Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

28 Sep 2018 21:37 2039 Hits 0 Comments
Jika anda merasa kurang percaya diri, simak tips berikut untuk meningkatkan rasa percaya diri kalian

Percaya diri adalah suatu kemampuan seseorang untuk dapat memahami dan meyakini seluruh potensi dirinya agar dapat dipergunakan dalam menghadapi penyesuaian diri dengan lingkungan hidupnya. Kita sebagai manusia memang seharusnya bersikap percaya diri, sebab percaya diri itu sendiri menjadi salah satu kunci kesuksesan. Tapi diluar sana masih ada orang yang tidak percaya diri baik itu dalam skill / kemampuannya, penampilannya maupun lainnya. Perlu diingat juga memiliki perilaku yang tidak percaya diri juga bisa menghambat kita untuk berkembang dan maju, karena hasrat dan keinginan kita untuk berkembang dan maju itu tertutupi oleh perilaku tidak percaya diri kita.

Oleh karena itu perlu kita hilangkan rasa tidak percaya diri itu, disini pun saya memiliki beberapa tips untuk meningkatkan rasa tidak percaya diri yang dilansir dari dosenpsikologi.com, yaitu:

1. Belajar berfikir positif

Berlatih menjadi orang yang selalu berfikir positif, memang sulit. Namun menjadi orang dengan pikiran negatif justru tidak mendatangkan manfaat apapun. Pikiran negatif juga memerlukan ekstra energi yang mampu menguras mood kita. Orang dengan pikiran negatif hidupnya cenderung tidak nyaman dan selalu memiliki kekhawatiran. Sedangkan orang dengan pikiran positif dapat hidup dengan tenang dan damai, karena baginya semua hal atau kejadian pasti ada tujuan baiiknya dan manfaat baik. Dengan memiliki pikiran yang positif, kita pasti bisa menjadi lebih tenang dalam mempersiapkan hari- hari yang akan datang, selain itu juga menjadi lebih siap terhadap apapun yang akan terjadi.

2. Memperhatikan lagi penampilan

Penampilan juga merupakan komponen esensial dalam meningkatkan kepercayaan diri. Penampilan yang baik, rapi akan memberikan efek percaya diri yang lebih tinggi. Ketahuilah kapan dan kostum seperti apa yang perlu kita pakai dalam acara tertentu. Gunakan baju yang rapi dan bagus ketika berada di acara resmi. Sesuaikan perpaduan warna antara elemen elemen berpakaian. Gunakan baju atau riasan yang tidak berlebihan dan cocok atau sesuai dengan acara. Jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan, maka cari tahu dan pelajari tentang bagaimana berpenampilan yang menarik.

3. Mengembangkan bakat yang dimiliki

Coba fokuskan diri pada hobi yang disukai. Misalnya dari hobi seperti bersepeda, menanam bunga, berjualan dan sebagainya, coba tekuni. Lakukan hobi tersebut setiap hari dan berkumpullah dengan orang- orang dengan hobi yang sama. Belajarlah dari orang lain. Kita akan mendapatkan beberapa kesulitan yang mungkin terasa berat, namun jangan menyerah. Lakukan dengan hati senang dan berusahalah secara optimal. Pada intinya, perhatikan apa yang menjadi daya tarik kita dan lakukan secara rutin. Ketika kita memiliki banyak informasi dan pengalaman, disitulah rasa percaya diri akan perlahan muncul dan menjadi lebih kuat.

4. Jangan membanding – bandingkan antara yang dimiliki dengan milik orang lain

Masing masing orang tumbuh dengan caranya sendiri –sendiri dan tentu tidak sama. Maka janganlah membanding bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Belum tentu orang lain itu lebih hebat dari pada kita. Diibaratkan rumput tetangga memang selalu tampak lebih hijau, namun bangunlah rasa percaya diri bahwa kelak kita bisa berkembang lebih dari orang lain dengan cara sendiri. Pengalaman hidup yang berbeda pada masing- masing orang akan membentuk karakter yang berbeda pula. Akan lebih baik jika kita membandingkan diri dengan diri sendiri di masa lalu.

 

 

 

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel