Macam - Macam Dan Kelebihan Konsep OOP

3 Oct 2018 13:43 5621 Hits 0 Comments
Apa saja jenis - jenis dan kelebihan dari konseop OOP ? Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Konsep OOP (Object Oriented Programming) tidak hanya ada satu, melainkan ada beberapa jenis, yang dilansir dari www.idcloudhost.com yaitu :

Macam – macam OOP : 

  1. Abstrak Class :
    1. Kelas merupakan deskripsi abstrak dan tingkah laku dari sekumpulan data.
    2. Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru (blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan suatu objek.
    3. Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam suatu unit yang tunggal.
    4. Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau fungsi (method), dan sifat kelas (property).
  2. Encapsulation :
    1. Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi data antara dan fungsionalitas dalam sebuah unit tunggal sebagai bentuk untuk menyembunyikan detail informasi.
    2. Proses enkapsulasi bisa memudahkan kita untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena kita tidak perlu lagi untuk mengetahui segala hal – hal secara rinci.
    3. Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.
    4. Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut, tanpa kita perlu tahu komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut.
  3. Inheritance :
    1. Kita dapat mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.
    2. Penurunan sifat ini bisa dilakukan secara bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas tersebut menjadi semakin spesifik.
    3. Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya. Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kodekode itu.
  4. Polymorphism :
    1. Polimorfisme merupakan kemampuan objekobjek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.
    2. Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan.
    3. Method overriding.
    4. Method name overloading.

 

Kelebihan OOP pada PHP

- Syntax lebih terstruktur

- Terekomendasi

- Sangat efektif dan efisien jika digunakan untuk membuat aplikasi yang berskala besar

- Lebih mudah dan menghemat waktu pengerjaan proyek, karena fungsi – fungsi bisa dipanggil     berulang – ulang kali dan sesuai keperluannya

- Aplikasi yang pembuatannya menggunakan konsep OOP akan lebih mudah untuk       dikembangkan, karena penempatannya sudah terstruktur sehingga tidak berantakan yang     penyebabkan pusing

Salah satu Framework PHP yang paling banyak menggunakan konsep OOP yaitu Framework CodeIgniter. Agar kita bisa menguasai seluruh materi tentang CodeIgniter, maka yang paling utama kita harus paham dan mengerti konsep OOP.

 

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel