Perbedaan CodeIgniter versi 3 Dan 2

5 Oct 2018 13:44 3787 Hits 0 Comments
Apa saja perbedaan CodeIgniter versi 3 dan 2 ? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya

Untuk saat ini CodeIgniter sudah mencapai versi 3 yaitu versi 3.1.9 untuk yang paling terbaru. Untuk lebih jelasnya, dilansir dari www.codepolitan.com, pada bulan Juli 2013 lalu, EllisLab mengumumkan bahwa mereka mencari pemilik baru untuk CodeIgniter karena internal mereka sendiri tidak memiliki cukup fokus untuk terus mengembangkan CodeIgniter. Akhirnya pada bulan Oktober 2014, kepemilikan CodeIgniter berpindah tangan kepada British Columbia Institute of Technology (BCIT), yaitu salah satu sekolah tinggi teknologi di Kanada.

Setelah hampir lima bulan lamanya sejak peralihan kepemilikan, BCIT akhirnya merilis CodeIgniter 3.0. Pengumuman akan rilis baru ini disampaikan melalui forum.codeigniter.com. Perbedaan Codeigniter versi 2 dengan versi 3 terbilang cukup banyak. Namun yang paling terasa ialah dibagian penamaan model dan controller. Pada versi 2 tidak diberikan ketentuan penulisannya, namun di versi 3, penulisan ditentukan berupa penggunaan huruf kapital pada bagian controller dan model. Untuk perbedaan lainnya telah admin list pada penjelasan berikut ini Apa saja yang baru dirilis 3.0 dan mengapa kita harus beralih ke versi 3.0 dibanding versi 2? Berikut ini beberapa perubahannya :

1. Jika dibandingkan CodeIgniter versi 2 itu dikembangkan oleh Ellislab open source license,  sedangkan untuk CodeIgniter versi 3 dikembangkan dibawah lisensi MIT.

2 Adanya perubahan database driver nya dan juga telah dikembangkan serta diperluas, pada CodeIgniter (CI) versi yang lama, EllisLab menggunakan MySQL sebagai database drivernya, namun pada versi terbarunya yaitu CodeIgniter versi 3 yang dirilis oleh MIT, penggunaan database driver sudah bisa diarahkan ke MySQLi yang diklaim lebih lengkap dan terbilang cukup efektif.

3. PDO CodeIgniter kini telah berfungsi secara penuh dengan subdriver.

4. Ada pustaka Session yang baru.

5. Ada pustaka Encryption yang baru.

6. Unit testing dan cakupan kode – kodenya saat ini telah diperluas dan ditingkatkan lagi daripada versi sebelumnya.

7. Adanya perubahan versi minimum PHP nya, disarankan menggunakan PHP 5.4 atau yang lebih baru namun masih tetap jalan jika menggunakan PHP 5.2.4. tidak seperti CodeIgniter versi 2 yang menerapkan spesifikasi minimum PHP versi 5.1.6, CodeIgniter versi 3 mengharuskan para programmer ntuk menerapkan minimal PHP versi 5.3.7.

8. Adanya penambahan User Agent, pada CodeIgniter versi 2, yang pertama dirilis pada tahun 2006, yang dimana OS saat itu belum sebanyak pada saat ini. Lalu pada versi 3, User Agent pada CodeIgniter sudah ditambahkan. Diantaranya beberapa User Agent yang telah ditambahkan pada CodeIgniter versi 3 ini, adalah sebagai berikut : iOS, Blackberry OS, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10.

Cukup sekian dari pengenalan CodeIgniter versi 3, dan perbedaanya dengan CodeIgniter versi 2.

 

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel