5 Langkah Mencegah Akun Facebook Anda Dibobol Orang Lain

31 Jul 2019 20:25 1024 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ingat! Kejahatan bukan semata-mata karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah! Waspadalah!

Setelah pada artikel sebelumnya penulis membahas soal langkah bagaimana agar akun Facebook yang dibobol, diretas atau di-hack bisa kembali ke pemilik aslinya. Kali ini penulis akan membahas bagaimana untuk mencegah akun Anda dibobol atau bahkan jadi target empuk pembobolan akun Facebook.

Karena terus terang, rata-rata yang akunnya diretas atau dibobol itu memiliki tingkat keamanan akun yang seadanya, atau yang hanya Facebook rekomendasikan saja. Sedangkan yang namanya security itu tidak ada yang sempurna.

Jadi bagaimana cara atau apa saja yang harus Anda lakukan sebagai pemilik akun Facebook agar terhindar dari yang namanya hack, pembobolan, peretasan atau tindakan-tindakan jahat yang merugikan Anda sebagai pemilik akun?

 

1. Jangan Pernah Membagikan Informasi Login Anda

Membagikan disini bisa diartikan menginput. Disini siapa yang tidak pernah mencoba quiz ataupun mengklik link yang memindahkan Anda ke sebuah situs lain?

Jika Anda adalah salah satu orang tersebut, maka selamat, Anda mungkin telah berhasil terjerat perangkap yang disiapkan oleh para hacker. Memang tidak semua quiz ataupun trivia yang ada di Facebook itu jahat. Beberapa diantaranya malah ada yang menggunakan uang adsense dari para pengunjung yang mencoba quiz atau trivia tersebut untuk amal.

Tapi bagi Anda yang ingin menghindari atau mencegah akun Anda dibobol orang tidak bertanggung jawab, ada baiknya Anda tidak mencoba-coba hal seperti itu. Ataupun kalau Anda kelewat penasaran dan gatal mengklik aplikasi quiz atau trivia tersebut, penulis sarankan mending bikin akun Facebook “bodong” atau bohongan yang Andai dibobol pun Anda tidak akan rugi.

 

 

2. Jangan Sembarangan Menerima Ajakan Pertemanan

Bumi dengan jumlah penduduknya yang milyaran ini pastinya tidak semua warnanya serupa. Seperti dari warna kulit saja setiap ras memiliki warna kulit yang berbeda.

Begitu pula dengan sifat, pasti setiap orang memiliki sifat berbeda, ada mereka yang memiliki sifat baik, dan ada juga mereka yang memiliki sifat jahat.

Nah untuk poin kedua ini, sesuai dengan judulnya Anda sebagai pemilik akun facebook tidak boleh menerima ajakan pertemanan sembarangan. Kecuali orang tersebut Anda kenal di dunia nyata, atau mungkin Anda kenal dari teman atau kerabat Anda.

Memang sih dengan melakukan hal ini, Anda akan memiliki keterbatasan dalam bersosialisasi. Tapi setidaknya dengan melakukan hal ini, Anda akan dapat mencegah mereka yang memiliki niat jahat untuk membobol akun Facebook milik Anda.

 

 

3. Scan Smartphone atau Komputer Secara Berkala

Jika Anda memiliki perangkat yang selalu Anda gunakan untuk login ke Facebook. Maka rajin-rajinlah untuk melakukan scan atau pemindaian terhadap perangkat Anda tersebut. Hal tersebut bertujuan agar perangkat komputer atau smartphone Anda bebas dari yang namanya virus atau program jahat yang mengambil data Anda, termasuk didalamnya data login Facebook Anda, untuk kemudian dikirimkan ke pemilik atau pengguna program jahat tersebut.

 

 

4. Sebisa Mungkin Jangan Pernah Login di Perangkat Orang Lain

Akun Facebook bagi penulis adalah KTP digital milik Anda yang sebenarnya itu tidak boleh diakses lewat perangkat sembarangan. Hal ini dikarenakan kita tidak tahu kondisi perangkat lain selain perangkat yang kita gunakan untuk melakukan akses tersebut.

Bisa saja perangkat tersebut sudah disusupi banyak program jahat yang siap melahap data Facebook kita. Andaikan Anda harus login di perangkat orang lain. Jangan lupa setelah itu Anda log out dari perangkat tersebut kemudian ganti password atau kata sandi dari akun Facebook Anda.

 

 

5. Gunakan Sekuritas atau Tingkat Keamanan Tambahan Facebook

Seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, kebanyakan para pengguna Facebook itu menggunakan akun yang keamanannya dalam bentuk default atau yang direkomendasikan Facebook ketika membuat akun baru saja.

Padahal, jika Anda eksplorasi Facebook lebih dalam lagi, ada yang namanya fitur keamanan tingkat lanjutan facebook seperti notifikasi akses ketika ada yang coba login ke akun Facebook Anda. Dengan adanya notifikasi, Anda akan dapat lebih cepat mengamankan akun yang sedang terancam pembobolan tersebut.

Kemudian juga ada fitur keamanan dua langkah atau two-factor authentification yang fungsinya membuat siapapun yang ingin login ke akun Facebook Anda harus melewat dua langkah verifikasi. Mereka yang menggunakan cara login ini biasanya membuat para hacker kehilangan nafsu untuk membobol akun Facebook tersebut.

Dan yang ketiga adalah fitur login via teman. Disini Anda akan dapat memilih beberapa teman terpercaya Anda agar ketika Anda tidak bisa login ke Facebook, Anda bisa meminta tolong teman yang sudah Anda berikan label “terpercaya” untuk membantu login ke Facebook Anda.

 

Itulah 5 langkah untuk mencegah akun Facebook Anda dibobol para hacker baik yang iseng, ataupun mereka yang mencuri akun untuk digunakan sebagai media untuk melakukan kejahatan tingkat selanjutnya. Seperti yang bang napi katakan, “Ingat! Kejahatan bukan semata-mata karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah! Waspadalah!” -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel