Ini Dia! Keistimewaan Budidaya Ikan Gurame

18 Feb 2019 09:44 388 Hits 0 Comments
Siapa yang tidak mengenal keistimewaan ikan gurami? Si ikan besar air tawar ini sangat disukai masyarakat Indonesia. 

Siapa yang tidak mengenal keistimewaan ikan gurami? Si ikan besar air tawar ini sangat disukai masyarakat Indonesia. Harganya pun seimbang dengan posisinya sebagai ikan kesayangan yang lezat dinikmati di masing-masing menu masakan. Karenanya, ikan ini paling prospektif guna dijadikan usaha budidaya guna mendapatkan laba besar. Apa kelebihan budidaya gurame dibandingkan dengan usaha perikanan lainnya?

  1. Harga jual gurami lebih tinggi dikomparasikan dengan ikan air tawar lainnya sampai-sampai secara ekonomi relatif lebih menguntungkan.
  2. Permintaan pasar terhadap gurami lumayan tinggi dan masih belum terpenuhi, sehingga kesempatan pasar masih tersingkap lebar.
  3. Lahan budi daya masih terdapat luas, bisa berupa empang semen empang, ataupun waduk. Petani gurami di Jawa Barat lebih tidak sedikit menggunakan kolam dan waduk. Waduk Saguling, Jatiluhur, dan Cirata paling potensial untuk merawat gurami.
  4. Data dan informasi tentang kiat budi daya lumayan memadai.
  5. Pakan guna usaha pembibitan atau pembesaran gurami terdapat sepanjang waktu.
  6. Benih gurami tidak sedikit dihasilkan oleh pemerintah melewati Balai Benih Induk (BBI) dan pembudidaya yang khusus memasarkan benih.
  7. Pengangkutan hasil panen gurami termasuk mudah, namun harus ditangani secara hati-hati.

Di samping itu, permintaan pasar terhadap ikan gurami lumayan tinggi, tetapi belum terpenuhi semua. Bagi pasar Jakarta saja, konsumsi ikan gurami menjangkau 10—15 ton/hari. Lebih-lebih andai menembus pasar ekspor yang masih tersingkap lebar, laksana Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.ÂÂÂÂ Produksi terbesar melulu baru didapatkan dari wilayah Jawa Barat (34.04%). Itu pun, akhir-akhir ini produksinya terus menurun sebab lahan buatan yang semakin sempit. Harga ikan gurami dari tahun ke tahun ingin stabil dalam kisaran Rp20.000—Rp25.000 per kilogram semenjak tahun 2000.

Ada teknik yang lebih menguntungkan dalam usaha budi daya ikan gurami, yakni dengan kiat pemeliharaan secara intensif. Hal ini sebagaimana yang dilaksanakan para peternak sukses, laksana Bapak Tohawi dari Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. Tohawi yang berawal hanya bermodalkan empat ekor induk jantan dan 3 ekor induk betina, sekarang usahanya semakin berkembang. Bahkan, ia pun telah membangun sebuah koperasi usaha tani Pusat Pelatihan Pembudidayaan Pedesaan (P4S). Usaha dari binaannya telah dapat menembus pasar Singapura dan Malaysia. Kapasitas produksinya baru menjangkau 20 ribuan ekor embrio per bulan. Padahal, ia kebanjiran pesanan sampai ada yang memesan sejumlah 15 juta embrio gurami/tahun.

Bagaimana kiat budi daya gurami secara intensif ini? Buku Budi Daya Gurami terbitan AgroMedia Pustaka bakal menjabarkannya guna Anda secara bertahap dan praktis. Buku ini ditulis oleh Riawan Putra Rahmat dengan keterangan yang mudah dicerna oleh pemula sekalipun. Di dalamnya dibicarakan mulai dari keterangan prospek bisnis budi daya gurami, mengenal gurami, langkah mula memulai usaha budi daya gurami, pembibitan gurami, pendederan gurami, pembesaran gurami, standar bobot produk gurami, menanggulangi permasalahan dalam budi daya gurami, sampai analisis usaha budi daya gurami.

Tags

About The Author

Ahmad Mujtahidin 14
Pensil

Ahmad Mujtahidin

Writing is My Inspiring

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel