5 Gadget Pintar ini Membuat Rumah Anda Menjadi Pintar

20 Aug 2019 18:40 1452 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Gadget wajib bagi calon pemilik rumah pintar.

Di zaman sekarang ini sudah ada istilah yang namanya “Smart Home” ataupun “Smart House”.

Bagi yang belum tahu, smart home itu sebetulnya bisa diartikan secara literal yaitu “rumah pintar”. Untuk apa itu rumah pintar sendiri adalah sebuah bangunan atau tempat tinggal yang memang sudah dilengkapi berbagai teknologi zaman sekarang yang biasanya terhubung dengan satu sistem dan juga bisa dikendalikan dengan cara yang berbeda dengan cara pada umumnya, seperti dikendalikan dengan suara, ataupun remote jarak jauh.

5 benda di bawah ini adalah benda wajib bagi Anda yang ingin mencicil rumah Anda yang asalnya adalah rumah biasa-biasa saja menjadi rumah pintar.

Perlu diketahui, untuk menjadikan sebuah rumah menjadi rumah pintar, Anda wajib mengabsen anggota keluarga Anda terlebih dahulu. Karena siapa tahu diantara anggota keluarga Anda ada yang memang gaptek dan sulit menerima perkembangan teknologi. Jika ada anggota keluarga seperti itu, sebaiknya batalkan mimpi Anda memiliki rumah pintar, daripada Anda membebani anggota keluarga Anda yang gaptek itu dengan teknologi yang sulit ia kuasai.

 

1. Smart Speaker atau Smart Display

Mungkin perangkat ini adalah salah satu perangkat inti bagi Anda yang ingin melakukan upgrade rumah Anda menjadi rumah pintar. Karena dengan alat-alat ini (baik smart speaker ataupun smart display) Anda akan dapat menjalankan berbagai perlengkapan rumah yang memang sudah disematkan teknologi pintar kekinian.

Kalau penulis lebih merekomendasikan Smart Display, karena selain bisa memperlihatkan kondisi cuaca saat ini, smart display juga dapat mempelihatkan feedback video dari kamera CCTV ataupun kamera dari bel pintu rumah Anda.

Cuma untuk smart display ini harganya ya cukup mahal. Jika budget terbatas, mau tidak mau pilih smart speaker saja.

 

 

2. Bel Pintu dengan Video

Menurut penulis, smart gadget ini adalah salah satu perlengkapan wajib dari sebuah rumah pintar. Apalagi rumah pintar yang memang membutuhkan sekuriti atau tingkat keamanan lebih. Karena dengan bel yang bisa memperlihatkan feedback video ke pemilik rumah, Anda jadi bisa tahu siapa yang datang ke rumah Anda.

 

 

3. Smart Lamp atau Smart Bulbs

Gadget pintar selanjutnya bagi Anda yang ingin membuat rumah Anda menjadi rumah pintar adalah lampu pintar atau bohlam pintar. Dengan lampu ini, Anda akan dapat menyalakan lampu Anda tanpa harus mendatangi switch yang biasanya menempel pada tembok rumah ataupun kantor Anda.

Karena dengan sebuah gadget smartphone ataupun tablet, Anda sudah dapat menyalakan, mematikan, mengganti warna lampu, bahkan sampai melakukan pengaturan keamanan seperti warning system.

Selain itu juga, lampu pintar ini bisa terintegrasi dengan smart display ataupun smart speaker seperti halnya bel rumah nomor 2 di atas.

 

 

4. Colokan Pintar / Smart Plug

Colokan pintar atau smart plug ini sangat berguna bagi Anda pemilik rumah pintar yang ingin menghemat listrik.

Karena dengan colokan ini, semua perangkat yang terhubung pada arus listrik melalui colokan ini dapat Anda atur kapan untuk kapan terputus dengan arus listrik secara real-time ataupun terjadwal.

Beberapa merek dari jenis produk ini juga kompatibel dengan perangkat smart display dan smart speaker.

 

 

5. Smart Thermostat

Jika Anda sudah tahu apa itu Thermostat, maka Smart Thermostat disini adalah salah satu gadget pintar yang fungsinya adalah untuk mengatur suhu di ruangan kamar ataupun bagian ruangan lainnya di rumah Anda yang sudah terpasang gadget ini dengan menggunakan teknologi voice melalui smart speaker/display ataupun remote dari perangkat smartphone Anda.

Dengan menggunakan smart thermostat ini, Anda akan dapat menentukan suhu di ruangan Anda dari jauh, sehingga ketika Anda tiba di ruangan Anda, kenyamanannya sudah seperti yang Anda tentukan sendiri.

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 56
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel