Inilah Kelebihan dan Kekurangan PHP yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

24 Jul 2019 10:34 1665 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menurut kamu banyak mana? Kelebihan atau kekurangannya?

Setelah pada artikel yang kemarin saya membahas tentang pengertian, sejarah dan fungsi php, nah pada artikel kalii ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrogframan PHP.

 

KELEBIHAN DARI PHP

1. Memiliki community yang besar

Programmer Web mana yang tidak mengetahui PHP, semua web programmer  pasti pernah mencoba PHP. Banyak sekali website yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman untuk membuat aplilkasi web atau website nya. Contohnya Facebook, wikipedia, dan lain-lain. Forum untuk membahas dan juga saling bertukar pikiran dalam pemrograman PHP juga telah banyak muncul di berbagai situs. Kebanyakan kuliah di bidang IT mengajarkan PHP sebagai bahasa pemrograman awal untuk mahasiswanya yang berkuliah di jurusan website development.

 

2. Mudah dipelajari

PHP mudah di instal san dikonfigurasi, sehingga membuat bahasa pemrograman tingkat entry level yang mudah dipelajari bagi seorang yang baru mempelajari tentang pengembangan web. Selain itu juga, beberapa tutorial untuk memulai belajar PHP pun sudah banyak dan mudah untuk di proleh baik itu secara online ataupun di beberapa toko buku.

 

3. Pengembangan cepat

Membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang lain. Banyak sekali tools, boiler yang sudah tersedia secara open source untuk bahasa pemrograman PHP, sehingga bisa mempercepat proses pembuatan web.

 

4. Ringkas

Mulai dari proses instalasi dan konfigurasi yang mudah, hingga proses pengembangan yang tidak memakan waktu yang cukup banyak, membuat PHP terasa sangat ringkasm dan juga praktis jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lainnya yang membutuhkan kompilasi untuk dapat melihat website yang telah diselesaikan pembuatan kodenya.

 

5. Maintenance yang mudah

Karena sifat PHP yang interpreter, sehingga membuat seorang programer dapat dengan mudah mengupdate software dari PHP tanpa harus melakukan kompilasi ulang source kode, berbeda sekali dengan bahasa pemrograman yang lain yang membutuhkan kompilasi ulang  jika melakukan upgrade  versi dari bahasa pemrogramannya. Selain itu PHP juga dapat berjalan  pada berbagai  macam web server seperti apache, nginx, dan lain-lain.

 

6. Open Source

PHP merupakan sebuah open source dengan license yang dikeluarkan oleh PHP group yaitu PHP v3.01 sehingga membuat pengguna bebas menggunakan PHP secara gratis tanpa harus memberikan loyalty apapun ke PHP group, namun penggunaannya  harus tetap mencantumkan license atas PHP yang dimiliki oleh PHP group. Dengan kata lain, selama pemakai program PHP tidak mengakui produk PHP adalah buatannya maka perjual belian program yang menggunakan bahasa pemrograman PHP diperbolehkan tanpa harus membayar license apapun.

 

7.Perkembangannya yang semakin pesat

Karena sifat PHP yang open source, sehingga membuat banyaknya projek-projek open sorce besar yang menggunakan PHP seperti WordPress, Drupal dan lain-lain. Hal inilah yang menjadi keunggulan yang sangat besar bagi orang yang menguasai pemrograman PHP.

 

 

KEKURANGAN DARI PHP

Selain beberapa kelebihan PHP yang dimiliki, PHP pun sama memiliki bebrapa kekurangan yaitu:

 

1. Banyak kompetensi

Karena semakin banyaknya orang yang menguasai tentang bahasa pemrograman PHP , sehingga membuat kompetisipun semakin ketat. Namun, kekurangan inilah yang harus dijadikan pemicu bagi seorang yang ingin membuat sebuah aplikasi ataupun web untuk terus mengembangkan aplikasinya.

 

2. Mudah dibajak

Karena PHP mempunyai sifat yang interpreter dan juga source kode yang mudah dimodifikasi dan diubah fungsinya, sehingga membuat PHP tidak cocok untuk  mengembangkan aplikasi yang source kodenya ingin dijaga kerahasiaannya.

Meskipun terdapat beberapa cara untuk mengamankan sorce kodenya, namun dibutuhkan sebuah extensi yang berbayar yang dikeluarkan oleh Zend sebuah corporasi dibidang pemrograman PHP.

 

3. Terkesan kurang prestigious

 Entry level yang berada pada tingkat pemula, dan juga PHP mudah dipelajari membuat PHP terkesan kurang prestigious jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman web yang lain yang terkesan lebih sulit untuk digunakan. Aplikasi yang dihasilkan pun terkesan aman dan memiliki celah. Namun sebenarnya hal ini hanya disebabkan karne faktor pengembang yang belum mempelajari secara penuh tentang standar dan cara pembuatan aplikasi yang benar dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

 

4. Tidak adanya tipe data pada PHP

PHP tidak memiliki type data. Hali inilah yang membuat munculnya bug bug yang tidak diingankan yang berkaitan dengan tidak adanya standar type data pda PHP. Contoh:

Data “1000” dan “1e3” jika dibandingkan akan memiliki type data yang sama karena secara implisit data tersebut dirubah menjadi floating point. Namun, kekurangan ini berkaitan sekali dengan pengalaman dari developer yang menggunakan bahasa pemrograman PHP.

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 42
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel