Hukum-hukum anak kost yang wajib banget diketahui!!

4 Sep 2018 10:53 607 Hits 0 Comments
Setiap tempat yang kalian tinggali pasti memiliki hukumnya sendiri. baik tertulis maupun tidak tertulis. Begitupun di tempat kost, tempat tinggal sementara bari para mahasiswa perantau yang sedang mencari ilmu ataupun karyawan yang ditempatkan jauh dari tempat tinggalnya

Setiap tempat yang kalian tinggali pasti memiliki hukumnya sendiri. baik tertulis maupun tidak tertulis. Begitupun di tempat kost, tempat tinggal sementara bari para mahasiswa perantau yang sedang mencari ilmu ataupun karyawan yang ditempatkan jauh dari tempat tinggalnya. Untuk kalian yang berniat akan tinggal di kost, simak ulasan berikut ini agar kalian tidak kaget ketika sudah tinggal di kosan yaa. 

Berikut beberapa hukumnya

1.Barang yang berada di luar kamar adalah barang bersama

Hasil gambar untuk sendal

Sebagai anak ost, kalian pasti mempunyai barang yang disimpan diluar kamar kost, baik itu sendal, sepatu, peralatan mandi, atau bahkan alat kebersihan. Anak kost memang identik dengan pinjam meminjam barang.Jadi jangan heran ketika kalian tinggal dikost,  barang-barang yang kalian taruh diluar kamar akan cepat habis atau tiba-tiba menghikang ketika kalian hendak memakainya.

2. Pinjam meminjam barang adalah hal biasa

Hasil gambar untuk setrika

Sudah menjadi hal biasa bagi anak kost saling pinjam meminjam barang. Baik itu hanya sekedar minyak wangi, pasta gigi,sabun mandi, atau barang-barang elektronik seperti setrikaan.Hidup jauh dari orang tua menuntut mereka untuk hidup hemat, dan salah satunya adalah dengan meminjam barang daripada harus membelinya. Jadi, kamu nanti jangan kaget jika pasta gigimu tiba-tiba habis, minyak wangimu yang berkurang dengan cepat, atau setrikaan yang dipinjam ketika akan digunakan.

3. Tidur selalu larut malam

Gambar terkait

Biasanya, anak-anak kost memiliki agenda-agenda rutin tak tertulis setiap harinya, disela-sela waktu senggang mereka kuliah yaitu pada waktu malam hari mereka biasanya menghabiskannya dengan cara bergadang, entah nongkrong sambil ngopi, maen pes, lembur ngerjain tugas, ada yang dengan sengaja menyetel musik dengan volume yang cukup keras sampai malam, atau bahkan menonton film movie atau drama. Hal-hal tersebut membuat kamu merasa kesulitan untuk tidur dan memaksamu untuk ikut bergadang.

4. Anak baru biasanya dikenai biaya ekstra oleh seniornya

Hasil gambar untuk uang anak kost

Tak hanya dalam hal pendidikan, di dunia kost juga mengenal antara senior dan junior. Ini adalah kebiasaan yang sering terjadi di lingkungan anak kost di mana jika kamu baru bergabung ataupun tinggal di kost tertentu, para senior-senior kost di tempat kamu akan manarik iuran-iuran seperti listrik, uang kebersihan, keamanan dan lain sebagainya kepada kamu. Sebagai anak baru kamu pasti tidak bisa mengelak karena merasa sungkan jika menolaknya.

5. Berbagi adalah sebuah keharusan

berbagi

Biasanya rasa solidaritas di kalangan anak-anak kost sangat tinggi, mereka biasanya akan saling memenuhi kebutuhan keseharian satu sama lain dengan saling berbagi. Jadi supaya kamu tidak dicap pelit dan individualis dikalangan anak-anak kost lainnya, kamu harus siap untuk berbagi.

6. Uang receh menjadi harta karun anak kost

Gambar terkait

Uang saku dari orang tua biasanya diberikan sebulan sekali, mungin kamu masih merasa tenang dan aman di minggu-minggu pertama sampai pertengahan bulan. Namun, ketika menginjak tanggal tua kamu akan mengalami krisis moneter yang menyakitkan. Sehingga uang-uang koin yang semula kurang kamu pedulikan bisa berubah menjadi harta berharga untuk menyambung hidup.

7. Mie instan menjadi makanan favorit

Hasil gambar untuk mie instan anak kosSebagai anak kost kamu dituntut untuk hidup hemat. Nah, mie instan ini adalah makanan yang paling sering dimakan anak-anak kost, selain harganya yang murah, cara masaknya yang simpel, juga bisa memberikan rasa kenyang yang lumayan untuk sekedar mengganjal perut.

8. Penemu alat-alat canggih

Hasil gambar untuk ilmuwan

Anak-anak kost memang terkenal dengan kreatifitasnya yang tinggi,seringkali mereka melakukan penemuan-penemuan yang unik. Mereka bisa mengubah suatu alat menjadi multifungsi, seperti setrika untuk memanggang roti, botol air mineral bekas dijadikan tempat celengan, serta rice cooker yang tidak hanya bisa digunakan untuk memasak nasi, tapi juga bisa digunakan untuk memasak mie, menggoreng ikan dan lain-lain.

9. Kesepian di waktu libur

Gambar terkait

Jika kamu anak rantau luar pulau yang jika pulang kampung setahun sekali pas lebaran saja, maka diakhir-akhir pekan dan liburan kamu pasti akan mengalami kesepian yang mendalam. Karena teman-teman kost kamu yang rumahnya tidak terlalu jauh akan pulang kekampung halamannya masing-masing.

10. Rebutan Kamar Mandi

Gambar terkait

Hal yang satu ini pasti pernah dialami oleh anak kos manapun (kecuali yang memiliki kamar mandi dalam). Jika sedang ada kelas pagi, telat bangun sedikit saja, kamu pasti akan dibuat kesal saat menanti anak kos yang lain selesai mandi.   11. Sakit sendirian Hasil gambar untuk sakit Ini dia momen 'mengerikan' yang paling dihindari oleh anak kos: sakit sendirian! Ya, karena hidup seorang diri, tak akan ada mama yang siap sedia mengurusi kamu kala jatuh sakit. Saat demam sekalipun, kamu harus tetap mengurus diri sendiri. Cari makan juga sendiri. Sakit saat jauh dari rumah dan orang tua memang merupakan kombinasi paling menyedihkan. Karena setelah jadi anak kos, kamulah yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap diri sendiri. Tapi jangan keburu panik dan khawatir dulu, karena disinilah sahabat sejati berperan. Tetangga kos atau sahabat baik biasanya akan datang untuk membantu dan merawat kamu, kok.   12. Kangen rumah dan keluarga Gambar terkait Biasa juga dikenal dengan istilah kangen mama, kangen papa, kangen rumah, dan homesick. Hal yang satu ini pasti pernah dirasakan oleh setiap anak kos yang merantau ke kota lain. Terlebih bagi maba alias mahasiswa baru. Sebulan pertama biasanya merupakan masa-masa paling 'sengsara'. Karena kamu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang drastis. Belum lagi jika kamu merupakan anak rantau yang berjuang sendiri. Diam-diam menangis di malam hari karena homesick di minggu pertama jadi anak kos sudah pasti jadi pernah kamu alami. Namun seiring berjalannya waktu, things will get better. Menelepon orang tua setiap hari atau melakukan video call bisa jadi pengobat rindu yang ampuh.   itulah beberapa hukum-hukum anak kost yang wajib kalian ketahui sebelum menjadi anak kost agar tidak kaget.  
Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 25
Novice

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel