Apa Itu Android?

29 Sep 2018 18:40 1113 Hits 0 Comments
Sebenarnya sih apa itu Android?

Dari waktu ke waktu, teknologi yang digunakan pada smartphone semakin pesat. Tidak hanya dari segi perangkat kerasnya saja, namun juga dari segi software nya juga mengalami kemajuan yang sangat pesat dari versi-versi sebelumnya. Salah satu yang mendapat perkembangan tersebut yaitu Android sebagai sistem operasinya.

Dari tahun ke tahun, Android mulai menunjukkan berbagai hal yang baru pada sistem operasi mereka. Selain fitur, namun kecanggihan sistem menjadi penyebab mengapa Android bisa mencapai kesusksesan hingga sebesar sekarang. Mungkin orang banyak hanya mengenal Android sebagai salah satu perangkat yang mereka gunakan. Namun, sebenarnya apa sih Android tersebut?Mengapa Android bisa melaju hingga sepesat sekarang?Berikut pembahasannya.

Android merupakan sistem operasi yang berjalan pada mayoritas smartphone modern saat ini. Sejak 2005, Android ini telah diakuisisi oleh Google. Meskipun begitu, Android ini bukanlah produk buatan Google sendiri seperti halnya tools Google lainnya seperti Google Chrome, Google Drive dan tools lainnya. Linux adalah program dasar dari pembuatan Android ini, sehingga semua orang pun bisa menjadi seorang pengembang Android.

Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal kalau IoS adalah Android. Justru hal itu merupakan salah besar. Mengapa?Android merupakan sistem operasi yang diakuisisi oleh Google, sehingga ketika kita akan menginstal sebuah aplikasi, kita bisa menggunakan Google Play Store untuk menginstalnya. Sementara itu, Ios merupakan sistem operasi yang dirancang oleh Apple untuk menyaingin eksistensi Android. Namun, karena Ios sendiri hanya digunakan pada smartphone khusus Apple, maka aplikasi untuk menginstal pun menggunakan Apple Store.

Sejak awal perilisannya, Android sudah mengeluarkan setidaknya 16 jenis sistem operasi dari ApplePie hingga Pie. Namun, secara keseluruhan sudah terdapat 28 versi API pada Android. Hal ini membuktikan kalau Android sangat gencar sekali dalam merancang sistem operasi mereka agar mudah digunakan oleh banyak orang.

Lalu, apa yang jadi penyebab Android mampu menjadi sistem operasi paling banyak digunakan oleh banyak orang?Berikut jawabannya.

  • Mudah Digunakan

Tampilan Android yang terkesan menarik menjadi titik utama mengapa Android lebih banyak digunakan oleh banyak orang. Selain itu, bagi pengguna yang baru mempelajari cara menggunakan Android, kalian tidak akan perlu waktu yang lama untuk mempelajari nya karena sistem yang dirancang sudah didesain sesederhana mungkin.

  • Mudah Dikembangkan

Android memberikan kemudahan bagi para pengguna-penggunanya untuk mengembangkan sistem operasi mereka. Jangan salah, meski ini terkesan terlalu ekstrim karena melibatkan sistem Android didalamnya, namun ini juga mampu membuat kalian bisa menggunakan custom ROM buatan kalian sendiri dari hasil pengembangan tersebut.

  • Harganya Lebih Murah

Seperti yang kita sudah ketahui, bahwa Apple sendiri lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang memiliki penghasilan yang tidak biasa. Karena itulah, Apple jarang sekali ditemui di kalangan orang. Sama seperti pada Android, IoS ciptaan Apple juga termasuk kedalam hal ini. Harga dari smartphone Apple yang sangat mahal membuat banyak orang lebih mengalihkan perhatian mereka pada Android yang harganya lebih murah.

Itulah pembahasan saya mengenai Android. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Tags

About The Author

Aldi Saepurahman-4 39
Ordinary

Aldi Saepurahman-4

My Coding My Adventure
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel