PC 2 Jutaan, Cukup untuk Anda Sebagai Seorang Penulis Digital

3 Jul 2019 11:25 1435 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Modal komputer untuk jadi seorang penulis digital itu tidak mahal loh!

Salah satu sarana yang wajib dimiliki oleh mereka yang hobi menulis zaman sekarang ini adalah PC atau yang biasa kita sebut dengan komputer.

Satu hal yang mungkin perlu diketahui, sebagai seorang penulis digital, kita tidak perlu yang namanya komputer dengan spesifikasi tinggi. Berbeda dengan gamers yang pastinya butuh spesifikasi tinggi dari berbagai sektor hardware untuk menjamin gameplay yang memuaskan ketika bermain game.

Bagi seorang penulis, dengan budget 2 jutaan saja, kita sudah bisa mendapatkan PC atau komputer yang layak digunakan untuk menulis.

“Kenapa harus 2 jutaan? 1 jutaan atau bahkan di bawah 1 jutaan pun kan banyak yang layak?”

Memang benar, komputer dengan harga di bawah satu jutaan pun banyak yang layak dipake menulis. Tapi ingat, hanya menulis saja. Tapi kita menulis kan pastinya bukan tanpa sumber. Kita pasti banyak mencari referensi-referensi di internet. Dan hal tersebut mewajibkan kita membuka browser internet yang memang membutuhkan resources yang tinggi, dimana dalam kaitannya adalah RAM dan prosessor.

Dari situlah penulis simpulkan, PC atau komputer yang paling tepat bagi seorang penulis digital adalah PC atau komputer dengan harga 2 jutaan.

Berikut ini adalah detil spesifikasi PC 2 jutaan yang penulis maksud sebelumnya, yang memang cukup enak digunakan untuk menulis.

 

 

1. Prosessor Intel Core i3 3240

Dengan harga yang relatif murah untuk prosessor sekelasnya, yakni sekitar 500 ribuan, Intel Core i3 3240 memiliki performa yang bisa dibilang teratas di prosessor seumur dan sekelasnya. Bahkan banyak juga orang-orang yang menggunakan prosessor ini sebagai prosessor untuk PC gaming low budget.

Dengan menggunakan prosessor ini, PC yang akan digunakan untuk menulis tidak akan terasa “lemot” ketika menjalankan sistem operasi Windows apapun. Membuka aplikasi seperti Microsoft Word pun akan terasa lancar tanpa hambatan.

 

 

2. Asrock LGA 1155 H61 DDR3

Motherboard yang digunakan sebagai penopang prosessor Intel Core i3 3240. Sebetulnya ada merek lain seperti Cardex CDX H61 ataupun Afox IH61-MA sebagai alternatifnya dengan harga diantara 550-600 ribu rupiah. Namun sejauh ini yang dapat penulis temukan adalah Asrock H61.

Dari sektor build quality sih menurut penulis semuanya sama-sama saja. Namun Asrock disini cenderung lebih langka dikarenakan harganya yang murah dan memang sudah tidak produksi lagi. Tapi jangan khawatir karena kedua alternatif yang penulis cantumkan di atas masih cukup ramai di pasaran komputer.

 

 

3. RAM DDR3 4 GB PC12800 x 2

Untuk sebuah PC atau komputer yang akan digunakan untuk menulis sekaligus mencari referensi di internet. RAM adalah salah satu penentunya. Karena jumlah tab di browser yang dapat dibuka sangat bergantung pada kapasitas RAM yang dimiliki oleh PC atau komputer.

Dengan RAM 8GB dual channel dimana masing-masing kepingnya berkapasitas 4GB, PC atau komputer yang kita gunakan untuk browsing internet dipastikan akan lancar jaya. Buka belasan tab pun tidak masalah selama situs yang kita buka tidak terlalu berat seperti situs streaming video.

Harga termurah untuk RAM 4GB yang dapat penulis temukan saat artikel ini dibuat adalah 235rb rupiah.

 

 

4. Hard disk 500GB? SSD lah!

Hard disk dengan fungsinya sebagai tempat penyimpanan mungkin sah-sah saja dipasang di PC atau komputer kita. Namun, ketika hard disk juga berfungsi sebagai tempat bermukimnya berbagai aplikasi terutama sistem operasi, hal tersebut menjadi sebuah “BIG NO!!!”

Selain karena dapat menyita waktu, menggunakan hard disk juga rawan kerusakan jika dibandingkan dengan SSD.

Memang dari segi harga, hard disk 500GB lebih murah ketimbang SSD 512GB. Namun, kenapa tidak beli SSD 250GB saja? Karena harga SSD 250GB itu hanya sedikit lebih mahal dibandingkan hard disk 500GB pada umumnya.

Dan dengan menggunakan SSD, kenyamanan kita dalam menggunakan komputer akan berlipat-lipat ganda. Harga untuk SSD 250GB sendiri berkisar antara 600 hingga 700 ribuan untuk versi termurahnya. Penulis sendiri menemukan harga 625 ribu dengan merek WD tipe Blue.

 

 

5. Power Supply 400W 80+â

Untuk power supply sendiri, berhubung VGA dari PC atau komputer rekomendasi ini menggunakan VGA bawaan, maka penulis merekomendasikan power supply dengan kapasitas 400W. tentunya bukan yang sembarangan, melainkan cari yang 400W 80+. Merek termurah yang penulis temukan saat artikel ini dibuat adalah Infinity dengan harga 265 ribu saja untuk power supply 400W 80+.

Bagi yang terheran-heran kenapa menggunakan power supply 400W 80+, penulis disini memberikan ruang ketika Anda ingin melakukan upgrade PC atau komputer seperti menambahkan VGA ataupun upgrade CPU. Jadi ketika kita memutuskan untuk menambahkan VGA dari si hijau ataupun si merah, kita tidak perlu repot lagi sampai harus mengganti power supply dikarenakan kekurangan daya pada power supply.

 

 

Yuk kita jumlahkan sekarang!

Prosessor 500rb, Motherboard 550rb, RAM 470rb (235rbx2), SSD 700rb, Power Supply 265rb. Setelah penulis jumlahkan, biaya yang dibutuhkan untuk merakit PC tersebut adalah Rp. 2,485,000,-.

Harga yang cukup murah untuk sebuah PC yang enak digunakan untuk menulis bukan? Kalau masih menganggap terlalu mahal, bisa saja tinggal ganti SSD ke hard disk 320GB yang harganya di kisaran 300 ribuan ataupun RAM menjadi 4GB (2x2GB) dengan harga sekitar 300 ribuan. Tapi mungkin tidak akan senyaman rekomendasi penulis yang dicantumkan disini. -BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel