Macam - Macam Fobia Yang Aneh Dan Unik

9 Oct 2018 11:25 1400 Hits 0 Comments
Rasa takut pasti dimiliki oleh setiap orang. Namun apabila rasa takut itu berlebihan maka dinamakan fobia. Berikut macam - macam fobia yang aneh dan unik

Mungkin setiap orang memiliki rasa takut terhadap sesuatu, hal tersebut wajar – wajar saja apabila tidak berlebihan. Namun ada juga sebagian orang yang menanggapi rasa takut tersebut dengan tidak wajar, hal tersebut dinamakan fobia. Fobia atau bisa disebut juga gangguan anxietas fobik adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Pada keadaan normalnya setiap orang dapat mengendalikan rasa takut mereka, tetapi bila seseorang tersebut terpapar terus menerus dengan fobia, hal itu berpotensi menyebabkan terjadinya fiksasi. Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidakmampuan orang yang mengidapnya tersebut untuk mengendalikan rasa takutnya.

Fobia setiap orang itu berbeda – beda, bahkan fobianya tersebut aneh – aneh dan juga unik. Berikut macam – macam fobia yang aneh dan unik dilansir dari www.idtimes.com, yaitu :

1. Ombrophobia

Untuk orang yang normal, hujan itu menyenangkan karena bisa membuat udara sekitar sejuk. Namun bagi para penderita fobia ini, hujan itu adalah sesuatu yang mengerikan dan ketika sedang turun hujan mereka pengidapnya akan menjerit ketakutan saat terkena teesan air hujan ataupun hanya melihatnya.

2. Ergophobia

Orang yang mengidap fobia ini akan merasa ketakutan kepada pekerjaan, seperti merasa takut ketika harus bekerja sama dalam kelompok, memimpin kelompok atau berbicara didepan umum.

3. Xanthophobia

Fobia ini cukup unik, karena orang mengidapnya tersebut memiliki rasa takut yang berlebihan kepada warna kuning, bahkan berteriak – teriak ketika mendengar warna kuning.

4. Venustraphobia

Bagi kalian seorang laki – laki pasti sangat menyukai wanita cantik, tetapi bagi sebagian orang pengidap fobia ini mereka akan merasa takut kepada perempuan cantik.

5. Catoptrophobia

Para penderita fobia ini akan meresa takut terhadap cermin dan mereka sebisa mungkin akan menghindari cermin. Ketakutan yang dialaminya biasanya akan dihubungkan dengan kepercayaan tertentu. Ia merasa takut ketika bercermin karena merasa nasib buruk bisa menimpanya, bahkan ia merasakan ketakutan kalua ia terhisap dan terkurung kedalam cermin.

6. Domatophobia

Fobia ini bisa dibilang aneh, karena penderitanya mengisolasikan diri dari lingkungan sekitar, tapi ia merasa takut juga jika harus tinggal didalam rumah. Ia harus tinggal didalam gua atau di kendang alami.

7. Hylophobia

Kebanyakan para penderitanya ini merasa sangat ketakutan dengan pohon atau semua benda – benda yang terbuat dari kayu.

8. Triskaidekaphobia

Ketakutan ini terbilang berbau takhayul, karena para penderitanya memiliki rasa takut dan sangat gelisah terhadap angkat 13

9. Geliophobia

Bagi sebagian orang, tertawa adalah hal yang menyenangkan karena bisa menghilangkan beban emosi bahkan bisa menjadi suatu terapi.Namun hal tersebut tidak menyenangkan bagi penderita fobia ini, karena mereka penderitanya akan takut dan menimbulkan rasa cemas berlebihan terhadap gelak tawa orang disekitarnya.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel