3 Jenis Burung Pengicau Paling Populer di Indonesia

1 Aug 2019 10:55 2203 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Di Indonesia, popularitas burung kicau akhir-akhir ini semakin hari semakin meningkat. Kontes kicau diadakan diseluruh penjuru negeri ini.

Ada banyak kelas burung yang dibuka, terutama burung yang sifat fighter. Euforia kontes kicau menarik banyak perhatian, sehingga banyak pula para penggemar kicau baru.

Di Indonesia, popularitas burung kicau akhir-akhir ini semakin hari semakin meningkat. Kontes kicau diadakan diseluruh penjuru negeri ini.

Ada banyak kelas burung yang dibuka, terutama burung yang sifat fighter. Euforia kontes kicau menarik banyak perhatian, sehingga banyak pula para penggemar kicau baru.

Indonesia yang kaya akan flora dan fauna, memiliki ribuah jenis burung pengicau. Jika disebutkan satu persatu mungkin bisa berhari-hari kalian bacanya. hehe

Sebagai wawasan, dibawah ini saya akan membagikan daftar burung kicau paling populer dan banyak di lombakan di Indonesia. Silahkan disimak..

3 Jenis Burung Pengicau Terpopuler di Indonesia

 

1. Kacer

Burung kacer atau yang memiliki nama resmi kucica kampung merupakan burung yang populer dikalangan penghobi burung.

Kacer terkenal pandai menirukan suara burung lain sehingga mudah untuk dimasterkan atau diisi. Selain itu, suaranya yang lantang dan berkarakter pertarung menjadikan kacer sangat digemari.

Untuk mengetahui ciri-ciri burung kacer, burung ini umumnya memiliki ukuran yang kecil dan memiliki ciri-ciri bulu yang berwarna hitam dan putih, berukuran sedang dan termasuk keluarga burung murai.

Di indonesia sendiri, setidaknya ada lima jenis burung kacer selain kucica kampung yang bisa ditemui yaitu Kacer Poci Sumatera yang punya kemampuan khusus untuk meniru suara burung lain serta suaranya yang keras. Kemudian ada Kacer Madagaskar yang berasal dari Afrika dengan warna bulu kebiruan yang bisa terlihat jelas ketika burung terkena sinar matahari. Selanjutnya ada Kacer Borneo yang awal mula ditemukan di pulau Kalimantan. Yang terakhir adalah Kacer Blorok yaitu burung kacer hasil kawin silang antara kacer Sumatera dengan Kacer Kucica Kampung.

 

 

2. Murai Batu

Tak kalah dengan saudaranya, murai batu juga sangat populer. Tampilannya yang eksotis dan suaranya yang luar biasa indah membuat burung ini sangat diminati.

Sesuai dengan penampilan dan kemampuan kicanya, burung murai dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Yang masih bakalan saja harganya tidak kurang dari 1,2jt.

Namun kepuasan membeli murai batu tak akan sebanding dengan biaya yang kamu keluarkan. Selain dapat mendengarkan suara kicaunya sangat indah, kalian bisa menikmati penampilan murai yang memanjakan mata.

Juntaian ekor yang panjang, seakan menari ketika sedang berkicau akan membuat kamu takut kehilangan murai tersebut, hehe.

 

 

3. Lovebird

Lovebird atau burung cinta adalah burung pengicau yang paling populer selanjutnya.

Burung Lovebird terkenal dengan suara ngekek yang unik dan perpaduan warna bulu yang indah.

Ada banyak jenis lovebird dengan perpaduan warna yang berbeda pula. Harganya pun bervareasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Tergantung dari jenis, warna dan kemampaun berkicaunya.

 

 

Penutup

Itulah 3 jenis burung pengicau yang paling populer di Tanah Air. Semoga daftar tersebut bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kalian. Ngomong-ngomong, diantara ketiga burung di atas, burung favorit kalian sebagai penghobi burung yang mana ya?

 

Tags

About The Author

andrisaputra 12
Novice

andrisaputra

Orang bejo pengen jadi blogger handal

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From andrisaputra