5 Cara Belajar Bahasa Asing Dalam 1 Minggu

16 Jul 2019 08:10 612 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cara ini adalah berdasarkan pengalaman. Bisa ambil salah satu saja sesuai hobi Anda.

Belajar bahasa asing mungkin merupakan suatu hal yang cukup sulit bagi sebagian besar orang. Menurut penulis sendiri itu hal yang memang wajar karena sebuah bahasa itu biasanya terdiri dari puluhan ribu bahkan jutaan kata.

Contoh saja bahasa Inggris; sejauh penulis tahu, bahasa Inggris itu terdiri dari 600 ribu hingga 1 juta kata. Untungnya, untuk pintar berbahasa Inggris, kita tidak perlu tahu semua kata-kata tersebut untuk menjadi bisa dalam berbahasa Inggris.

Perlu digaris bawahi kata “bisa” yang penulis cantumkan disini berbeda dengan kata “mahir”. Sehingga orang yang bisa berbahasa Inggris dengan orang yang mahir berbahasa Inggris itu berbeda.

Cara termudah untuk bisa berbahasa Inggris itu sebetulnya tidak akan memakan waktu lebih dari satu minggu, karena kita hanya perlu menghapalkan 100 kata-kata terpopuler saja yang biasanya ada di konten berbahasa Inggris, baik itu buku berbahasa Inggris, koran berbahasa Inggris ataupun artikel digital yang juga menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, 5 cara di bawah ini juga sangat ampuh untuk belajar bahasa asing, baik itu bahasa Inggris ataupun bahasa lainnya.

 

1. Gunakan Aplikasi atau Situs Penerjemah

Di zaman sekarang ini sudah ada Google Translate untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak. Namun, mesin penerjemah tersebut menurut penulis tidaklah cukup.

Menggunakan aplikasi sejenis FluentU atau Babbel dapat meningkatkan mood kita dalam belajar bahasa asing karena kedua aplikasi tersebut menggunakan video, audio dan game untuk mengajarkan kita tentang bahasa asing.

 

 

2. Selalu Membawa Kamus Saku

Kamus saku atau kamus berukuran mini yang bisa disimpan di saku kemeja ataupun celana kita adalah salah satu cara ampuh untuk belajar bahasa asing. Ya pastinya kamusnya tidak hanya disimpan disaku saja ya, melainkan digunakan ketika kita mencoba untuk berkomunikasi dengan orang asing.

Atau mungkin ketika liburan, pasti ada saja waktu untuk berbicara dengan orang asing. Dengan membawa kamus saku, kita tidak akan bingung ketika berbicara dengan orang asing.

Namun satu hal yang mungkin membatasi kita melakukan hal ini adalah rasa malu.

 

 

3. Menonton Film atau Acara TV Berbahasa Asing

Guru yang paling berharga adalah pengalaman. Mungkin sudah ada pernah mendengar kalimat tersebut?

Dengan mengalami sesuatu, kita sebagai manusia merasa hidup. Dengan mengalami sesuatu pula kita sebagai manusia akan dapat berubah. Dengan merasakan pengalaman menonton TV berbahasa asing, kita sebagai manusia akan mencoba mengerti apa yang dibicarakan di acara TV tersebut.

 

 

4. Mendengarkan Lagu Asing

Jika dari kita disini ada yang suka dengan lagu-lagu asing, apalagi sudah ada band atau artis favorit tersendiri yang menyanyikan lagu asing, maka bisa bahasa asing itu ibarat tinggal melangkahkan satu kaki ke depan.

Dengan suka lagu berbahasa Inggris ataupun bahasa asing lainnya, biasanya kita akan mencoba menyanyikan lagu tersebut. Dan untuk menyanyikan lagu tersebut biasanya kita akan mencari liriknya di internet. Setelah itu, kita pastinya akan menyanyikan lirik tersebut terus menerus dan akhirnya lirik tersebut kita hapal tanpa harus melihat teks.

Setelah hapal lirik, biasanya kita juga penasaran dengan arti dari lirik tersebut. Disitulah kita akan mulai belajar dan bisa berbahasa asing.

 

 

5. Mengunjungi Luar Negeri

Sambil menyelam minum air, mungkin itulah yang bisa menggambarkan poin nomor 5 ini. Dengan mengunjungi luar negeri untuk berlibur ataupun urusan pekerjaan, kita mau tidak mau akan dipaksa untuk belajar menggunakan bahasa dari negara yang akan kita kunjungi tersebut.

Bayangkan saja jika kita ingin berkunjung ke Jepang, tapi kita tidak hapal tulisan ataupun bahasanya. Yang ada ya kita nyasar disana. Kecuali kita menyewa penerjemah ataupun seorang tour guide yang biayanya lumayan mahal.

Tapi tetap saja, tidak menutup kemungkinan kita bisa tersasar disana. Dan percayalah, the power of “kepepet” seorang manusia itu bisa membuat mereka yang asalnya tidak bisa, menjadi bisa.

 

Itulah 5 cara belajar bahasa asing yang cukup ampuh berdasarkan pengalaman penulis dan curhatan dari teman-teman penulis. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin cepat bisa belajar bahasa Asing, baik itu bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, ataupun bahasa-bahasa lainnya.

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel