Cara Membuat Script Phpinfo

1 Jan 2019 14:53 607 Hits 0 Comments
Cara Membuat Script PHPInfo

Pengenalan

Apapun jenis Software yang Anda gunakan di server website, tentu saja mempunyai parameter tersendiri yang harus Anda penuhi. Misalnya, versi WordPress yang harus Anda gunakan minimal versi PHP 5.2.4. Sebab, beberapa pengaturan PHP ada yang bisa diganti dan sebagian lainnya tidak, tergantung dengan konfigurasi server. Namun semuanya dapat Anda temukan di dalam script Phpinfo. Tutorial kali ini akan membahas mengenai informasi PHP pada akun hosting Anda dengan menggunakan tools yang terdapat di dalam control panel atau membuat file phpinfo secara langsung. Dalam kedua hal ini, Anda dapat melihat module PHP mana yang aktif di dalam server dan seperti apa konfigurasinya. Cara seperti ini akan sangat berguna jika Anda ingin mengetahui batasan akun hosting milik Anda, seperti max_execution_time, memory_limit, post_max_size, dll.

Yang Harus Anda Persiapkan

Sebelum untuk memulai tahapan selanjutnya, yang harus Anda perlukan adalah:
  • Akses untuk masuk ke control panel akun hosting milik Anda atau akun FTP

Opsi 1 – Memeriksa informasi PHP melalui control panel hosting

Pada beberapa penyedia layanan Hosting, informasi PHP akun milik Anda dapat dilihat dengan mudah hanya menggunakan menu PHP Info. Cara ini tentu saja sangat nyaman sebab Anda tak perlu lagi membuat file tambahan apapun untuk akun hosting Anda. Fitur PHP Info biasanyadapat Anda temukan pada menu kategori Advanced di halaman Dashboard.

Kemudian, Anda akan diarahkan menuju ke halaman yang berisikan semua informasi mengenai versi PHP yang sedang Anda gunakan saat ini, module berserta nilainya. Untuk melakukan pengaturan lainnya, Anda dapat menggeser layar ke bawah. Jika Anda ingin mencari salah satu informasi mengenai modul/fungsi, Anda dapat menekan tombol CTRL + F pada keyboard untuk menampilkan kotak pencarian pada browser Anda.

Selamat! Sekarang Anda telah berhasil mempelajari bagaimana cara untuk mengakses phpinfo dengan memanfaatkan fitur dari control panel hosting milik Anda.

Opsi 2 – Memeriksa informasi PHP dengan membuat file PHPinfo
Jika Penyedia layanan hosting Anda tak menyediakan alat untuk menampilkan fitur seperti Opsi 1 diatas, Anda tak perlu khawatir. Anda masih bisa memperoleh hasil yang sama dengan cara membuat file khusus ke dalam akun hosting milik Anda. File ini berfungsi untuk menampilkan semua informasi PHP dan Anda dapat mengaksesnya melalui web browser.

Langkah 2.1 – Membuat file phpinfo
Terdapat banyak cara untuk membuat file phpinfo. Namun untuk tutorial kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuatnya dengan menggunakan layanan File Manager. Akan tetapi, hasil yang sama juga bisa Anda dapatkan dengan membuat file pada komputer lokal Anda, kemudian meng-upload-nya ke dalam server dengan menggunakan aplikasi FTP.

Kini Anda hanya perlu mengakses control panel di akun hosting Anda, kemudian buka File Manager. tekanlah tombol File untuk membuat file baru.

Tahapan Selanjutnya Bisa Anda Lihat Selengkapnya Di Cara Membuat Script Phpinfo

Tags

About The Author

SSTutorial 20
Novice

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel