkah saja.

Bagi Anda yang bukan pengguna download manager seperti EagleGet ataupun IDM Download Manager, mengunduh menggunakan browser Google Chrome itu terkadang menjadi sebuah pengalaman yang kurang menyenangkan ketika koneksi internet yang tidak stabil.

Salah satunya adalah ketika sedang mengunduh sesuatu, unduhan tersebut ternyata tidak bisa dilanjutkan setelah koneksi kembali stabil atau terhubung kembali.

Hal tersebut biasanya diakibatkan oleh situs tempat Anda mengunduh file tersebut tidak mendukung fungsi “resume” atau melanjutkan ulang.

Tapi, sebelum akhirnya menyerah dan memutuskan untuk mengunduh ulang, ada baiknya Anda coba beberapa cara berikut terlebih dahulu. Karena siapa tahu bisa berhasil.

 

1. Resume Lewat Download Manager Bawaan Chrome

Untuk nomor 1 ini biasanya kemungkinan untuk melanjutkan unduhan sangat kecil. Apalagi jika situs tempat Anda mengunduh tidak mendukung fungsi “resume”.  Tapi ada baiknya dicoba dulu:

Pertama-tama pada tampilan browser Chrome yang terbuka, tekan CTRL dan J secara bersamaan, atau jika pada Macbook adalah tombol Command dan J secara bersamaan. Jika tidak terbuka, sebagai alternatifnya kalian bisa mengetikkan atau copy paster chrome://downloads di tempat biasa kalian mengetikkan www.

Setelah itu, nanti kalian akan menemukan tombol “resume” untuk melanjutkan unduhan kalian yang tadinya terputus. Jika berhasil, maka unduhan kalian akan berlanjut, sedangkan jika gagal akan muncul tulisan “Failed – network error”.

 

 

2. Resume Menggunakan WGet

WGet adalah sebuah software aplikasi open-source untuk berbagai sistem operasi yakni Linux, Windows dan MacOS. Langkah pertama untuk menggunakan WGet adalah dengan pertama-tama pergi ke situs resmi WGet kemudian mengunduh paket instalasi yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Setelah itu, ekstrak WGet di folder yang mudah diingat atau mungkin sering diakses, karena setiap akan melanjutkan unduhan yang terputus, kalian akan sering pergi ke folder WGet ini.

Untuk melanjutkan unduhan menggunakan WGet, langkah pertama yang harus dilakukan adalah copy alamat dari unduhan yang bisa ditemukan di jendela unduhan chrome (coba lihat poin nomor 1). Setelah itu, lanjutkan dengan membuka folder default downloads milik Chrome.

Lanjut dari situ, temukan file yang terpotong tadi dan hilangkan format dengan nama .crdownload . Ketika Ada konfirmasi, pilih “Yes”. Setelah itu, cari dan buka WGet.exe di tempat kalian mengekstrak paket instalasi WGet tadi.

Setelah terbuka, ketik command:

wget -c linkfilecopy.

Contohnya seperti wget  -c www.laghusttle.co.id/lagping.exe

Setelah itu, tekan enter dan coba lihat apakah file yang tadinya terputus bisa terhubung kembali? Jika ini masih gagal juga, berarti mau tidak mau, kalian harus mengunduh ulang file yang terputus ditengah jalan tadi.

Dan penulis sarankan, cobalah untuk menggunakan tools berupa download manager pihak ketiga seperti IDM ataupun EagleGet. Karena aplikasi pihak ketiga tersebut terbilang memiliki harga yang sangat murah atau bahkan gratis. –BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel