Mengenal Model dan Query pada Codeigniter

23 Jul 2019 10:19 778 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fungsinya sih untuk menangani data. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.
      Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang model pada codeigniter. Wahh  tidak terasa kita sudah mengetahui berbagai macam tentang codeigniter. Model pada Codeigniter adalah  sebuah kelas PHP yang berfungsi untuk menangani data. Ingat data bukan hanya dari database tetapi juga bisa dari File Text,Web Service, atau layanan-layanan data lainnya.   Contoh Penulisan Model :     Sebuah Model sebenarnya tidak perlu meng-extends kelas model. Kelas Model di extends ketika kita hendak menggunakan fitur database pada Codeigniter saja. Semua file model harus di letakkan di file application/models.  Agar kita dapat menggunakan file model ini kita harus me-load model ini terlebih dahulu.   Adapun perintah yang harus kita lakukan untuk me-load sebuah model adalah sebagai berikut:   $this->load->model('nama_model'); $this->nama_model->get_data();   Ketika kita sudah berhasil me-load model tersebut maka secara tidak langsung model akan menjadi sebuah property.Melalui property itulah kita akan menggunakan semua fungsi yang ada di dalam model (perhatikan pada baris ke 2 pada contoh di  atas (get_data) adalah fungsi  di dalam kelas nama_model).    

Melakukan Query Pada Database

Untuk melakukan data pada sebuah database Anda harus melakukkan query. Setelah Query di lakukan baru kita akan mendapatkan data hasil dari query tersebut. baik dalam bentuk objek maupun array .   $query=$this->db->query('QUERY SQL ANDA');   Perlu di perhatikan bahwa fungsi query di atas belum menghasilkan data apapun. Output atau keluarannya hanya akan menghasilkan Object(true) atau False. Jika tidak percaya silahkan anda coba sendiri hehehe...   Ketika keluarannya berupa nilai false atau salah maka query yang anda lakukan berarti salah atau gagal. Tetapi jika hasilnya  berupa nilai True atau benar maka sebaliknya yaitu query yang anda lakukan benar atau berhasil.   Dari object tersebut  (variabel $query jika mengacu pada contoh di atas). Anda dapat mengambil data yang di inginkan. Contoh :   $query=$this->db->query('SELECT nama,judul,email FROM nama_tabel'); foreach ($query->result() as $key) {    echo $key->judul;    echo $key->nama;    echo $key->email; } echo "Total Result :".$query->num_rows() ;      Contoh di atas adalah salah satu contoh penggunaan query (tapi ingat, pastikan anda sudah memiliki konfigurasi database yang benar dan telah me-load library database. Perhatikan $query->result(), itu adalah contoh syntak untuk mendapatkan hasil query dalam bentuk object, Anda juga dapat menggunakan $query->result_array() untuk mendapatkan hasil query dalam bentuk array assosiatif.    

Query Return Value 

Seperti yang telah di sebutkan di atas, setelah query di lakukan kita perlu memanggil fungsi tertentu untuk  mendapatkan hasil dari  query. Secara umum ada 2 jenis tipe data yang dapat di hasilkan yaitu array dan object. Dari segi  jumlah kita hanya dapat mengambil satu record(per record) atau  keseluruhan record.  
  • Mengembalikan hasil query sebagai kumpulan array.

Sebelum mengambil hasil query, ada baiknya kita mengecek terlebih dahulu apakah query tersebut memiliki hasil atau tidak . Perhatikan fungsi $result->result_array(), itu adalah method yang di gunakan untuk mengambil hasil query.   Sedangkan fungsi dari $result->num_rows() di gunakan untuk mengetahui jumlah record yang di dapatkan.   $result=$this->db->query('SELECT * FROM nama_tabel');       if($result->num_rows()>0) {              foreach($result->result_array()as $row) {                      echo $row['nama_record'];                      echo$row['nama_record'];              }       }  
  • Mengembalikan hasil query sebagai row array

Jadi kita hanya mengambil sebuah record dari sebuah query. Bukan seluruh hasil query. $result=$this->db->query('SELECT * FROM nama_tabel');       if($query->num_rows()>0) {              $row=$query->row();                       echo $row->nama_record;                        echo $row->nama_record;          }   Dari artikel di atas mungkin anda kurang paham dengan kata record ya ?? Jadi record adalah kumpulan sebuah field yang sangat lengkap dan biasanya di hitung dalam satuan baris. Sebuah tabel bisa berdiri karena terdiri dari beberapa record dan field. File terdiri dari record-record yang menggambarkan dari satu kesatuan data yang sejenis.
Tags

About The Author

Rafi johari 26
Novice

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel