Google Analytics, Penjelasan Singkat dan Cara Kerjanya

9 Jul 2019 19:10 465 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda punya situs ataupun blog pribadi di internet? Wajib punya Google Analytics!

Ada yang tahu Google Analytics?

Bagi yang belum tahu, Google Analytics adalah sebuah aplikasi atau program yang ditawarkan raksasa asal Amerika yaitu Google yang fungsinya adalah untuk menganalisa traffic atau lalu-lintas dari situs yang Anda miliki.

Bagi yang tidak memanfaatkan situsnya untuk menghasilkan uang atau mengejar kepopuleran, aplikasi ini mungkin memiliki nilai atau bahkan tidak ada nilainya di mata Anda. Tapi bagi mereka yang memang memanfaatkan situs yang mereka miliki sebagai sumber pendapatan hingga mengejar kepopuleran, aplikasi Analytics ini memiliki manfaat yang sangat besar.

Bahkan berdasarkan beberapa sumber di internet, lebih dair 50 juta website di dunia masih menggunakan Google Analytics hingga saat ini.

 

 

Cara Kerja Google Analytics

Dengan memasang Google Analytics pada situs milik Anda, pihak Google dengan begitu akan memiliki otorisasi untuk memasang beberapa code yang digunakan sebagai “perekam jejak” yang akan merekam aktivitas dan identitas para pengguna atau pengunjung situs milik Anda.

Seperti beberapa diantaranya adalah merekam umur, jenis kelamin serta minat dari para pengguna atau pengunjung tersebut. Data yang didapatkan Google akan terekam sesaat pengguna tersebut meninggalkan situs yang sudah terpasang Google Analytics.

Selain itu, aplikasi tersebut juga akan mengoleksi data dari situs Anda seperti action atau tindakan apa saja yang pengguna atau pengunjung lakukan ketika mereka berada di situs Anda, session atau seberapa lama seseorang mengunjungi situs Anda, halaman mana saja yang dikunjungi, jumlah pengguna situs Anda setiap harinya, dan masih banyak lagi.

 

 

Data yang tersedia pada Google Analytics

Pada aplikasi Google Analytics, setidaknya ada dua data yang dapat Anda lihat mengenai pengguna atau pengunjung situs Anda, yaitu:

 

1. Data yang dimiliki si pengguna sebelum mengunjungi atau menggunakan situs milik Anda.

Disini, Anda sebagai pemilik situs akan dapat melihat data dari pengguna yang mengunjungi situs Anda seperti umur, jenis kelamin, dan minat mereka. Selain itu Anda juga akan dapat melihat informasi seperti berasal dari negara mana mereka, dan juga berasal dari mana titik akses mereka, apakah dari kata kunci, dari media sosial, ataupun referensi dari situs lain.

Dengan adanya data di atas, Anda akan lebih mudah mencari target dari situs yang Anda miliki.

 

2. Data berupa perilaku pengguna ketika mengunjungi ataupun menggunakan situs milik Anda.

Sebagai pemilik situs, disini Anda akan dapat melihat perilaku pengunjung seperti seberapa lama seorang pengguna ada mengunjungi situs Anda, halaman pertama / terakhir yang mereka buka, dan jalur yang paling sering digunakan para pengunjung tersebut mengunjungi situs Anda.

Untuk data nomor 2 ini, informasi yang Anda dapatkan sebagai pemilik situs mungkin akan membantu untuk membuat situs milik Anda lebih user friendly atau ramah terhadap pengunjung. Untuk melihatnya sendiri sangat mudah, coba saja cek dimana halaman pertama dan terakhir rata-rata pengguna mengunjungi situs Anda.

 

 

Akhir Kata

Dari apa yang sudah penulis ulas di atas, Google Analytics itu merupakan aplikasi yang bisa disebut sebagai “essential” atau sangat penting bagi para pemilik situs untuk mempromosikan situsnya, serta mencari penghasilan dari situs tersebut karena dengan adanya Google Analytics, seorang pemilik situs akan mendapatkan data-data penting yang dapat digunakan untuk mengatur strategi agar situs yang dimilikinya berkembang.

Mulai dari menentukan target pasar, hingga membuat situs tersebut senyaman mungkin bagi para pengguna yang sudah ada ataupun pengguna yang kedepannya akan berkunjung ke situs-situs tersebut.

Bagi Anda yang belum memasang Google Analytics pada situs ataupun blog pribadi Anda, mungkin saatnya sekarang Anda coba menggunakannya. Dan kembangkanlah situs Anda berdasarkan data, dan bukan berdasarkan insting. -BB-

 

 

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel