Pengertian Crack, Patch Dan Keygen

25 Oct 2018 09:57 3491 Hits 1 Comments
Apa itu Crack, Patch dan Keygen ? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Dalam dunia IT ada yang namaanya crack, patch dan juga keygen. Kali ini saya akan menjelaskan pengertian dari Crack, Patch dan Keygen yang dilansir dari www.yudapamb.blogspot.com yaitu :

 

1. Crack

Dalam bahasa inggris crack berarti pecahan / retakan berarti crack merupakan bagian dari suatu software yang sudah dirubah isinya oleh seseorang / kelompok. Kebanyakan, bagian yang dirubah isinya oleh “cracker” adalah file executable suatu software, namun ada juga yang merubahi isi file library. Oleh karena itu, file crack pada umumnya berekstensi (.exe) atau (.dll). Crack fungsinya bukan hanya dapat membuat software menjadi full version saja, namun juga ada crack untuk game yang dapat membuat game yang seharusnya memerlukan CD original game tersebut, menjadi tidak memerlukan CD lagi. Biasanya crack itu disebut “NoCD-Crack atau NoDVD-Crack”. Pembuat crack biasanya bekerja berkelompok, mereka membuat sebuah“Cracker Team” dengan suatu nama. Jika mereka sudah membuat suatu crack, mereka akan memberi tanda dengan memberi file berisi informasi mereka berekstensi .nfo. Jadi Intinya crack mengganti file asli dari sebuah software agar bisa dipakai tanpa registrasi karena suatu software (biasanya software yang berbayar) akan membuat perintah agar kita meregistrasi software tersebut agar bisa digunakan, sedangkan software yang sudah “cracked” maka hal yang seperti itu tidak akan ada lagi.

2. Patch

Dalam bahasa Indonesia patch berarti tambalan. Dalam dunia game patch adalah tambalan / update dari suatu game untuk memperbaiki error / bug pada game, maupun menambahkan fitur baru dalam suatu game. Patch untuk update game ini menggunakan UI (User Interface) agar user dapat dengan mudah mengupdate game favoritnya. Patch akan langsung mengupdate game tersebut secara otomatis. Namun berbeda fungsi antara patch di dunia game dengan dunia pembajakan software, patch pada dunia pembajakan memang juga mempunya UI (User Interface). Namun fungsinya yang berbeda, patch ini menulis data pada bagian software dan registry. Yang biasa ditulisnya adalah file executable software tersebut. Patch dibuat oleh perseorangan / kelompok, sama halnya seperti crack. Kelompok itu punya nama masing – masing. Mereka juga merilis patch yang dibuat mereka pada situs – situs crack yang tertama atau bahkan mereka yang membuat situsya sendiri. Pada umumnya, UI (User Interface) patch unik dan menarik. Dan sama seperti pembuat crack, pembuat patch juga menaruh informasi mereka bersama dengan patch yang mereka rilis, informasi itu juga berbentuk file berekstensi .nfo.

3. Keygen

Keygen itu sama saja seperti patch, keygen juga biasanya terdetect sebagai virus, oleh karena disarankan mematikan antivirus ketika akan melakukan proses keygen - ing. Cara menggunakannya juga cukup mudah, keygen akan memunculkan tampilannya lalu biasanya pada tampilannya tersebut kita hanya langsung pilih Generate. Dan perlu diingat juga setiap software akan berbeda – beda keygennya.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 30
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel