5 launcher Smartphone Ringan Tahun 2019

13 Jun 2019 19:10 2125 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Launcher ringan untuk smartphone kentang.

Bosan dengan tampilan menu smartphone yang seperti itu-itu saja?

Jika Anda merasakan hal tersebut, berarti sudah saatnya Anda ganti smartphone.

Eitsss… Ganti smartphone boleh saja kalau punya uangnya. Bagaimana kalau budget tidak mencukupi?

Ya jalan satu-satunya adalah dengan mengganti launcher bawaan smartphone tersebut.

Dari sekian banyak launcher yang ada di Play Store, ada tipe launcher yang memang mengutamakan tampilan, ada juga yang mengutamakan fitur, dan ada juga launcher yang memang dibuat sangat ringan demi memenuhi kebutuhan para pemilik smartphone kelas menengah ke bawah atau yang biasa disebut dengan “HP kentang”.

Di bawah ini, penulis akan mengulas 5 launcher smartphone Android ringan bagi Anda yang ingin mengubah tampilan smartphone tanpa harus membebani smartphone tersebut.

 

 

1. Evie Launcher

Launcher yang satu ini adalah launcher yang salah satu penulis rekomendasikan karena memiliki tampilan yang terkesan simpel tapi stylish. Dengan ukurannya yang hanya berkisar 8 MB saja, Evie Launcher memberikan banyak fitur unggulan.

Salah satu fitur unggulannya adalah fitur gesture yang sangat difungsikan dengan maksimal. Selain itu juga terdapat fitur lainnya seperti universal search, quick navigation, personalization, dan berbagai fitur yang sering digunakan oleh para pemilik smartphone sehari-hari.

 

 

2. Microsoft Launcher

Satu hal muncul di dalam benak penulis ketika mendengar padanan kata “Microsoft Launcher” adalah “Windows Phone”. Awalnya penulis berpikir kalau Microsoft Launcher ini akan sama atau setidaknya mirip dengan tampilan yang biasa ditemukan di Windows Phone.

Tapi ternyata tampilannya diluar dugaan, karena yang penulis lihat, tampilan dari Microsoft Launcher ini sangat bersih dan ringan layaknya stock android.

Yang menjadi pembeda utama dengan launcher lainnya adalah kehadiran fitur sinkronisasi dengan menggunakan akun Microsoft. Menurut penulis, launcher yang berukuran 31 MB ini sangat cocok bagi Anda yang setiap harinya menggunakan aplikasi Outlook milik Microsoft.

 

 

3. Niagara Launcher

Launcher yang mengambil nama dari air terjun ternama asal Kanada ini adalah launcher lainnya yang penulis rekomendasikan bagi Anda yang mencari Launcher smartphone Android yang ringan.

Memiliki tampilan yang sangat minimalistik, launcher ini didesain agar dapat membuka berbagai aplikasi dengan cepat baik menggunakan dua tangan ataupun menggunakan satu tangan.

Kelebihan lain yang dimiliki launcher ini adalah dapat menyembunyikan bloatware atau aplikasi bawaan yang bagi Anda tidak berguna sama sekali.

 

 

4. Poco Launcher

Launcher yang satu ini merupakan launcher yang sangat populer dikalangan para pemilik smartphone. Berbeda dengan saudaranya Mi Launcher, Poco Launcher ini memiliki tampilan yang simpel sehingga memudahkan para penggunanya dalam menggunakan launcher ini.

Namun, ada downside dari tampilannya yang simpel, yakni kurangnya fitur-fitur yang ada, apalagi jika dibandingkan dengan fitur yang ada pada launcher populer seperti Nova Launcher. Kalau bisa Poco Launcher menyematkan banyak fitur tapi tetap mempertahankan performanya, penulis jamin launcher ini akan langsung populer mengalahkan launcher kustom lain yang ada di Play Store.

Oh iya, satu hal yang penulis suka dari Poco Launcher ini adalah adanya “Dark Mode” dimana sangat cocok bagi Anda yang suka tema bernuansa gelap di smartphone-nya.

 

 

5. Lawnchair Launcher

Adalah Launcher yang bisa dibilang ke-PIXEL-an. Dikatakan seperti itu karena, launcher yang merupakan proyek open source ini menyematkan banyak fitur Pixel didalamnya. Hingga saat ini ada dua versi dari Launcher ini di Google Play Store. Yang pertama adalah Lawnchair Launcher, dan yang kedua adalah Lawnchair Launcher V2.

Update terbaru untuk launcher berukuran 3.8 MB ini adalah bulan Mei 2019.

 

Bagaimana? Cukup lengkap informasi launcher yang ringan untuk smartphone-nya? Semoga dengan 5 launcher ringan untuk smartphone ini, Anda yang punya smartphone kentang dan ingin ganti tampilan tapi batal terus dikarenakan pakai launcher itu biasanya berat, bisa mencoba untuk move on dan mencoba 5 launcher yang direkomendasikan penulis.

Oh iya, satu hal yang perlu dicatat adalah, kelima launcher yang penulis sebutkan pada artikel ini adalah hasil penggunaan pribadi di smartphone Redmi 4 dengan RAM 3GB. Jika Anda masih merasakan launcher lambat di smartphone Anda, mungkin smartphone Anda memang tidak begitu kuat untuk menjalankan launcher kustom. -BB-

 

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 52
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel