Tutorial Menghapus Blog (Blogspot dan WordPress)

5 Dec 2018 16:15 627 Hits 0 Comments
Tutorial Menghapus Blog (Blogspot dan WordPress)

Membuat blog adalah sebuah tren semenjak pertengahan tahun 2000-an. Anda mungkin pernah membuat blog untuk sekedar iseng saja dengan menggunakan Blogspot (saat itu masih dikenal dengan sebutan Blogger) atau WordPress.

Mungkin saja saat ini blog lama Anda sudah usang, konten sudah tidak diupdate, tema juga tak terupdate, plugin dan widget masih memakai versi yang lama. Bisa jadi alamat blog Anda yang dulu terlihat alay dan terlalu sulit untuk dibaca sehingga Anda ingin menghapusnya.

Sebelum Anda menghapus blog, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah blog miik Anda masih mempunyai pengunjung atau tidak. Apakah trafik masih terus berdatangan walaupun sudah lama tidak Anda update? Jika tidak, Anda dapat menghapus blog dengan tenang sebab blog tersebut sudah tidak mendatangkan keuntungan untuk Anda.

Cara menghapus blog yang akan saya bahas dibawah ini adalah cara khusus untuk menghapus Blogspot dan WordPress.com.

Cara Menghapus Blog (Blogspot)

Berikut merupakan langkah-langkah untuk menghapus Blogspot secara permanen.

1. Langkah pertama yaitu anda harus Login ke Blogger

2. Kemudian Klik Setting > Other

3. Setelah itu Anda dapat menemukan tampilan seperti yang di bawah ini

4. Sebelum anda menghapus blog, sebaiknya anda melakukan backup data terlebih dulu dengan menekan menu Backup Content dan simpanlah data tersebut ke komputer Anda.

5. Setelah anda selesai membackup data, Anda dapat langsung klik tombol Delete blog dan akan segera muncul tampilan seperti gambar di bawah.

6. Apabila anda berubah pikiran, Anda masih bisa melakukan Undelete dalam jangka waktu 90 hari.

7. Apabila anda benar-benar sudah yakin akan menghapus blog secara permanen, Anda dapat langsung memilih tombol Delete Permanently

Cara Menghapus WordPress

Cara untuk menghapus WordPress dapat dikatakan hampir sama dengan cara menghapus Blogspot. Di bawah ini merupakan cara menghapus untuk WordPress yang versi gratis saja, bukan WordPress.org maupun WordPress yang sudah self hosting. Berikut adalah cara lengkapnya:

1. Langkah pertama silahkan anda Login ke WordPress.com

2. Pilihlah menu Setting > General

3. Kemudian Scroll hingga anda mencapai halaman paling bawah dan carilah menu Delete your site permanently (Menghapus blog/situs secara permanen)

4. Selanjutnya akan segera muncul pilihan untuk export data blog

5. Selesai anda selesai melakukan export, Anda sudah dapat langsung menghapus blog dengan menekan tombol Delete Site

6. Berbeda dengan Blogspot, WordPress tak akan menawarkan pilihan untuk mengembalikan blog dalam jangka waktu tertentu. Jadi sekali saja Anda menghapus blog pada WordPress, blog akan dihapus secara permanen.

 

Penjelasan Selanjutnya Jika Terdapat Trafik Yang Tinggi Bisa Anda Lihat Selengkapnya Di Tutorial Menghapus Blog (Blogspot dan WordPress)

Tags

About The Author

SSTutorial 20
Pensil

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel