Keutamaan Dan Keistimewaan Hari Jum'at

26 Oct 2018 10:02 1037 Hits 0 Comments
Bagaimana Keutamaan dan Keistimewaan hari Jum'at ? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Bagi kita seorang muslim, hari Jum’at adalah hari yang paling baik bagi umat muslim. Karena hari Jum’at memiliki keutamaan dan keistimewaan yang disebutkan  dalam Al Qur’an. Dan pada hari Jum’at juga kita sebagai seorang laki – laki dalam muslim, maka diwajibkan untuk menunaikan ibadah shalat Jum’at.

Banyak juga amalan yang mungkin saja tidak diketahui oleh kebanyakan oleh umat muslim tentang keutamaan di hari Jum’at. Padahal hari Jum’at itu sendiri merupakan sebaik – baiknya hari, bahkan di negara – negara bagian Timur Tengah ataupun negara tetangga seperti Malaysia, selalu menjadikan hari Jum’at sebagai hari libur, hal itu dilakukan agar masyarakat yang mayoritas beragama Islam dapat menjalankan ibadah dan mendapatkan faedah yang sangat luar biasa dari hari Jum’at.

Berikut ada beberapa keutamaan dan keistimewaan hari Jum’at yang dilansir dari www.seruni.id yaitu :

 

  1. Hari Terbaik

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda : “Hari paling baik dimana pada hari itu matahari terbut yaitu hari Jum’at. Pada hari itu Adam di ciptakan, dimasukkan surga dan di keluarkan darinya. Serta kiamat tidak akan berlangsung terkecuali pada hari Jum’at.

 

  1. Ada Waktu Mustajab Untuk Berdo’a

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda : “Sebenarnya pada hari Jum’at ada saat mustajab apabila seorang hamba muslim melakukan shalat serta memohon suatu hal pada Allah ada saat itu, pasti Allah akan mengabulkannya. Rasulullah memberikan isyarat dengan tangannya melukiskan sekurang – kurangnya waktu itu.

 

  1. Sedekah Pada Hari Jum’at Lebih Utama di Banding Sedekah Pada Hari – Hari Yang Lain

Ibnu Qayyim berkata : “Sedekah pada hari itu dibanding dengan sedekah pada enam hari yang lain laksana sedekah pada bulan Ramadhan di banding beberapa bulan yang lain”. Hadits dari Ka’ab menerangkan : “Serta sedekah ada hari itu lebih mulia dibanding hari – hari selainnya.

 

  1. Hari Ketika Allah SWT Memperliatkan Diri Pada Hambanya Yang Beriman Di Surga

Teman dekat Anas Bin Malik dalam memberi komentar ayat : “Serta Kami memilih peetambahannya “ (QS. 50 ayat 30) menyampaikan : “Allah memperlihatkan diri pada mereka sehari – hari Jum’at”.

 

  1. Hari Besar Yang Berulang Tiap – Tiap Pekan

Keharusan sholat Jum’at adalah sebesar – besar keharusan Islam yang paling diutamakan serta seagung – agungnya berhimpunnya golongan muslimin. Barangsiapa meninggalkannya (menunaikan sholat Jum’at) lantara meremehkannya, pasti Allah akan tutup hatinya seperti di dalam hadits shahih yang diriwayatkan Muslim.

 

  1. Hari Dihapuskannya Dosa – Dosa

Salman Al Farizi berkata : Rasulullah bersabda : “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai sama kekuatan, membereskan rambutnya, memoleskan minyak wangi, lantas pergi ke masjid, serta masuk masjid tanpa ada melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, lalu shalat sesuai sama tuntunan serta diam ketika imam berkhutbah, pasti diampuni dosa – dosanya diantara dua Jum’at”.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel