Cara Menambahkan Domain di cPanel

7 Jan 2019 17:09 690 Hits 0 Comments
Cara Menambahkan Domain Di CPanel.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara untuk menambahkan domain di cPanel. Hal ini harus Anda pelajari, terutama jika Anda mempunyai lebih dari satu domain yang dikembangkan dan ingin menambahkan domain tersebut ke dalam cPanel hosting Anda. Caranya juga terbilang cukup mudah untuk dilakukan,Pada contoh kali ini saya akan menggunakan fitur Addon Domains pada cPanel.

Apa Saja yang Anda Perlukan?

Sebelum Anda mengikuti langkah selanjutnya pada tutorial ini, pastikan jika Anda:

  • Mempunyai akses ke cPanel di akun layanan hosting Anda

Langkah 1: Menemukan Fitur Addon Domains

Silakan Anda login ke cPanel Anda dan ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

1. Pilih menu search yang terdapat di bagian atas halaman cPanel seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

2. Ketiklah kata kunci “Addon” di kolom pencarian selanjutnya tekan menu Addon Domains yang muncul pada kolom Domains.

Langkah 2: Menambahkan Domain di cPanel Dengan Menggunakan Fitur Addon Domains

Setelah anda membuka fitur Addon Domains, Anda akan segera melihat jendela halaman utama Addon Domains. Dimohon perhatikan penjelasan serta gambar yang ada di bawah ini karena berkaitan dengan data yang harus Anda masukkan dengan benar.

  1. Di bagian kolom pertama, silahkan Anda masukkan nama domain yang akan ditambahkan. Dalam kasus kali ini saya akan mengisinya dengan domainanda.com.

2. PENTING – Pada kolom bagian kedua, cPanel secara otomatis akan menambahkan Subdomain. Jika Anda hanya ingin menambahkan satu domain saja contohnya domainanda.com, kolom tersebut bisa Anda biarkan terisi secara otomatis. Namun, apabila Anda memasukan lebih dari satu domain dengan nama yang sama tetapi memiliki ekstensi berbeda contohnya domainanda.com dan domainanda.net, saya sarankan agar mengganti nama berbeda di kolom Subdomain tersebut, seperti domainandadua.

3. Kolom ketiga akan terisi secara otomatis, ini adalah path yang dimiliki oleh file domain yang Anda tambahkan. Pada kasus ini akan muncul tulisan seperti: public_html/domainanda.com. Ini menunjukan jika file dari domain yang ditambahkan berada di dalam folder public_html > domainanda.com. Anda bisa mengubah path  apabila Anda menginginkannya, tapi kami sarankan agar membiarkannya seperti itu.

4. Pilihan ini merupakan sebuah optional. Pilihan ini akan membuat sebuah akun FTP tambahan untuk domain yang telah dimasukan kedalam fitur addon tersebut. Jika Anda mengelola semua domain tersebut secara privasi, Saya sarankan untuk tidak mencentangnya. Akan tetapi jika domain yang Anda tambahkan tersebut akan dikembangkan oleh orang lain atau klien, Anda bisa memberi tanda centang. Hal ini dilakukan agar dapat membuat akun FTP secara terpisah sehingga klien Anda hanya bisa mengakses file sesuai dengan domain yang sudah ditambahan tersebut.Penting – Apabila Anda mencentang opsi Create an FTP account associated with this Addon Domain, akan segera muncul jendela kolom yang harus Anda isi.

Di kolom tersebut Anda bisa mengisi username dan password sesuai dengan akun FTP yang ingin Anda buat. Untuk memperoleh password Anda dapat menggunakan fitur Password Generator cukup dengan klik tombol Generate Password.

Fitur ini berfungsi untuk membuat password akun FTP cukup aman untuk addon domain. Anda juga bisa menggunakan menu Advanced Options untuk melihat lanjutan pilihan berikutnya.

 

Langkah Selanjutnya Bisa Anda Lihat Selengkapnya Di Cara Menambahkan Domain Di CPanel.

Tags

About The Author

SSTutorial 20
Pensil

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel