Pengertian Inheritance Atau Pewarisan Sifat

21 Aug 2019 12:40 714 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pembahasan soal konsep pewarisan pada OOP PHP.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang konsep pewarisan pada OOP PHP. Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas tentang pengertian enkapsulasi, pengertian construst dan destruct pada OOP PHP dan juga pengertian class, object, method dan property. Jika sebelumnya kalian belum baca yu baca dulu!

 

Pengertian Inheritance Atau Pewarisan Sifat

Inheritance atau pewarisan sifat merupakan class turunan dari class yang lainnya. Inheritance ini dibuat dengan membuat class baru dengan tujuan dihubungkan dengan class yang lain yang diinginkan dengan maksud untuk mendapatkan informasi atau data dari class yang dihubungkan tesebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya duplikasi content atau untuk memanfaatkan satu content atau fungsi untuk banyak class.

Class yang baru ini disebut juga dengan sub class atau child class (anak). Jadi, subclass dan child class adalah class turunan dan class utama atau class yang dihubungkan disebut juga parent class atau class pewaris.

Sebuah child class hanya bisa mewarisi property atau method yang memiliki visibility public dan protected. Sedangkan untuk visibility private tidak dapat diwarisi ke kelas anak. Ketika kelas anak mewarisi method, maka ia akan memiliki fungsionalitas asli dari parent class. Kecuali class anak mendefinisikan ulang (Override) method tersebut. Maka ia akan memiliki method yang sama sekali baru dari segi fungsionalitas.

Contoh analogi dalam kehidupan sehari-harinya, kita ambil contoh parentnya adalah Barang Elektronik, dalam class barang elektronik itu memiliki property (merk, harga, dan lain-lain). Kemudian childnya adalah PC dengan property (mouse, mother board, keyboard, dan lain-lain) dan smartphone dengan property (sim card, camera, touchscreen, dan lain-lain). Nah, class barang elektronik ini dapat menurunkan propertynya ( merk, harga, dan lain-lain) kepada PC dan smartphone, sehingga Class Child tidak perlu lagi membuat property yang sama secara berulang-ulang.

Namun, tidak semua property dan method dapat diturunkan, hanya property dan method dengan hak akses protectedlah yang dapat diturunkan, tidak termasuk public dan private.

 

Cara Membuat Class Turunan (Inheritance)

Untuk membuat class turunan, kita bisa menggunakan syntax “extends” pada class.

Tapi sebelumnya saya sarankan buat teman-teman yang belum memahami tentang pengertian class, object, method dan property untuk membaca duluu pada artikel sebelumnya di http://www.plimbi.com/article/175180/pengertian-class-dan-object-pada-oop-php dan http://www.plimbi.com/article/175185/pengertian-property-dan-method-pada-oop

oke langsung saja, untuk membuat class turunan atau pewarisan sifat (inheritance). Pertama buatlah terlebih dahulu sebuah file di htdocs dengan namanya terserah kalian. Namun, disini saya membuatnya dengan nama “inheritance.php”.

inheritance.php

Perhatikan contoh diatas, disana kita membuat 2 buah class. Yaitu class manusia dan class teman. Di class manusia kita membuat sebuah method dan juga sebuah property.

Lalu kemudian kita membuat pewarisan sifat pada class teman dengan cara menambahkan syntax extends, lalu mengisinya dengan nama yang ingin kita hubungkan. Disana kita menghubungkan class teman dengan class manusia.

Coba perhatikan lagi contoh diatas, disana kita hanya menginstansikan classd teman tetapi tidak bisa mengakses method “berinama()”. Padahal method berinama() tersebut adalah method milik class manusia, kita bisa mengaksesnya karena sudah terhubung. Jadi, sifat pada class manusia sudah turun ke class teman juga.

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 25
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel