Begini Caranya Melakukan Konfigurasi di Codeigniter

11 Jul 2019 12:15 1643 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Konfigurasi, khususnya pada base_url dan router.

CodeIgniter biasanya sudah dapat berjalan dengan konfigurasi default, tapi untuk sebuah aplikasi yang nyata kita tetap saja harus melakukan konfigurasi. Ya setidaknya pada bagian base_url dan router.

Pengaturan base_url  dan router tentunya sangat berguna ketika proses pengembangan aplikasi yang banyak menggunakan helper dan library.

File konfigurasi terletak dalam folder application/config. Adapun  file-file yang terdapat dalam direktori tersebut dan sering digunakan antara lain:

  • Config.php - Pada file konfigurasi config.php berisi konfigurasi secara umum mengenai Codeigniter, seperti peletakkan base_url,suffix,frontcontroller,serta metode yang digunakan URI dan lain-lain. Adapun konfigurasi-konfigurasi yang perlu di perhatikan adalah : 
  1. $config['base_url'] - Konfigurasi ini berisi alamat url sebuah aplikasi. Jika menggunakan helper url maka konfigurasi ini harus di-set dengan benar. Contoh :aplikasi anda akan di akses dengan menggunakan domain "www.belajarCi.com"  maka pada konfigurasi ini harus diisikan:       $config['base_url'] = "http://www.belajarCi.com" ;                                      Tetapi jika ingin menggunakan base url yang lebih fleksibel maka  dapat menggantinya dengan variabel server.
  2. Contoh :                                                                                                                                                                             $config['base_url'] = "http://".$_SERVER ['HTTP_HOST'].                                 str_replace(basename($_SERVER['SCRIPT_NAME'])," ",                               $SERVER['SCRIPT_NAME']);                                                                            
  3. $config['index.php'] - Konfigurasi ini berisi file yang menjadi frontcontroller. Konfigurasi ini berhubungan dengan base_url. Jika menggunakan .htaccess untuk mempercantik url maka isi variabel ini harus di kosongkan.                                                                                                       
  4. $config['uri_protocol'] -  Konfigurasi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana library URI bekerja. Codeigniter dapat menangkap URI yang di berikan melalui 4 cara yaitu : PATH_INFO, QUERY_STRING, REQUEST_URI  dan ORIG_PATH_INFO.                                                                                                                                                                          Masing-masing cara mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, bahkan tidak semua web server mendukung  semua cara tersebut. Oleh karena itu, secara default digunakan pilihan auto.                                                                                                                                                                        Tetapi jika aplikasi membutuhkan sesuatu yang lebih custom  maka pemilihan metode URI secara langsung akan lebih baik.                                                     
  5. config['url_suffix'] - Konfigurasi ini bertujuan untuk menambahkan akhiran pada url. Contoh anda mempunyai  sebuah controller page, maka controller tersebut akan di akses melalui "http://localhost/index.php/page" dengan menambahkan url_suffix berisi "html" maka url tadi dapat di akses juga melalui "http"//localhost/index.php/page.html".                                               
  6. config['language']  - Secara default Codeigniter  sudah mendukung banyak bahasa/multy language. Kita dapat mengubah pesan-pesan yang ada di dalam Codeigniter dengan bahasa yang kita kehendaki.                                                                                                                                                              Untuk mengubah bahasa tersebut cukup dengan mendownload paket bahasa yang diinginkan lalu uraikan di dalam direktori system/languages/[nama_languages] lalu anda tinggal mengubah nama_lang di config.                                                                                            
  7. $config['enable_hooks'] - Konfigurasi ini bertujuan mengaktifkan / menonaktifkan hook pada Codeiginiter. Hook dapat dikatakan event-event yang terjadi pada Codeigniter, dimana kita bisa meletakkan fungsi di dalamnya.                                                                                                                                                                                                                                        Hook akan bermanfaat sekali ketika anda ingin merubah perilaku Codeigniter maupun untuk logging event. Contoh : anda ingin mengubah urutan loading library dimana anda sudah meng-extend library router untuk menggunakan database untuk aturan routing-nya .                                                                                                                                                                                                 Artinya anda harus meload library database sebelum library loader. Hal ini bisa anda lakukan melalui hook.                                                                         
  8. $config['subclass_prefix']  = 'MY_' .   -  Jika kita ingin mengubah atau meng-extend library Codeigniter maka library tersebut harus memiliki prefix yang  sama dengan konfigurasi ini.                                                                      
  9. $config['permitted_uri_chars']  - Konfigurasi ini bertujuan untuk keamanan Codeigniter. Konfigurasi ini menentukan karakter apa saja yang boleh digunakan di dalam uri.                                                                                              
  10. $config['log_threshold'] - Konfigurasi ini menentukan bagaimana sistem logging Codeigniter bekerja. Sistem logging ini sangat membantu dalam proses pengembangan terutama ketika debugging. Jika di set 0 maka tidak ada proses logging error di Codeigniter.Jika di set 1 maka yang di catat  hanyalah pesan-pesan kesalahan yang termasuk kesalahan PHP. Jika di set 2 maka akan menampilkan semua  pesan debug dan pesan kesalahan Codeigniter dan PHP. Jika di set 3 maka logging-logging yang berisi informasi seperti sebuah library telah di load juga akan ditampilkan.Jika di set 4 maka semua akan di log mulai dari error, pesan debug sampai yang bersifat informasi.                              
  11. $config['log_path']  - Konfigurasi ini kita dapat menentukan dimana log akan diletakkan.Jika diisi kosong maka akan diletakkan di system/logs. Harus diingat anda harus mengubah tingkat  hak akses dari direktori tersebut menjadi dapat ditulisi / wrietable jika kita menggunakan fasilitas  logging.              
  12. Autoload.php  - Konfigurasi ini bertujuan untuk menentukan sumber daya apa yang akan di load secara otomatis. Cara penggunaannya sederhana , misalnya kita ingin meload library database, pagination dan lain-lain.              Secara otomatis kita akan mengubah : $autoload['libraries']=array('database','session','pagination')
  13. Routes.php  - Konfigurasi di file ini bertujuan untuk menentukan kemana routing oleh library route  yang akan di lakukan. Hal paling sederhana yang harus dilakukan adalah mengubah default controller (controller yang akan di buka ketika tidak ada uri  yang di berikan oleh browser).                                                                                                                 Misalnya website  kita beralamat "www.plimbi.web.id".Maka ketika membuka website tersebut secara otomatis Codeigniter akan mengalihkan ke controller default, karena tidak di sertakan di dalam url kita. Adapun yang perlu di ubah adalah :    $route['default_controller'] = " welcome " ;  
Tags

About The Author

Rafi johari 35
Ordinary

Rafi johari

Programmer yang baik menggunakan otaknya, tapi kerangka kerja yang baik menghemat waktu untuk berpikir

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel