5 Cara Praktis Memperbaiki Macbook yang Lambat

28 Aug 2019 18:45 2430 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak hanya laptop Windows, Macbook juga ternyata bisa mengalami penurunan performa.

Memiliki komputer yang lambat baik karena usia ataupun karena spesifikasi yang sudah ketinggalan zaman adalah merupakan sebuah problematika tersendiri bagi sebagian orang khususnya para pengguna laptop yang biasanya menggunakan laptopnya untuk bekerja mengejar deadline.

Menjadi sebuah alternatif, banyak pengguna laptop bersistem operasi Windows beralih menggunakan laptop bersistem operasi macOS karena sistem operasi buatan Apple tersebut dipercaya tidak akan “lemot” seperti halnya laptop dengan sistem operasi Windows.

Sayangnya kepercayaan tersebut akhirnya terkhianati; karena tidak hanya laptop dengan sistem operasi Windows, laptop dengan sistem operasi MacOS atau yang biasa kita sebut Macbook juga ternyata bisa mengalami penurunan performa atau perlambatan dalam performanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, penulis akan memberikan 5 solusi tentang bagaimana cara meningkatkan performa dari macbook yang lemot atau mengalami penurunan performa.

 

1. Mencari Program yang Menghabiskan Banyak Resources

Pada laptop dengan sistem operasi Windows, membuka task manager adalah cara untuk bagaimana kita mengetahui seberapa berat sebuah aplikasi.

Namun pada macbook, untuk mengetahui seberapa berat aplikasi adalah dengan cara membuka Activity Monitor yang cara membukanya adalah dengan menekan tombol Command dan spasi secara bersamaan untuk membuka Spotlight Search. Setelah terbuka, ketik “Activity Monitor” dan buka aplikasi tersebut.

Klik pada % CPU setelah Activity Monitor terbuka untuk kemudian mengetahui aplikasi apa yang menghabiskan resource yang banyak. Setelah ketemu biang keladinya, matikan paksa aplikasi tersebut. Sebagai catatan, aplikasi yang ditutup tersebut wajib dikenal, karena kalau Anda mematikan aplikasi yang tidak dikenal dan aplikasi tersebut ternyata bagian dari sistem, maka macbook Anda bisa-bisa mengalami masalah.

 

 

2. Menutup Aplikasi

Bagi yang sistem operasinya masih Mac OS lama, ketika Anda menutup sebuah aplikasi dengan menekan ikon “X” berwarna merah, aplikasi tersebut mungkin memang tertutup secara visual. Namun sayangnya, background process dari aplikasi tersebut tidak tertutup.

Cara menutupnya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menemukan aplikasi yang ditandai titik hitam pada dock macbook Anda kemudian klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih “Quit”.

 

 

3. Meringankan Beban Browser Macbook

Salah satu yang biasanya memang membuat performa dari macbook turun adalah penggunaan browser yang tidak begitu cocok dengan macbook. Contohnya saja menggunakan google chrome di macbook bisa membuat macbook merasa “terbebani” dan akhirnya performa dari macbook tersebut menurun.

Jika Anda bersikeras untuk menggunakan google chrome dibandingkan browser lain seperti Safari, maka satu-satunya jalan untuk meringankan resource yang dikonsumsi oleh Chrome adalah dengan cara mengurangi jumlah tab yang dibuka serta menghapus atau mematikan ekstensi dari chrome yang memang tidak terlalu dipakai.

 

 

4. Mengoptimasi “Finder”

Ketika Anda membuka finder, aplikasi tersebut akan membuka semua files secara default. Dan jika Anda memiliki files dalam jumlah banyak pada macbook Anda, proses yang dibutuhkan finder untuk membuka semua file Anda akan memakan cukup banyak waktu dan Anda merasa disini bahwa laptop Anda sudah mengalami penurunan performa.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda tinggal mengganti preferences pada finder agar file yang dibuka oleh finder bukanlah semua file yang ada pada macbook Anda, namun beberapa file saja yang sudah Anda tetapkan di preferences.

 

 

5. Melakukan Reset pada SMC (System Management Controller)

Ini mungkin adalah cara terakhir sebelum akhirnya harus install ulang sistem operasi untuk meningkatkan performa macbook Anda. Ya, yaitu dengan cara melakukan reset pada SMC. Selain memperbaiki masalah macbook yang lambat, reset ini juga biasanya dapat memperbaiki masalah pada Wi-Fi ataupun masalah ketika startup.

Berikut adalah cara melakukan reset pada SMC macbook.

- hubungkan macbook ke terminal

- tekan dan tahan tombol “Control”, “Shift”, “Option”, dan “Power” secara bersamaan

- kemudian lepaskan tombol-tombol tersebut

- nyalakan tombol “Power” untuk menyalakannya kembali and DONE. -BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel