7 Fitur Ekslusif iPadOS Terbaru 2019!

17 Jun 2019 14:30 1237 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Fitur terbaru ini hanya tersedia di iPad saja.

Tahun 2019 ini bisa dikatakan tahun yang memanjakan bagi para pengguna iPad. Diumumkan pertama kali di Worldwide Developers Conference (WWDC) Apple tahun 2019, kini iPad akhirnya memiliki sistem operasinya sendiri yang disebut dengan iPad OS.

Dengan keberadaan sistem operasi ini, iPadOS tentunya memiliki fitur-fitur ekslusif yang tidak bisa ditemukan di iOS 13. Berikut adalah 7 ekslusif dari iPadOS:

 

 

1. Fitur Split View, Slide Over

Sudah ada sejak iOS 9 untuk iPad, fitur ini memang tidak pernah ada pada iOS untuk smartphone. Dan pada kesempatan sekarang ini, fitur Split View dan Slide Over pada iPadOS mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Yang pertama adalah, kemampuan untuk membagi layar pada aplikasi yang sama. Caranya adalah dengan menahan tautan dan menggesernya ke bagian lain di layar. Memang sekilas tidak terlihat begitu keren. Tapi ketika Anda ingin melihat dua tautan pada browser safari sekaligus tanpa harus berpindah-pindah, fitur ini barulah memperlihatkan manfaatnya.

 

 

2. Fitur Penambahan Gestures baru (Cut, Copy, Paste, Undo)

Jika iPad Anda tidak menggunakan keyboard eksternal, mengedit sebuah teks dengan perintah seperti cut, copy, paste dan undo mungkin cukup menyita waktu dan tidak semudah ketika melakukannya di MacOS.

Di iPadOS, Anda sekarang bisa melakukan hal-hal tersebut dengan hanya menggerakkan jari Anda. Seperti melakukan cubitan menggunakan tiga jari pada sebuah teks yang sudah Anda sorot akan mengaktifkan perintah copy, dan mengulangi hal tersebut akan mengaktifkan perintah cut.

Sedangkan untuk melakukan paste, Anda melakukan cubitan tiga jari keluar, atau berlawanan dengan gerakan ketika Anda melakukan proses copy. Kemudian yang terakhir adalah untuk melakukan perintah undo, Anda tinggal menggeserkan tiga jari Anda ke kiri.

 

 

3. Home Screen iPad A’la Dekstop

Sudah sejak lama penulis merasakan kalau tampilan Home Screen di iPad itu tidak cocok. Pihak Apple pun sepertinya merasakan hal yang sama dan akhirnya sekarang Apple telah melakukan optimasi pada tampilannya.

Yang paling terlihat sendiri adalah Widget dari Today View yang berada di kiri layar. Kemudian jarak antar ikon di Home Screen sehingga Home Screen dapat memuat lebih banyak aplikasi daripada biasanya.

 

 

4. Dapat Menghubungkan Penyimpanan Eksternal dan Kamera

Dengan menggunakan adaptor yang sesuai, Anda sekarang sudah dapat menghubungkan penyimpanan eksternal seperti flash disk dan juga harddisk eksternal ke iPad Anda. Selain itu, Anda juga dapat memindahkan file yang ada pada penyimpanan-penyimpanan eksternal tersebut ke dalam iPad Anda melalui Files App.

 

 

5. Penambahan Huruf

iPad bukanlah sebatas tablet, melainkan sebuah perangkat yang multifungsi yang dapat membantu pemiliknya melakukan berbagai aktivitas seperti mendesain sesuatu, menulis sesuatu, ataupun mengelola bisnis Anda secara real-time.

Fonts atau huruf pada iPad sebelumnya bisa dikatakan “membosankan” karena jenis font-nya hanya itu-itu saja. Namun sekarang, Anda akan dapat menambahkan berbagai jenis font yang baru ke iPad Anda dengan kehadiran iPadOS.

Satu hal kekurangannya adalah, fonts tersebut tidak gratis; atau dengan kata lain, Anda harus membelinya melalui App Store.

 

 

6. iPad Menjadi Macbook

Walaupun penulis katakan “iPad menjadi Macbook”, fitur yang sebenarnya adalah menjadikan iPad sebagai layar sekunder dari Macbook milik Anda selama Anda menggunakan MacOS Catalina pada Macbook Anda.

Dengan menggunakan sebuah kabel USB C ke USB C atau Lightning ke USB C, Anda nantinya akan dapat menghubungkan Macbook Anda ke iPad. Dengan begitu, Anda akan memiliki Macbook versi layar sentuh.

 

 

7. Pensil Apple yang Semakin Pintar

Hingga saat ini, iPad adalah satu-satunya perangkat Apple yang mendukung penggunaan Apple Pencil. Dan sekarang, Pensil tersebut sudah mengalami banyak improvisasi.

Salah satunya adalah kehadiran mode “markup” yang memiliki banyak fungsi menarik, seperti salah satunya membuat Anda dapat mengambil screenshot dari layar secara keseluruhan. Atau dengan kata lain, Anda akan dapat mengambil screenshot dari sebuah halaman yang sedang Anda bukan, bukan yang sedang Anda lihat saja.

Fitur ini tentunya saat ini hanya tersedia di iPadOS saja dan mungkin kedepannya akan tersedia juga di iOS, entah itu iOS 14 atau iOS setelahnya. -BB-

 

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel