5 SSD NVMe Terbaik di Tahun 2019, Nomor 2 Bikin Gigit Jari

21 May 2019 14:10 1450 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Butuh SSD terbaru untuk PC atau laptop kesayangan???

Ada kawan disini yang punya komputer atau PC?

Merasa PC atau komputernya kurang kekinian?

Pada artikel kali ini, penulis akan membahas salah satu komponen penting yang pastinya jika tidak ada komponen ini maka komputer atau PC kawan disini tidak akan dapat beroperasi dengan semestinya.

Namanya adalah storage atau yang lebih dikenal lagi dengan sebutan harddisk. Sebetulnya sudah tidak benar lagi kalau penyimpanan pada PC itu disebut sebagai harddisk. Karena harddisk itu hanyalah salah satu nama jenis hardware yang fungsinya untuk menyimpan data.

Sedangkan untuk menyimpan data sekarang ini banyak sekali macamnya. Mulai dari flash drive atau thumb drive atau yang lebih dikenal lagi dengan sebutan flash disk.

Ada juga yang merupakan generasi baru calon pengganti harddisk yaitu yang disebut dengan solid state drive atau yang lebih dikenal dengan SSD.

Berbeda dengan Hard disk drive atau yang biasa disingkat dengan sebutan HDD, perangkat keras SSD ini tidak memilik piringan yang bergerak seperti halnya pada HDD. Malah jika ingin dimiripkan dengan hardware penyimpanan lain, SSD ini lebih mirip ke flash disk jumbo yang tertanam di PC.

Dengan menggunakan SSD sendiri, pengalaman memindah-mindahkan data ataupun membuka sebuah program akan sangat jauh lebih cepat ketimbang menggunakan HDD. Hal ini lebih terlihat jelas lagi ketika melakukan booting dari PC keadaan mati hingga masuk ke Windows dan siap dioperasikan.

SSD sendiri ada dua macam jenisnya, dimana yang pertama adalah SSD yang masih menggunakan kabel SATA dimana ada 3 generasi untuk jenis SSD ini. Kemudian ada juga SSD yang menggunakan port PCI Express sebagai ganti dari koneksi kabel SATA.

Lalu mana yang lebih cepat atau paling cepat diantara SSD yang menggunakan slot PCIE dan kabel SATA?

Ya tentunya jika membandingkan antar generasi yang sama, SSD yang menggunakan slot PCI itu jauh lebih cepat dibandingkan dengan SSD yang menggunakan kabel SATA. Contohnya, membandingkan antara SSD SATA I dengan SSD NVMe I, maka jelas SSD NVMe yang lebih cepat karena sudah menggunakan port PCIE.

Berminat???

Bagi kawan yang berminat upgrade atau memasang penyimpanan baru pada PC kesayangannya, di bawah ini penulis akan menyebutkan beberapa SSD NVMe atau SSD yang menggunakan port PCI untuk terkoneksi dengan komputer yang cukup direkomendasikan karena kecepatannya yang luar biasa cepat.

 

1. Samsung SSD 970 EVO

Sejauh ini, SSD 970 adalah SSD NVMe yang paling laris dipasaran dikarenakan harganya yang tidak berbeda jauh dengan SSD NVMe merek lain. Oleh karena itu banyak orang lebih memilih SSD merek Samsung dikarenakan Samsung sudah punya nama di dunia hardware baik itu smartphone ataupun komputer. Awal keluarnya SSD 970 EVO dipasaran, SSD ini menjadi SSD tercepat dengan kecepatan read/write 3000/1800 MB/s. Namun tidak lama kemudian tersalip oleh merek lain.

Samsung SSD 970 EVO memiliki 4 varian yang diklasifikasikan berdasarkan besar penyimpanannya, Samsung 970 EVO memiliki varian dengan size 250GB, 500GB, 1TB dan 2TB. Dengan harga mulai dari 1jt-an hingga 9jt-an.

 

 

2. Intel Optane SSD 905P

Adalah sebuah SSD NVMe pabrikan intel yang bisa dibilang punya ketahanan yang luar biasa, bisa dilihat dari build quality-nya yang terlihat kokoh. Untuk kapasitas penyimpanan dan kecepatan transfer data yang ditawarkan, SSD Intel Optane ini memiliki kecepatan read/write mencapai 2,600/2,200 MB/s.

Untuk harganya sendiri agak bikin kepala pening, yakni mencapai 16 jutaan rupiah untuk versi 960GB-nya. Kok mahal? Kabarnya sih karena SSD ini memiliki build quality yang luar biasa kuat dan tahan lama. Makannya untuk garansi dari SSD ini sendiri cukup lama dibandingkan SSD lainnya yakni mencapai 5 tahun.

 

 

3. SSD WD Black NVMe

WD adalah salah satu produsen hardware kenamaan yang spesialisasinya di sektor perangkat penyimpanan data komputer. Tidak ingin kalah dengan kompetitor lainnya, WD saat ini sudah mengeluarkan SSD bertipe NVMe-nya yang kecepatannya sudah tidak diragukan lagi.

Memiliki kecepatan read/write 3400 / 2800 MB/s, WD Black bisa dikatakan sebagai salah satu SSD NVMe tercepat dan bersaing ketat dengan SSD Samsung 10 Pro.

Dengan kapasitas bervariasi mulai dari 250GB hingga 2TB harga yang ditawarkan pun bervariasi. Mulai dari 900 ribuan untuk harga termurahnya dan untuk yang termahalnya sendiri mencapai hampir mencapai 9 jutaan.

 

 

4. Samsung SSD 970 Pro

Adalah versi atasnya dari Samsung SSD 970 EVO. Yang membedakan 970 Pro ini dengan 970 EVO adalah kecepatan read dan write yang bisa dikatakan seimbang dengan SSD WD Black di atas dimana kecepatannya adalah 3500/2700 MB/s.

 

 

5. Adata SX8200 Pro

Mungkin belum banyak yang mengenal merek Adata.

Tapi yang pasti Adata ini sudah cukup lama terjun didunia hardware komputer, khususnya di sektor penyimpanan atau storage.

Menyaingi Samsung 970 Pro dan WD Black, SSD ADATA SX8200 Pro ini cukup dibilang berani. Dikatakan seperti itu karena dengan klaim kecepatan read/write 3500/300 MB/s, SSD ini dibanderol dengan harga yang cukup murah yakni sekitar 600rb-an untuk versi 256GB, hingga 2 jutaan untuk versi 1TB nya.

 

Sudah memutuskan mau membeli yang mana?

Semua yang penulis sebutkan disini sih bisa dikatakan top markotop. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budgetnya. Bagi yang merasa kurang percaya dengan Adata, bisa memilih WD atau Samsung.

Atau bagi yang tidak begitu puas dengan price to performance dari Samsung dan WD, bisa mencoba Adata.

Lalu bagaimana dengan intel Optane? Ah itu penulis rasa hanya untuk sultan saja. -BB-

 

 

 

About The Author

Buricak Burinyai 57
Bolpoint

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel