Begini Caranya Menggunakan Validasi pada Form

19 Jul 2019 10:17 2705 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Validasi form pada CodeIgniter.
Sebenarnya pada tahap sebelumnya kita telah mampu membuat aplikasi perhitungan sederhana, tetapi aplikasi yang baik harus memiliki sebuah kontrol  terhadap inputan  user.
Validation form sangatlah penting  pada sebuah aplikasi. Sebuah aplikasi akan memiliki banyak inputan dari pengguna dan semua inputan untuk pengguna harus aman.
 
Beruntungnya Codeigniter telah memiliki sebuah library form validation yaitu library yang akan membantu kita untuk  membuat sebuah  validasi  yang cepat,mudah dan aman
Pada contoh validasi form ini hampir sama seperti latihan yang sudah kita buat kemarin,,oh iya gimana kemarin apakah sudah di  tambah dengan menu pengurangannya atau belum?? Nah, untuk sekarang hanya ada penambahan sedikit tapi kita akan menggantinya dengan perhitungan perkalian saja
 
Application/controller/hitung.php 
 
 
Perhatikan pada baris 14-17  di  atas, di sana kita me-load sebuah library  bernama form_validation(). Library tersebut memiliki fungsi untuk melakukan validasi terhadap inputan pengguna berdasarkan aturan yang  telah kita tentukan.
 
Sekarang perhatikan baris ke 15
 
$this->form_validation->set_rules('v1','variabel 1','required|integer|');
 
Baris ini merupakan salah satu contoh untuk menentukan aturan inputan pada form. Parameter pertama berisi (v1) merupakan name dari inputan yang akan di  validasi  (harus sama dengan attribut  name pada tag input. Contoh : 
 
 
Parameter kedua adalah nama dari inputan tersebut. Nama tersebut dapat berbeda atau sama dengan name pada parameter pertama . Parameter ketiga merupakan aturan dari  inputan tersebut.  Aturan-aturan tersebut harus di patuhi agar sebuah  form  dapat di proses. Aturan-aturan tersebut  harus di patuhi agar sebuah form dapat di proses.
 
Aturan-aturan tersebut di pisahkan oleh tanda  |. Pada contoh di atas berarti inputan v1 harus di isi (required) dan berisi data integer (integer).
 
Adapun aturan-aturan yang tersedia di dalam Codeigniter adalah :
   
Aturan Keterangan
 required  Ini inputan tidak boleh kosong
 matches Isi inputan harus sama dengan inputan  tertentu. Contoh :     matches[password]
 min_length Panjang inputan harus memiliki  jumlah minimal karakter. Contoh : penggunaan min_length[6] artinya  panjang inputan harus lebih besar dari  6 karakter 
 max_length 
Panjang inputan harus memiliki  jumlah maximal karakter. Contoh : penggunaan max_length[12] artinya  panjang inputan tidak boleh  lebih  dari 12 karakter 
 exact_length  Panjang inputan harus  sama dengan  jumlah karakter yang diinginkan, Contoh :exact_length[8] artinya  panjang inputan harus sama dengan 8  karakter
 alpha inputan harus  berisi semua huruf  alfabet dari mulai huruf a-z 
 alpha_numeric  
inputan harus berisi karakter alfabet  dan numerik
 
 alpha_dash
inputan harus berisi semua huruf  alfabet mulai dari a-z, underscores  atau dashes
 
 numeric inputan hanya boleh berisi  angka/huruf numeric 
 integer inputan hanya boleh berisi  angka integer saja
 is_natural inputan hanya boleh berisi  bilangan natural saja : 0,1,2,3 dan  seterusnya 
 is_natural_no_zero   
 inputan hanya boleh berisi  bilangan natural saja kecuali : 0,1,2,3  dan seterusnya 
 
 valid_email inputan 
 harus berisi  format email yang benar
 valid_emails
inputan harus berisi format email yang  benar di batasi  dengan koma jika  alamat email lebih dari satu
 
 valid_ip  inputan harus berisi format IP yang  benar
 valid_base64
 inputan harus berisi format karakter  base64 yang benar 
 

 

Pada baris  ke 17 di latihan  di atas kita melakukan pengecekkan terdahap rule-rule yang  telah di set ($this->form_validation->run()) . Fungsi tersebut  akan menghasilkan  nilai TRUE  apabila semua rule terpenuhi dan menghasilkan nilai  FALSE jika sebaliknya. Selain fungsi-fungsi di  atas Anda juga dapat membuat custom  validation jika aturan-aturan  di atas tidak ada yang memenuhi dengan kebutuhan anda.
 
Sekarang buat  view baru  bernama perkalian.php karena kita  ingin membuat perhitungan perkalian 
 
  
Tidak ada perbedaan yang banyak kan seperti halnya menu  pertambahan kemarin ? hanya saja sekarang kita berbeda sedikit logika untuk  menghitung hasil kali dan menambahkan fungsi yang berguna untuk menampilkan kesalahan yang terjadi.
 
Perhatikan fungsi pada baris ke 31. Fungsi validation_errors adalah fungsi untuk menampilkan kesalahan dari validasi yang di dilakukan .
 
Sekarang coba kita cek bagaimana cara menampilkan error  tersebut. Seperti biasa sebelum mengakses di browser kita aktifkan dulu web server kita setelah itu kita langsung akses ke browser
 
Nah di atas muncul 2 tulisan error kan?? kita bahasa bersama-sama kenapa error itu terjadi. Untuk inputan pertama muncul pesan error "The variabel 1 field must contain an integer" error ini terjadi karena kita memasukan inputan berupa string seharusnya  kita memasukan inputan berupa angka/integer.
 
 Untuk inputan kedua juga muncul pesan error "The variabel 2 field is required" itu berarti menandakan bahwa kita tidak mengisi apapun di dalam inputan tersebut maka dalam mengatasi kita  jangan sampai lupa untuk mengisi inputan tersebut agar tidak muncul pesan seperti itu.
 
Seperti biasa agar lebih paham kalian buat latihan sendiri menu  perhitungan pembagian.

 
Tags

About The Author

Rafi johari 35
Ordinary

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel