Cara Cek Website Down atau Tidak

8 Jan 2019 11:15 872 Hits 0 Comments
Cara Mengecek Website Sedang Down Atau Tidak.

Ketika Anda mengembangkan website sendiri, Anda tentu saja harus memastikan jika halaman website bisa diakses dengan baik. Terkadang website tak dapat diakses oleh para pengunjung karena ada suatu hal, padahal website berjalan dengan baik-baik saja jika Anda mengaksesnya. Jika hal tersebut terjadi Anda bisa mengeceknya sendiri. Cara untuk mengecek website down atau tidak dengan menggunakan tool yang ditawarkan secara online.

Mengapa pengecekan dibutuhkan? Suatu website bisa menjadi bagian yang sangat penting dalam bisnis dan berbagai kebutuhan Anda. Para pengunjung bisa memperoleh informasi, berinteraksi dengan orang lain, serta saling berbagi pengetahuan tanpa harus berpergian ke mana-mana. Apabila halaman website down, segala fungsi dan beragam potensinya akan segera hilang. Bayangkan saat hal ini terjadi kepada situs Anda. Tentu sangat mengesalkan, bukan?

Kunci utama supaya website Anda tidak mengalami down yaitu dengan menggunakan layanan penyedia web hosting yang terbaik. Namun, kali ini saya tak akan membahas hal tersebut secara spesifik. Pada tutorial kali ini, saya akan mengulas cara untuk mengecek website down atau tidak dengan menggunakan tool yang ditawarkan secara online.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda coba. Anda bisa memilih cara yang disukai, Anda bahkan bisa mencoba semua cara tersebut guna memastikan jika website berjalan dengan normal.

Apa saja yang harus Anda persiapkan?

Sebelum Anda memulai langkah-langkah selanjutnya pada tutorial kali ini, pastikan jika Anda memiliki:

  • Koneksi internet yang stabil
  • Website yang masih aktif untuk dicek

Cara 1: Cek dengan menggunakan downforeveryoneorjustme.com

Cara ini dapat dikatakan cukup sederhana, Anda hanya harus memasukkan nama domain website milik Anda, kemudian akan segera muncul jendela jawaban website down atau tidak.

1. Bukalah situs  downforeveryoneorjustme.com dengan menggunakan browser Anda, berikut ini adalah tampilan situs tersebut.

2. Selanjutnya masukkan URL website yang Anda miliki untuk dicek pada kolom yang memiliki tulisan google.com.

3. Usai Anda memasukkan URL web silahkan Anda tekan Enter di keyboard atau menekan url or just me? di halaman website.

4. Berikutnya akan segera muncul status website Anda mengalami down atau tidak.

Contoh status website yang tetap Up.

Dan Apabila hasil website tersebut Down.

Cara 2 – Mengecek melalui host-tracker.com

Tool ini mempunyai fitur yang lebih lengkap apabila dibandingkan dengan tool yang sebelumnya. Informasi yang disediakan pun juga lebih banyak. Lebih menariknya lagi, tool ini juga bisa mengirimkan pemberitahuan apabila website mengalami down.

1. Akses situs resmi  host-tracker.com dengan menggunakan browser Anda.

2. Anda bisa memasukkan URL yang terdapat pada kolom yang sudah disediakan.

3. Masukkan URL website yang akan Anda cek pada kolom yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk memilih Http sebelum Anda memasukan URL website.

4. Silakan Anda menunggu beberapa saat hingga tool selesai melakukan pengecekan terhadap alamat situs Anda.

5. Setelah website sudah selesai dimuat, Anda dapat melihat tabel yang berisikan hasil pengecekan dari berbagai lokasi. Tabel tersebut juga berisikan banyak detail informasi. Hanya saja, pada tutorial kali ini Anda hanya membutuhkan informasi apakah website tersebut mengalami down atau tidak. Oleh karena itu, mohon perhatikan Status yang ada di baris pertama.

 

Langkah Selanjutnya Bisa Anda Lihat Selengkapnya Di Cara Mengecek Website Down Atau Tidak.

Tags

About The Author

SSTutorial 20
Novice

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel