Aplikasi Crash atau Tertutup Langsung Ketika Dibuka di Windows 10? Ini Mungkin Solusinya

19 Aug 2019 18:45 3631 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
3 langkah memperbaiki aplikasi error atau yang menutup sendiri di Windows 10.

Sistem operasi Windows buatan Microsoft mungkin bagi sebagian dari kita adalah sistem operasi yang menjengkelkan. Dikatakan seperti itu, karena sistem operasi ini memang cukup sering penulis temukan bermasalah.

Salah satunya adalah pada aplikasi di Windows 10 dimana ketika kita buka sebuah aplikasi atau program, aplikasi tersebut akan langsung crash atau tertutup secara langsung.

Di bawah ini adalah beberapa langkah untuk memperbaiki masalah tersebut pada Windows 10.

 

1. Memperbaiki File yang Corrupt

Biasanya, aplikasi yang error ketika dibuka atau langsung tertutup adalah akibat adanya file yang corrupt pada file sistem Windows milik kita.

Untuk memperbaikinya, Anda hanya perlu ketik “CMD” setelah Anda menekan tombol berlogo Windows di keyboard Anda. Setelah Anda menemukan “Command Prompt” seperti pada gambar di bawah ini, Anda bisa langsung buka CMD dengan mengklik kanan kemudian pilih “run as administrator”.

Setelah itu di jendela CMD, Anda tinggal mengetikkan sfc /scannowtanpa tanda kutip untuk memulai perbaikan pada file sistem Windows. Tunggu sampai proses verification mencapai 100 persen dan Windows menemukan serta memperbaiki file sistem yang corrupt tersebut.

Biasanya sih ada tulisan “windows resources protection found corrupt files and successfully repaired them”. Setelah itu, barulah lakukan restart pada PC Anda. Dan coba buka lagi aplikasi yang asalnya error ketika dibuka, apakah sudah bisa dibuka atau belum.

Kalau masih belum bisa, berarti Anda harus coba langkah nomor 2 di bawah ini.

 

 

2. Membuat Profil Pengguna Baru

Terkadang, membuat profil pengguna baru dan menggunakan profil tersebut untuk membuka aplikasi yang error bisa menjadi solusi. Entah bagaimana caranya, tapi sudah banyak yang berhasil melakukannya.

Seperti biasa, untuk membuat profil akun baru, tekan tombol Windows di keyboard Anda, kemudian ketik “user” tanpa tanda kutip. Setelah itu pilih “add, edit, or remove other people” seperti pada gambar di bawah.

 

Berada di menu “Family & Other People”, sekarang Anda klik “Add Someone Else to This PC”. Setelah itu isi nama profil, kata sandi, dan petunjuk kata sandi jika nanti kata sandi tersebut lupa.

Setelah itu kembali tekan tombol Windows dan pilih ikon seperti pada gambar di bawah dan pilih profil yang sudah dibuat tadi. Setelah itu, coba cek kembali aplikasi yang error atau tidak bisa dibuka tadi, apa sekarang sudah bisa berjalan dengan normal?

Kalau belum, ya kita lanjut lagi ke cara nomor 3. Tapi sebelumnya jangan lupa menghapus lagi profil baru yang tadi dibuat seandainya memang tidak digunakan.

 

 

3. Registrasi Ulang Aplikasi Lewat Windows PowerShell

Seperti biasanya, awal langkah yang harus dilakukan adalah menekan tombol Windows kemudian mengetikkan “Windows Power” sampai muncul menu “Windows PowerShell” di layar Anda. Setelah itu buka dengan akun admin (run as administrator).

Setelah itu ketikkan command yang di-bold di bawah ini.

Get-AppXPackage | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}
 

Setelah beberapa saat dan Windows PowerShell sudah seperti gambar di bawah, tutup jendela Windows PowerShell tersebut kemudian lakukan restart pada komputer Anda. Beres dengan langkah ini, seharusnya aplikasi yang awalnya sering error atau langsung tertutup ketika dibuka sudah bisa dibuka lagi.

Atau…

Masih error ketika dibuka?

Kalau masih error juga atau masih menutup langsung ketika aplikasi dibuka, maka jalan lain satu-satunya adalah menggunakan system restore dan mengembalikan PC ke keadaan sebelum aplikasi yang error tersebut masih bisa dibuka.

Atau jika tidak punya system restore, jalan satu-satunya adalah dengan melakukan reset pada Windows, tentunya dengan pilihan “keep my files” agar hanya file sistem saja yang diinstall ulang, sedangkan data-data dan aplikasi yang sudah terpasang di komputer Anda masih ada. –BB-

   

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 56
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel