Pentingnya Konsep OOP Dalam Pemrograman Web

2 Oct 2018 21:15 2679 Hits 0 Comments
Ternyata OOP sangat penting dalam pengunaan Framework, simak penjelasan berikut mengenai OOP.

Agar bisa kita bisa lebih memahami dan mengerti dari apa yang dipelajari dalam Framework CI (CodeIgniter), kita perlu memperlajari dasar – dasar penerapan OOP (Object Oriented Programming) atau bisa disebut juga Pemrograman Berbasis Objek, karena pada Framework CI ini dalam penggunaanya memang berbasis OOP.

Dari pengertian OOP itu sendiri adalah pradigma pemrograman berdasarkan konsep "objek", yang dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga sebagai atribut; serta kode, dalam bentuk fungsi/prosedur atau dikenal juga sebagai method. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas - kelas atau objek - objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,

Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam Teknik peranti lunak  skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

 

Fungsi OOP atau Pemrograman Berbasis Objek dalam PHP

PHP bukan bahasa pemrograman yang murni berbasis objek seperti halnya pada Java. Dan bahkan, konsep Pemrograman Berbasis Objek dalam PHP ini baru hadir dalam PHP versi 4 saja, lalu disempurnakan oleh versi – versi diatasnya yaitu PHP versi 5. Dengan kata lain, konsep OOP dalam PHP merupakan sebuah fitur tambahan. Kalian  bisa membuat situs web dengan PHP tanpa menggunakan objek sama sekali jika menerapkan konsep OOP didalamnya.

Dalam studi pemrograman, pembuatan program dalam PHP tanpa menggunakan sebuah objek  disebut juga dengan pemrograman prosedural atau bisa disebut pemrograman fungsional. Dikenal dengan sebutan pemrograman prosedural , karena kita memecah kode program menjadi beberapa bagian-bagian atau fungsi-fungsi kecil, lalu kemudian menyatukannya untuk menghasilkan nilai akhir.

Dengan membuat program secara prosedural, aplikasi akan bisa dibuat dengan cepat dan mudah dipelajari jika dibandingkan dengan pemrograman berbasis objek, tetapi bagi sebagian kalian yang pernah mencoba untuk mempelajari bahasa pemrograman Java, tentulah telah melewati hal ini. Keuntungan menerapkan konsep pemrograman berbasis objek baru akan terasa ketika program tersebut telah dikembangkan menjadi besar atau kita bekerja dengan tim untuk membagi tugas. Konsep objek untuk memisahkan program menjadi bagian-bagian yang berdiri sendiri akan memudahkan dalam membuat program.

Bagi kalian adalah seorang programmer web, maka konsep OOP adalah salah satu hal yang wajib digunakan. Pembuatan website modern saat ini akan lebih mudah jika menggunakan template kode program yang dikenal dengan Framework, salah satunya CI. Daripada kita membuat situs mulai dari awal, menggunakan Framework akan mempercepat proses kerja. Dan, Framework PHP hampir semuanya dibuat menggunakan OOP.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel