7 makanan ini Aman Dikonsumsi pada Malam Hari dan Memperbaiki Tidur Anda

20 Jun 2019 18:43 1225 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nomor 3 itu gampang ditemukan di warung-warung sekitar Anda.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet ataupun tidak ingin menambah berat badan, godaan untuk ngemil di malam hari itu bisa dikatakan sangat “kejam”. Apalagi kalau ada makanan-makanan enak di meja makan, atau kue-kue kering enak sisa lebaran kemarin bisa membuat Anda melanggar pantangan Anda untuk tidak makan di malam hari.

Hasrat untuk ngemil di malam hari sendiri sepertinya diakibatkan oleh sulitnya tidur di waktu yang tepat, sehingga akhirnya perut yang asalnya diam tanpa suara, mulai aktif kembali.

Di bawah ini, ada 7 makanan yang menurut berbagai sumber terpercaya di internet, dapat membuat Anda yang biasanya kelaparan dan pantang untuk makan di malam hari sekaligus membantu Anda untuk dapat tidur dengan nyenyak.

 

1. Pisang dengan Selai Kacang Almond

Sebuah pisang diolesi dengan selai kacang almond itu enak lho!

Masing-masing dari makanan tersebut juga mengandung keuntungan sendiri bagi tubuh. Contohnya pisang dengan jumlah kalori kurang lebih 165 kalori dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak selain mengenyangkan.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa mereka yang memakan pisang di malam hari, mengalami empat kali peningkatan hormon melatonin, yaitu sebuah hormon yang mengatur bangun dan tidurnya seseorang.

Begitu pula dengan selai kacang almond. Selai yang dibuat dengan bahan utama kacang Almond juga mengandung magnesium, lembak sehat dan vitamin E. Khususnya magnesium, karena zat yang satu ini bisa membantu Anda tidur nyenyak dikarenakan magnesium dapat menopang produksi hormon melatonin pada tubuh Anda.

 

 

2. Buah Kiwi

Dua buah kiwi hanya mengandung 93 kalori, 5 gram serat dan 190% vitamin C harian yang direkomendasikan setiap harinya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 24 orang dewasa, setiap orang memakan dua buah kiwi satu jam sebelum mereka merangkak tidur ke kasurnya setiap malam. Dalam satu bulan percobaan ini, hampir semua orang dewasa yang terlibat dalam penelitian tersebut merasakan perubahan pada pola tidur mereka.

Rata-rata para partisipan tersebut mengalami pengurangan waktu yang dibutuhkan untuk mereka tertidur lelap setelah merebahkan badannya di kasur. Selain itu, waktu tidur mereka juga meningkat sebesar 13% lebih lama dan kualitas tidurnya pun jauh lebih baik dibandingkan sebelum mereka memakan buah kiwi.

 

 

3. Kueh Cracker 

Ini mungkin salah satu favorit penulis. Selain karena mudah didapat di warung-warung terdekat, cracker juga mengandung karbohidrat dan protein yang seimbang.

Lima keping kueh cracker yang dikonsumsi di malam hari seberat 16 gram hanya mengandung sekitar 70 kalori. Atau kalau masih kurang Anda bisa menambahkannya hingga 150 kalori.

 

 

4. Sereal

Sebagai pengganti nasi, sereal seperti oatmeal atau yang lebih dikenal dengan quacker oat di Indonesia, adalah makanan yang bisa disantap di malam hari. Selain karena mengandung banyak karbohidrat, sereal yang disajikan dalam keadaan panas pun lebih sehat jika dibandingkan dengan sereal yang disajikan dalam keadaan dingin.

Selain mengeyangkan, santapan yang mirip dengan bubur ini juga adalah sumber alami dari melatonin.

 

 

5. Yogurt

Minuman yang satu ini selain enak juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Selain aman disantap di malam hari, Yogurt juga merupakan minuman yang kaya akan kalsium.

Perlu diketahui bahwa kalsium juga adalah salah satu mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi melatonin dari asam amino triptofan.

 

 

6. Telur

Sebuah telur ayam, hanya mengandung sekitar 72 kalori. Dengan varian makanan yang Anda dapat buat menggunakan telur, Anda dipastikan tidak akan kelaparan di malam hari.

Telur juga mengandung triptofan dimana untuk satu buah telur biasanya mengandung 83 mg asam amino triptofan.

 

 

7. Strawberry

Mungkin agak sulit dicari kecuali jika Anda adalah penikmat buah ini. Biasa ditemukan di pasar tradisional ataupun supermarket-supermarket besar, strawberry adalah sejenis buah-buahan yang tidak mengandung banyak kalori.

Selain mengandung banyak vitamin C, strawberry juga diketahui mengandung sejumlah melatonin yang tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan tidur Anda.

 

Akhir Kata

Itulah beberapa santapan yang menurut penulis dapat mengurangi atau menghilangkan rasa lapar di malam hari tanpa harus mengorbankan tubuh ataupun diet Anda. Selain itu juga beberapa santapan di atas mengandung melatonin yang memiliki fungsi untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Semoga terbantu ya! -BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel