5 Hal ini Wajib Dilakukan Sebelum Pergi Berwisata Bersama Keluarga

29 May 2019 19:05 3382 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Persiapan yang tidak boleh tidak dilakukan.

Menjelang hari raya, hari libur pun tiba. Sedikit demi sedikit pabrik-pabrik, perusahaan-perusahaan, pertokoan-pertokoan mulai meliburkan karyawannya.

Di masa liburan yang cukup panjang ini, ada yang memanfaatkannya untuk beristirahat di rumah saja, dan ada juga yang memanfaatkan masa liburan ini untuk berwisata bersama keluarga tercinta.

Yang manakah Anda?

Jika Anda adalah orang yang akan memanfaatkan masa liburan untuk berwisata, tentunya sebelum hari wisata tiba, Anda sudah mempersiapkan berbagai rencana agar ketika pergi berwisata nanti tidak tidak banyak masalah yang menimpa.

Bagi Anda yang belum memiliki rencana apapun tapi ada niat untuk pergi berwisata dengan keluarga, Anda berada di artikel yang tepat. Karena disini penulis akan membagikan tips tentang 5 hal yang harus Anda lakukan sebelum pergi berwisata bersama keluarga.

 

 

1. Tentukan Destinasi Wisata

Berwisata bersama keluarga tentunya harus menyenangkan bagi setiap anggota keluarga. Oleh karena itu, pilihlah destinasi wisata yang memang cocok untuk setiap anggota keluarga.

Misalkan ada anggota keluarga yang tidak suka berenang, maka harus dihindari destinasi yang berhubungan dengan air seperti laut, waterboom ataupun danau. Jika ada anggota keluarga yang tidak suka alam, berarti objek wisata yang memang berkaitan dengan alam bukanlah pilihan yang tepat.

Lalu bagaimana jika ada anggota keluarga yang tidak suka tempat yang koneksi internetnya jelek atau bahkan tidak ada koneksi internet?

Menurut penulis sih itu tidak apa-apa. Karena tujuan wisata keluarga sendiri adalah untuk melakukan family bonding dan memang salah satunya melupakan yang namanya smartphone dan dunia digital.

 

 

2. Kunjungi Tempat yang Masih Baru atau Jarang Orang Tahu

Keuntungan Anda sebagai pengunjung baru di destinasi wisata yang baru berdiri atau jarang orang tahu adalah kondisi dari destinasi tersebut yang masih jauh dari yang namanya keramaian. Artinya, dengan mengunjungi destinasi seperti itu, maka Anda akan merasakan kenyamanan yang biasa Anda temui ketika berwisata di hari-hari biasa.

Tapi tentunya sebelum memilih destinasi wisata baru atau jarang orang tahu tersebut, Anda harus mengecek destinasi tersebut agar ketika Anda datang bersama keluarga Anda, rasa penyesalan karena tempat yang tidak sesuai ekspektasi tidak akan muncul.

 

 

3. Sesuaikan Destinasi Wisata dengan Budget yang Dimiliki

Berwisata boleh saja, memilih destinasi wisata mana pun bebas selama semua orang yang terlibat dalam wisata tersebut dapat merasakan kegembiraan ketika berwisata. Tapi, satu hal penting lainnya adalah budget.

Berwisata, apalagi jika destinasi wisatanya jauh, tentunya memerlukan budget yang tidak sedikit. Harus ada pertimbangan antara budget penginapan (jika menginap), budget belanja oleh-oleh, budget makan, budget bensin (jika naik kendaraan pribadi) atau budget untuk sewa bus, budget cadangan dan tentunya, budget untuk masuk ke destinasi wisata tersebut.

Liburan atau refreshing memang penting bagi setiap orang, tapi jika jatuhnya overbudget yang ujung-ujungnya malah harus berhutang dan bikin stress, menurut penulis bagusnya dibatalkan saja atau cari destinasi yang lebih murah dan sesuai budget yang dimiliki.

 

 

4. Book Kamar di Penginapan atau Hotel

Jika Anda berencana untuk pergi ke tempat wisata yang jauh dari rumah dan memang ada juga rencana untuk menginap di tempat wisata tersebut, menyewa kamar di hotel ataupun penginapan setempat jauh-jauh hari adalah hal yang wajib dilakukan.

Hal tersebut dikarenakan, penginapan maupun hotel di destinasi wisata di hari-hari libur itu biasanya penuh semua. Mungkin hanya ada tersisa satu hingga dua kamar tapi itu pun biasanya cepat tersewa.

Untuk melakukan booking di penginapan atau hotel tujuan wisata, penulis sarankan menggunakan aplikasi seperti traveloka, pegipegi, agoda dan berbagai aplikasi travel lainnya. Dengan menggunakan apliaksi ini Anda akan dapat dengan mudah mengetahui ketersediaan kamar di penginapan atau hotel tujuan wisata sehingga ketika Anda nanti sampai di tempat wisata, Anda tidak perlu lagi mencari penginapan atau hotel lagi untuk menginap.

 

 

5. Jaga Kesehatan Sampai Waktu Keberangkatan

Sakit biasanya adalah halangan utama ketika seseorang akan pergi berwisata. Walaupun terkadang ada yang memaksakan untuk pergi, berwisata ketika tubuh dalam keadaan tidak sehat sangatlah tidak direkomendasikan.

Selain berkemungkinan membuat penyakit tambah parah, orang yang berwisata ketika sakit pun tidak akan merasakan kegembiraan yang seharusnya didapatkan ketika berwisata dalam keadaan sehat.

Untuk menjaga kesehatan sendiri sebenarnya sangat mudah. Contohnya adalah dengan memakan-makanan bergizi terutama yang mengandung vitamin D. Selain itu juga menjaga kebersihan lingkungan sekitar, khususnya kamar yang didiami adalah hal yang juga penting bagi kesehatan.

Berbicara soal kamar, tidur tepat waktu dan teratur juga adalah salah satu rahasia menjaga kesehatan tubuh.

 

-BB-

 

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 58
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel