TMMD KE 104 BABINSA PELOPOR PEMBANGUNAN DESA

4 Mar 2019 10:13 2758 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Babinsa sebagai ujung tombak TNI-AD

TMMD ke 104 Kodim 0601/ Pandeglang yang di gelar di Desa Mekarsari Kecamatan Bojong, berawal dari ngadu bako Babinsa Desa Mekarsari Kopda Jajuli  dengan masyarakat diwilayah desa Binaannya.

Kabupaten Pandeglang memiliki potensi sumber daya pertanian yang sangat menjanjikan. Selain dikenal sebagai lumbung padi dan kedelai, Pandeglang juga memiliki potensi besar di bidang hortikultura, khususnya buah manggis. Pada awal 2019, dua desa di Kecamatan Bojong, yaitu Desa Bojong dan Desa Mekarsari, mampu mengekspor manggis sebanyak 93 ton ke negeri Tiongkok.

Babinsa yang merupakan  ujung tombak komando kewilayahan setiap saat bersentuhan langsung dan berada di tengah-tengah masyarakat menampung segala aspirasi serta keinginan masyarakat di desa binaannya.

Dalam setiap melaksanakan anjangsana, keluhan masyarakat desa di catat. Sebagian besar keluhan masyarakat terkait dengan insfratruktur jalan yang belum memadai, itu semua  dihimpun sebagai bahan laporan ke komando atas tentang kondisi geo, demo dan konsos serta sebagai bahan koordinasi dengan aparat desa setempat, untuk menindaklanjuti harapan masyarakat desa.

Dijelaskannya, desa mekarsari merupakan wilayah yang memiliki potensi pertanian dan perkebunan rakyat yang menjanjikan, salah satunya yaitu buah manggis yang pada bulan januari lalu berhasil menembus pasar luar negeri sebanyak 93,396 ton di expor ke negeri tirai Bambu China.

Namun sayangnya, selama ini para petani setempat kesulitan mengangkut hasil pertanian dan perkebunan mereka, karena akses jalan yang belum memadai. Berbekal dasar dari keluhan masyarakat babinsa menggelar rapat koordinasi dengan kepala desa untuk ditindak lanjuti kepada Danramil diteruskan ke komando atas dalam hal ini Kodim 0601/Pandeglang.

Dari hasil laporan Babinsa dijadikanlah desa mekarsari sebagai target sasaran TMMD ke 104 Kodim 0601/Pandeglang, dengan kegiatan yang akan dilaksanakan berupa kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik pembangunan infrastruktur pembukaan jalan sepanjang 3.200 meter dengan 6 meter, 50 meter TPT (Tembok Penahan Tanah), pembuatan sumur Bor untuk Mushola di kampung Saluyu,serta Gorong- gorong sebanyak 16 unit.

Sasaran non fisik berupa penyuluhan dari Instansi terkait seperti Penyuluhan KB dari BKKBN, Penyuluhan Pertanian dari Dinas Pertanian, Penyuluhan Hukum dari Polres Pandeglang serta penyuluhan bidang lainnya yang bertujuan untuk  dapat menumbuhkan inovasi dan kreativitas masyarakat dalam memberdayakan potensi daerahnya menuju kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik.

Babinsa sebagai ujung tombak selalu bersinergi dengan aparatur desa sama – sama mempunyai tujuan untuk dapat mensejahterakan masyarakat, dengan slogan bersama rakyat TNI kuat.

Tags

About The Author

agus rizal 18
Novice

agus rizal

media kodim 0601/Pandeglang
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel