7 Jenis Speaker ini yang Biasanya Membuat Bingung Para Pencari Speaker

22 Aug 2019 08:55 394 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Speaker tipe mana yang sedang Anda cari?

Sekarang ini, ada banyak tipe atau jenis speaker yang bisa kita pilih dari berbagai merek. Baik merek-merek terkenal dengan harga yang cukup “waw” seperti Harman, Bose, Senheisser, dan Sony. Ataupun merek-merek made in China yang biasanya punya harga murah dan diakhiri dengan akhiran “-tech”.

Namun tahukah Anda kalau speaker-speaker yang biasa Anda temukan di pasaran itu punya tipe atau jenisnya tersendiri? Ya mungkin semuanya memang terlihat sama kalau dilihat secara fungsi. Tapi dari segi desain atau bentuknya, pasti diantara Anda ada yang penasaran dengan apa nama jenis speaker tersebut.

 

 

1. Floor standing Speaker

yang biasanya memiliki tinggi lebih dari 1 meter dan posisinya memang biasa disimpan di lantai seperti namanya. Speaker jenis ini mungkin paling sering ditemukan di rumah-rumah yang memiliki sistem hiburan sendiri.

Posisinya biasanya diletakkan di samping layar televisi atau perangkat pemutar film.

 

 

2. Bookshelf Speaker

Adalah jenis speaker yang biasanya memiliki tinggi setinggi buku dengan lebar bervariasi dengan lebar umumnya tidak lebih dari tinggi speakernya. Speaker jenis ini biasa juga dikenal dengan compact speaker.

Untuk penempatannya sendiri, speaker ini sih umumnya disandingkan dengan layar televisi ataupun monitor di meja televisi atau meja komputer.

 

 

3. Sound Bar Speaker

kebalikannya dari speaker floor standing yang memiliki tinggi lebih dari 1 meter, tipe speaker sound bar ini biasanya memiliki panjang yang lebih dari 1 meter dan biasanya diposisikan di bawah televisi ataupun di bawah monitor komputer.

 

 

4. Portable Speaker

adalah speaker kedua dari yang terakhir yang penulis tahu. Dari segi ukuran, speaker ini memiliki ukuran yang tidak lebih besar dari bookshelf speaker. Bahkan umumnya, speaker ini cenderung berukuran kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tipe koneksi untuk jenis speaker ini sendiri biasanya menggunakan wireless atau bluetooth.

 

 

5. Satelite Speaker

Speaker yang satu ini biasanya ditempatkan dibelakang pengguna karena fungsi dari satelite speaker ini sendiri biasanya adalah untuk memunculkan efek surround sound dari konten yang sedang dinikmati.

 

 

6. Subwoofer

Adalah jenis speaker yang biasanya dipasangkan dengan speaker lain. Fungsi dari subwoofer sendiri sejauh yang penulis tahu adalah untuk mereproduksi suara low seperti bass.

Penempatan untuk speaker subwoofer ini sendiri biasanya diletakkan di lantai. Atau jika dalam mobil biasanya, subwoofer diletakkan di bagian paling belakang mobil.

 

 

7. Wall Speaker

Speaker yang terakhir ini adalah speaker yang paling jarang ditemukan atau digunakan orang diantara ketujuh jenis speaker yang ada pada artikel ini.

Speaker jenis ini biasanya disimpan menempel pada tembok untuk menjaga nilai estetika ruangan tetap sesuai dengan selera pemilik ruangan.

Kelemahan dari speaker ini biasanya terdapat dari suaranya yang kurang kuat karena ukurannya yang biasanya cenderung tipis. –BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 56
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel