Berburu Batik Kayu Krebet

28 Jun 2019 12:10 2281 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Desa wisata Krebet adalah central Pembuatan batik kayu di Yogyakarta hingga kemudian disebut Batik kayu Krebet .Desa Krebet adalah tempat yang asyik Berburu batik kayu Krebet .Aneka kerajinan berbahan dasar kayu diolah sedemikian rupa oleh masyarakat Desa Krebet hingga desa ini terkenal sampai mancanegara.

Batik adalah kerajinan khas Indonesia. Masyarakat Indonesia juga mengenal batik kayu Krebet. Batik kayu Krebet adalah kerajinan khas Yogyakarta. Kerajinan khas Yogyakata ini berada tepatnya di Desa Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Panjangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta hingga kemudian terkenal dengan nama Batik Krebet. Batik Krebet begitu dikenal dikalangan  wisatawan; tak heran bila  kemudian Desa Krebet demikian terkenal hingga mancanegara. Desa wisata Krebet yang terletak di wilayah Desa Sendangsari, Kecamatan Panjangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau tepatnya berada di barat daya kota Yogyakarta. Desa Krebet eksotis berada dibukit Selarong yang dikenal tempat bersejarah perjuangan Pangeran Diponegoro.

Desa wisata yang ada di Yogyakarta banyak menawarkan keindahan alam berikut seni budaya yang unik. Desa  Krebet menawarkan keindahan yang berbeda yaitu dari  sisi seni  dan budaya lewat  kerajinan tangan yang unik dan khas yaitu Batik kayu Krebet. Lewat seni kerajinan batik kayu mampu memberi kesan tak terlupakan bagi wisatawan. Batik kayu yang biasa digunakan masyarakat Desa Krebet sebagia media membatik yaitu kayu mahoni, klepu, sengonn yang dikenal jenis kayu berkualitas baik.

Dari media beragam jenis kayu ini masyarakat Krebet dengan keahlian, ketrampilanya yang dimiliki kemudian mengolahnya menjadi aneka kerajinan batik kayu berkualitas eksport  yang inovatif kreatif  mulai kerajinan  topeng batik kayu, wayang, patung, bingkai cermin, gantungan kunci dan beberapa souvenir lainnya.

Keberadaan kerajinan batik di Desa Krebet berlangsung puluhan tahun yang lalu kemudian menjadi mata pencaharian masyarakat setempat secara turun temurun dari generasi ke generasi. Batik kayu Krebet begitu familiar dikalangan masyarakat Bantul, Yogyakarta tak heran kerajinan ini menjadi terkenal tidak saja dikalangan  pasar domestik tetapi juga merambah pasar internasional dari Asia, Timur Tengah hingga Eropa. Tidak heran bila kemudian Desa Krebet menjadi tempat yang asyik sebagai lokasi Berburu batik Krebet sekaligus sebagai alternatif wisata.

Wisatawan ketika berwisata ke Desa Krebet tidak saja bisa berburu batik Krebet sekaligus melihat  keindahan yang berbeda yaitu lewat karya seni  Batik kayu yang dibuat masyarakat Desa Krebet sebagian besar berprofesi sebagai pengrajin batik kayu. Wisatawan bisa juga  melakukan kegiatan traveling yang mengasyikkan  yaitu melihat dari dekat proses pembuatan batik kayu sembari sambil bereksplorasi belajar membuat kerajinan batik kayu.

Proses pembuatan kerajinan batik kayu bisa dilakukan  melalui cara  manual tanpa alat bantu. Pembuatan batik kayu cara manual ini  mampu menciptakan beragam motif yang eksotis mulai motif kawung, garuda, sidorahayu, sidomukti, parangrusak dan beberapa motif lainnya tak biasa. Pembuatan batik kayu secara  perlu keahlian tersendiri untuk menghasilkan karya seni berkelas tinggi yang demikian mendetil. Bahan baku batik kayu terbuat dari kayu sengon, pule dan kayu jati ini dipilih berdasar keunggulan, kualitas kayu sebagai bahan kerajinan. Cara pembuatan batik kayu perlu keahlian tertentu berdasar pola, bentuk yang ingin dibuat sedemikian rupa lalu diukir sesuai pola yang diinginkan.

Proses selanjutnya setelah ukiran jadi kemudian ukiran setengah jadi diamplas ,dibatik dan diwarnai. Pewarna batik kayu terdiri pewarna batik, naptol, indigosol, dan cat sungging. Motif yang dipakai dalam proses batik kayu Krebet  adalah motif parang rusak, parang barong, kawun, garuda, sidorahayu hingga sidomukti.

Kemampuan seni warga Krebet mengubah kayu menjadi handycraft berupa bentuk pahatan, ukiran perabot rumah tangga, perhiasan yang eksotis. Tidak hanya kerajinan topeng kayu bermotif yang dibuat pengrajin Krebet, namun masih banyak macam kerajinan yang dihasilkan mulai wayang, patung, miniatur almari, frame foto dan beragam souvenir khas Krebet.

Desa Krebet memang tempat yang menyenangkan dan tempat yang berburu batik Krebet. Desa Krebet juga menjadi alternatif wisata yang menarik. Wisatawan tidak hanya melihat dari dekat proses pembuatan batik kayu Krebet dari pemilihan bahan baku sampai proses akhir, melainkan juga wisatawan dapat belajar membuat batik kayu disanggar seni di Desa Krebet. 

Tags

About The Author

Suryatiningsih 45
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel