Aktivitas Sederhana Yang Baik Bagi Kesehatan Otak

5 Nov 2018 09:52 1172 Hits 0 Comments
Ternyata kegiatan sederhana bisa mempengaruhi kesehatan otak. Simak ulasan berikut.

Otak adalah pusat dari sistem saraf yang dimiliki oleh makhluk hidup, termasuk manusia. Jadi otak manusia adalh struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan tediri atas 100 juta sel saraf atau neuro. Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu pada tubuh.

Otak itu adalah bagian yang sangat vital, karena ada sejumlah kebiasaan sederhana manusia yang mempengaruhi kesehatan otak. Oleh sebab itu, aktivitas tersebut diimbau untuk terus dilakukan secara rutin. Untuk melakukannya cukup sederhana dan bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun.

Dan berikut adalah aktivitas sederhana yang sangat baik untuk kesehatan otak yang dilansir dari todoist.com yaitu :

 

1. Latihan Fisik

Aktifitas fisik seperti olahraga tenyata tidak hanya baik untuk kebugaran tubuh. Melainkan cukup bauk juga bagi kesehatan otak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University Of Adelaide di Australia, aktivitas fisik dapat meningkatkan kualitas otak kita. Keterampilan motoric dan kemampuan untuk belajar.

2. Tidur

Tidur adalah sebuah kegiatan oenting yang bahkan tidak sepenuhnya dapat dijelaskan oleh sains. Namun tidur adalah suatu hal yang sangat diperlukan oleh otak. Otak kita bekerja untuk mengarsipkan memori hingga membuat koneksi kreatif. Oleh sebabnya, tidak dapat mengistirahatkan otak kita. Karena otak tidak dapat terus menerus bekerja. Dan diharuskan ada waktu yang cukup untuk mengistirahatkan otak.

3. Meditasi

Meditasi tidak hanya membantu kita menemukan keseimbangan emosional dalam hidap, namun baik juga untuk kesehatan otak. Rebecca Gladding M.D. menjelaskan proses itu dalam buku Psychology Today. Sebelum memulai kebiasaan meditasi rutin, orang cenderung memiliki koneksi pefrontal ventromedial. Akibatnya, mereka lebih cenderung menafsirkan sensasi fisik kecemasan atau ketakutan sebagai masalah pribadi. Dan mereka lebih cenderung mengalami pikiran berulang tentang kehidupan mereka buat, hingga apa yang dipikirkan orang tentang mereka. Dan sebaliknya, orang yang bemeditasi secara teratur menunjukkan koneksi yang lebih lemah. Melalui meditasi, kita bisa menjadi lebih baik dalam mengelola rasa cemas, stres dan situasi yang berbahaya.

4. Membaca

Ada sebuah studi yang dilakukan oleh Emory University yang mengungkapkan bahwa tersesat dalam cerita sebuah buku dapat memiliki efek baik bagi kesehatan otak. Daya ingat serta fantasi kita akan sesuatu hal dapat terasah dan itu semua baik untuk kesehatan otak kita.

5. Mendengarkan Musik

Ketika beberapa ingin mencoba benar – benar fokus, mereka akan mencari keheningan secara total. Tetapi, tidak semua orang menempuh cara seperi itu. Ada beberapa orang yang mendengarkan musik. Manfaat mendengarkan musik rupanya bukan hanya mempengaruhi kecerdasan otak, bahkan jenis lagu tersebut memiliki efek menenangkan pikiran agar lebih kondusif untuk berpikir logis.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel