5 Antisipasi untuk Pemadaman Listrik Tiba-Tiba

6 Aug 2019 08:10 537 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mati listrik bukan berarti kita ikut mati gaya.

Baru 2 hari yang lalu sebagian dari Indonesia, atau lebih tepatnya Jawa Barat, Jabodetabek dan Banten mengalami mati listrik massal.

Awalnya penulis mengira kalau mati listrik yang terjadi itu adalah mati listrik biasa saja atau hanya sebagian kecamatan di daerah penulis saja. Tapi ketika penulis melihat Twitter dan Facebook, banyak informasi bermunculan bahwa mati listrik terjadi karena gangguan pada SUTET (Saluran Udara Tegangan Tinggi) Ungaran-Pemalang seperti yang dilansir kompas.com.

Berawal dari situ, wilayah yang terkena dampak pemadaman listrik itu jadi sedikit mengalami chaos; seperti perempatan ataupun pertigaan dengan lampu merah yang listriknya mati mengalami kesemrawutan lalu lintas dikarenakan lampu merah yang biasa jadi pengaturnya tidak menyala.

Selain itu juga, chaos terjadi di kalangan rumah tangga dimana para emak yang sedang asik-asiknya nonton film India sambil masak, harus kemudian terpotong ceritanya dikarenakan mati listrik.

Tapi yang mungkin paling kasihan itu adalah mereka yang sedang menyelenggarakan pesta pernikahan. Sudah menjadi rahasia umum, pesta pernikahan orang Indonesia itu biasanya memang dilaksanakan kalau tidak hari sabtu ya hari minggu.

Bayangkan saja penulis datang ke pesta pernikahan teman penulis yang harusnya ketika sampai disambut oleh iringan lagu sunda atau dangdut, ini malah sepi. Untung saja makanan tetap tersaji dan penulis tetap bisa makan enak.

Oh iya, ngomong-ngomong soal pemadaman listrik, aktivitas penulis juga banyak yang terganggu. Seperti aktivitas memantau situs yang menjadi tanggung jawab penulis, ataupun berselancar di internet. Yang paling apes sih ketika baterai smartphone dan tablet penulis habis, penulis hanya bisa berdiam seperti patung.

Itulah yang terjadi ketika “manusia gadget” kehilangan listrik.

Dari situ penulis mulai berpikir dan menyiapkan antisipasi jika kelak ada mati listrik lama atau mungkin penulis sedang bepergian ke tempat yang susah listrik, penulis sudah punya solusi, atau lebih tepatnya antisipasinya.

 

1. Menyiapkan Power Bank

Ini wajib, seriusan wajib! Power Bank itu ibarat pasukan pemadam kebakaran dimana ketika ada kebakaran terjadi, pemadam kebakaran siap menyelamatkan siapapun yang terjebak di dalam bangunan tempat terjadinya kebakaran dan memadamkan api sebelum menyebar lebih luas lagi.

Disini power bank menyelamatkan smartphone ataupun tablet dari kehabisan baterai sehingga tidak bisa digunakan lagi sampai listrik menyala. Tidak tanggung-tanggung, penulis menyiapkan 3 buah power bank untuk gadget penulis dimana dua diantaranya memiliki kapasitas 20,000 mAh dan satu lagi memiliki kapasitas 10,000 mAh.

 

 

2. Siapkan Senter dan Lilin di Tempat yang Mudah Terjangkau

Mati listrik di siang hari bukan berarti sore akan menyala. Artinya, disini kita harus siap senter dan lilin agar ketika pemadaman listrik sampai tengah malam ataupun keesokan harinya, kita sudah siap solusinya dan tidak perlu bermalam-malaman tanpa didampingi cahaya.

 

 

3. Punya Aktivitas Lain selain Main Gadget

Mungkin bagi mereka yang sudah berkeluarga, hal ini tidak begitu diperlukan. Tapi bagi mereka yang hidup sebatang jomblo atau kebanyakan menghabiskan waktunya di depan gadget, aktivitas lain seperti bergaul dengan tetangga ataupun mengerjakan hobi yang tidak ada sangkut pautnya dengan listrik wajib dimiliki setiap orang.

Sehingga ketika listrik mati, mereka para “manusia gadget” yang harusnya menjadi patung karena tidak ada kerjaan, bisa melakukan aktivitas lainnya. Apalagi kalau aktivitas tersebut produktif dan bisa menghasilkan uang. WOW banget itu!

 

 

4. Membeli Genset

Yang satu ini tentunya bukan untuk semua orang. Namun bagi Anda yang memiliki usaha ataupun pekerjaan yang jika dalam waktu beberapa jam saja bisa merugi sampai puluhan juta rupiah, memiliki Genset adalah hal yang wajib.

Karena daripada rugi puluhan juta dalam beberapa jam mati listrik, lebih baik rugi karena membeli genset dan bahan bakarnya.

 

 

5. Tidur

Menjadi patung ketika listrik mati karena tidak ada aktivitas atau kerjaan yang bisa dilakukan itu sangatlah tidak bermanfaat. Berbeda dengan tidur, Anda dapat merevitalisasi tubuh Anda yang mungkin sudah lelah karena harus bekerja setiap hari.

Selain itu juga, tidur memiliki pengaruh terhadap berat badan dan mood kita.

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel