Panduan Upload dan Cara Install Laravel di cPanel Hosting

4 Dec 2018 20:52 1159 Hits 0 Comments
Laravel merupakan framework PHP yang memiliki tujuan untuk memudahkan developer dalam mengembangkan situs web dengan sederhana, menyenangkan, elegan, dan ekspresif.

Laravel merupakan framework PHP yang memiliki tujuan untuk memudahkan developer dalam mengembangkan situs web dengan sederhana, menyenangkan, elegan, dan ekspresif.

Framework Laravel dipasarkan pada tahun 2011 dan saat ini sudah banyak dikenal dan digunakan pada berbagai situs web karena sifatnya yang sangat elegan dan dinamis. Framework ini sangat terkenal dengan dokumentasinya yang sangat lengkap dan selalu up to date.

MVC atau Model, View, Controller merupakan pondasi Laravel yang dilengkapi dengan sejumlah tool teks perintah (command line) yang disebut “Artisan” yang memiliki fungsi untuk packaging bundle dan instalasi bundle melalui command prompt.

Laravel bukan satu-satunya framework PHP yang sedang populer, ada beberapa framework yang lain juga tengah populernya, semacam Codeigniter, Symfony, Phalcon, Yii, dan lain sebagainya.

Kelebihan Laravel

Apa keuntungan dan kelebihan menggunakan Layanan Laravel?

Keuntungan menggunakan Laravel ada tiga, yaitu Expressif, Simple, dan Accessible.

  • Expressif, yang berarti saat menggunakan Laravel, programmer diharapkan dapat memahami secara langsung kegunaan dari suatu sintaks meskipun belum mempelajarinya atau bahkan menggunakannya sama sekali.
  • Simple, yang berarti tak perlu mendeklarasikan banyak fungsi ketika akan mengambil beberapa data. Contohnya Anda ingin mengambil semua data yang berada di dalam table users, maka Anda hanya perlu membuat class model yang bernama user: kemudian memasukan semua data yang berasal dari tabel users tersebut dengan cara seperti ini:

    $all_user = User::all();

  • Accessible, yang berarti Laravel dapat dijangkau dengan sangat mudah. Dokumentasi framework ini sudah dibuat selengkap mungkin sehingga apabila terdapat rilis/Updatean terbaru maka anda akan segera mendapatkan panduan bagaimana cara untuk menggunakannya.

Laravel di Softaculous

Softaculous adalah auto-installer ‘ atau aplikasi instalasi otomatis’ untuk cPanel dan DirectAdmin. Terdapat ratusan skrip dan ribuan PHP Class yang bisa dipasang di hosting. Proses instalasi juga cukup sangat mudah dan sederhana anda cukup melakukan instalisasi seperti biasa.

Panduan Menginstall Laravel di cPanel

Untuk menginstall Laravel di cPanel membutuhkan lima langkah sederhana, yaitu:

  1. Login ke cPanel
  2. Akses Fitur Softaculous Apps Installer
  3. Menjalankan Script instalasi Laravel
  4. Pengaturan Software Setup
  5. Pengecekan

Kelima langkah tersebut akan secara otomatis menginstall Laravel pada hosting dan sesuai dengan domain yang sudah dipilih.

Kebutuhan Yang Perlu Dipersiapkan

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum menginstall Laravel adalah Mengakses ke akun cPanel terlebih dahulu.

Langkah-langkah Install Laravel di cPanel

Berikut ini adalah panduan untuk menginstall Laravel di cPanel :

Langkah 1 – Login cPanel Hosting

Langkah pertama untuk menginstall Laravel di cPanel adalah melakukan akses kedalam cPanel. Anda bisa membuka cPanel dengan cara mengakses URL: https://namadomain/cpanel

Atau anda bisa membuka akun cPanel anda melalui Android.

Langkah 2 – Akses Fitur Softaculous Apps Installer

Pada halaman utama cPanel, klik Softaculous. Untuk lebih mudahnya Anda bisa menggunakan kolom pencarian untuk membuka fitur tersebut.

Langkah Selanjutnya Dapat Dilihat Selengkapnya Di Panduan Upload dan Cara Install Laravel di cPanel Hosting

Tags

About The Author

SSTutorial 20
Pensil

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel