5 Cara ini Ampuh untuk Menangkal Pemblokiran Sementara Fitur-Fitur Media Sosial

23 May 2019 12:44 6202 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Manfaatkan dengan baik ya!!!

Pembatasan akses media sosial yang kita alami sekarang ini adalah sebuah dampak dari banyaknya berita-berita negatif dimana salah satu jenisnya adalah hoax yang sekarang sedang mengalami peningkatan signifikan di jagat maya. Tidak bisa upload foto, tidak bisa upload video baik di Facebook, Whatsapp, Twitter, ataupun Instagram membuat banyak masyrakat yang sehari-harinya biasa menggunakan media sosial dengan intens merasa resah dan kesal.

Bagi sebagian orang, tindakan pemerintah ini memang antisipasi darurat yang bisa dikatakan sigap. Namun, dampaknya bagi sebagian orang lainnya sangatlah merugikan.

Secara tidak langsung, menurut penulis tindakan pemblokiran ini sebenarnya sudah melanggar hak kita sebagai warga negara Indonesia sesuai dengan pasal 28 yakni tentang kemerdekaan berserikat, berkumpul dan mengutarakan pendapat.

Yang mungkin paling dirugikan pada penonaktifan beberapa fitur di media sosial tersebut adalah mereka yang mencari uang dari media sosial. Contoh paling jelasnya adalah para online seller atau online shop.

Dengan dinonaktifkannya beberapa fitur penting media sosial, etalase online yang biasanya dihadirkan dalam bentuk postingan bergambar atau video baik itu di Facebook maupun di Instagram menjadi tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Akibatnya, calon pembeli yang asalnya ingin membeli produk di toko para penjual online tersebut, berkemungkinan batal karena etalase atau katalog tokonya saja tidak bisa dilihat.

Untuk mengatasi hal yang kata pemerintah bersifat “sementara” tersebut, penulis disini akan membagikan tips atau cara bagaimana agar mereka yang biasanya berjualan via online masih bisa mempromosikan produk-produk dagangannya.

 

1. Menggunakan Aplikasi Berkirim Pesan selain Whatsapp

Sejauh yang penulis ketahui, media sosial yang sudah terkena imbas dari penonaktifan fitur tersebut adalah Whatsapp.

Pertama kali dirasakan oleh penulis pada tanggal 22 Mei 2019 di waktu siang hari, Whatsapp serasa lumpuh total karena tidak bisa berkirim pesan, apalagi berkirim gambar dan video.

Namun di malam harinya, Whatsapp sudah bisa berkirim pesan kembali, dengan pengecualian mengirim gambar dan video yang tidak akan muncul di inbox atau kotak masuk lawan bicara.

Line adalah alternatif terbaik yang bisa digunakan untuk menggantikan Whatsapp sementara waktu. Ketika menggunakan Line, Anda akan tetap dapat berkirim gambar dan video ke orang lain tanpa harus khawatir adanya blokir-blokiran.

 

 

2. Menggunakan Marketplace (Tokopedia, Bukalapak & Shopee)

Jika Anda biasanya menggunakan Facebook atau Instagram saja untuk berjualan online, maka sekaranglah saatnya Anda melebarkan sayap Anda. Dengan mengumumkan alternatif marketplace di halaman akun media sosial atau yang biasa dikatakan “lapak dagangan” milik Anda, maka calon pembeli yang asalnya tidak bisa membeli via Instagram atau Facebook dikarenakan media gambar atau video yang tidak terlihat, bisa langsung mengakses marketplace seperti Tokopedia, Shopee ataupun Bukalapak.

Selain itu juga, dengan menggunakan marketplace, ada potensi baru calon pembeli, yaitu dari mereka yang setia menggunakan platform marketplace tanpa peduli dengan apa yang namanya media sosial.

 

 

3. Menggunakan VPN Gratisan

Berlaku untuk semua pihak, VPN adalah jurus ampuh untuk menangkal penonaktifan fitur oleh pemerintah.

Bagi Anda yang punya lapak di media sosial Facebook ataupun Instagram. Anda tinggal menuliskan ajakan untuk menggunakan VPN di bio atau postingan Anda agar para pengguna yang asalnya tidak bisa melihat produk Anda, bisa kembali melihat produk Anda.

Namun, menggunakan VPN gratis di internet ini agak sedikit beresiko. Selain karena membuat boros smartphone Anda, VPN yang tersedia di PlayStore beberapa diantaranya disusupi malware yang dapat mencuri data dari smartphone Anda.

Artinya, untuk menggunakan opsi ini, Anda harus benar-benar mencari VPN yang aman yaitu dengan mengecek permissions ketika Anda akan mengunduh VPN tersebut dari PlayStore.

 

 

4. Menggunakan Provider Internet Lain

Sejauh ini, MNC adalah penyedia internet yang masih bisa menggunakan internet dengan leluasa, sama seperti biasanya.

Penyedia Internet seperti Speedy dan Telkomsel adalah yang mungkin pertama kali menonaktifkan fitur-fitur media sosial dan sistem berkirim pesan tersebut.

Jika ada yang tahu provider seluler ataupun fiber apalagi yang masih aman untuk berseluncur internet mungkin bisa tambahkan di kolom komentar di bawah.

 

 

5. Menggunakan DNSCrypt / DNS Changer

Bagi yang takut menggunakan VPN karena rasa takut akan pencurian data ataupun tidak ingin baterai cepat habis, menggunakan aplikasi pengganti DNS (DNS Changer) ataupun Enskripsi DNS (DNSCrypt) adalah jalan yang menurut penulis paling aman.

Setting atau pengaturannya sendiri tidak sulit, bahkan ada beberapa yang instan dimana Anda tinggal memasang aplikasinya dan mengaktifkan fitur DNS Change atau DNS Crypt-nya.

 

Itulah beberapa langkah mudah untuk mengatasi “tidak bisa membuka Facebook” ataupun “tidak bisa membuka Instagram” saat ini. Semoga bermanfaat bagi semuanya dalam hal kebaikan. -BB-

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 56
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel