Cara Instal Webuzo di VPS

1 Jan 2019 12:50 596 Hits 0 Comments
Cara Menginstall Webuzo

Pada artikel kali ini saya akan menjelaska bagaimana cara untuk menginstall Webuzo di VPS (Virtual Private Server). Webuzo memiliki perbedaan dengan WHM (Web Host Manager) yang bisa digunakan untuk membuat beberapa akun hosting pada cPanel.

Webuzo adalah single user control panel yang diterapkan dalam layanan VPS. Webuzo bisa digunakan seperti layaknya WHM yang berguna sebagai hosting. Panel Webuzo sering dipakai oleh pengguna VPS sebab fiturnya terbilang sangat lengkap dan user-friendly. Tak hanya itu, instalasi Webuzo juga dapat dikatakan sangatlah mudah.

Webuzo menyediakan berbagai fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan website: management domain, management user File Transfer Protocol (FTP), management database berbasis MySQL dan Rockmongo, management DNS Zone, management MXEntry records, management CRON, Dan Advanced Security dengan menggunakan IP Block, CSR, serta Private keys.

Spesifikasi Minimal

Berikut ini adalah spesifikasi minimal yang harus dipenuhi untuk mengoperasikannya.

  • Support dengan beberapa sistem operasi dibawah ini: (Operation System harus fresh instal)
  1. CentOS 6.x / 7.x
  2. Red Hat Enterprise Linux 6.x / 7.x
  3. Scientific Linux 6.x / 7.x
  4. Ubuntu LTS
  • Minimal harus memiliki RAM 1 GB (Disarankan RAM 2 GB agar performa bisa lebih baik)
  • Minimal kapasitas Disk Space 5GB (Disarankan 10 GB agar performa bisa lebih baik)
  • Belum menginstall PHP, Apache, dan MySQL di dalam server
  • Username dan password untuk mengakses ke dalam server

Cara Instal Webuzo di VPS

Ketika server telah siap, tahapan selanjutnya yaitu proses penginstallan webuzo di VPS. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu mempersiapkan akses SSH, instalasi, lalu megkonfigurasi Webuzo.

Anda sebelumnya harus mengetahui sedikit mengenai perintah-perintah dasar di Linux. Sebab cara untuk menginstal Webuzo di VPS ini membutuhkan perintah teks untuk proses instalasinya. Langkah-langkahnya juga cukup sederhana, Anda hanya cukup mengikutinya saja.

 

Akses VPS Menggunakan SSH
Hal Pertama yang harus dilakukan yaitu memastikan jika server sudah bisa diakses dengan menggunakan SSH. Pastikan Anda telah mendapatkan alamat ip server, username dan password untuk mengakses ke dalam server.

Apabila Anda menggunakan Linux, cukup isi dengan username dan alamat ip server melalui perintah ssh. Selanjutnya, masukkan password untuk login ke dalam akun ssh tersebut.

Usai berhasil masuk kedalam akses SSH, Di bagian selanjutnya akan dijelaskan tentang langkah-langkah untuk menginstal Webuzo di VPS.

Langkah-langkah Menginstal Webuzo di VPS
Setidaknya terdapat 4 langkah yang harus dilakukan hingga berhasil untuk proses menginstall Webuzo di VPS. Langkah pertama yaitu memastikan jika server sama sekali belum terinstal beberapa layanan seperti PHP, Apache, dan MySQL.

Sebelum kita lanjut ke tahap selanjutnya, ketikkan âyum updateâ untuk memastikan kembali jika semua paket berada di dalam repository terbaru.

Langkah 1 â Menghapus Instalasi Web Server
Pastikan jika Apache, PHP, dan MySQL sama sekali belum terinstal di VPS. Hal ini karena Webuzo sudah memilki konfigurasi web server tersendiri. Pada CentOS, Anda hanya harus mengetik perintah berikut pada terminal.

$ yum list installed | grep http

$ yum remove httpd httpd-tools

Perintah di atas berguna untuk menghapus web server yang terdapat didalam server. Perintah pertama akan mengecek apakah layanan Apache telah terinstal. Perintah kedua berfungsi untuk menghapus seluruh layanan Apache yang telah terinstal di dalam sistem server.

Langkah 2 â Mengunduh Webuzo
Langkah selanjutnya yaitu mengunduh executable file yang digunakan untuk melakukan proses instalasi Webuzo secara otomatis. Gunakanlah baris perintah di bawah ini pada terminal untuk memproses pengunduhan file.

$ wget -N http://files.webuzo.com/install.sh

Usai selesai, Anda bisa mengecek kembali dengan menggunakan perintah âlsâ untuk mengetahui apakah file sudah berhasil terunduh atau tidak.

    Tahapan Selanjutnya Bisa Anda Lihat Selengkapnya Di Cara Menginstall Webuzo Di VPS
Tags

About The Author

SSTutorial 20
Pensil

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel