Menulis itu Sulit Atau Mudah Sih?

28 Aug 2018 17:08 1496 Hits 0 Comments
Menulis itu bisa dibilang sulit atau mudah kembali pada niat seseorang mau belajar menulis
Setiap orang bisa menulis yang Ia inginkan ,tetapi sekedar menulis siapapun bisa .Menulis memang mengasyikkan bagi yang sudah biasa dan hobby menulis ,namun yang tidak biasa menulis dan tidak suka hobby menulis terasa sulit memulai menulis .
 
Ada sebagian orang merasa kesulitan dalam menulis dengan beragam alasan tidak punya waktu,tiada punya ide.Semua orang ingin segala perasaan,pikiran,ide terungkap dalam bentuk tulisan agar semua ide bisa direalisasikan.
 
Ide atau gagasan pemikiran suatu saat sebagai pengingat atau catatan dan pembelajaran bagi diri sendiri dan orang lain.Terkadang seseorang merasa enggan menulis dengan beragam alasan mulai tulisannya jelek,merasa malu tulisannya dibaca orang lain,merasa tidak memiliki bakat,tidak memiliki gaya bahasa ,tidak memiliki ide membuat menjadi hambatan seseorang dalam menulis
 
Menulis itu mudah asal ada kemauan keras untuk terus belajar menulis .Menulis itu tidak mudah bagi orang yang mempunyai kemauan,tetapi tidak pernah melakukannya membuat sulit memulai menulis.
 
Sulit memulai menulis bisa jadi akibat tiada usaha,kerja keras untuk belajar menulis ,tetapi menulis itu mudah bila ada kemauan ,tekad yang kuat pada diri sendiri untuk mau belajar terus belajar mengolah kata menjadi paragraf,kalimat yang indah penuh makna .
 
Menulis apa saja yang ada dipikiran atau mengungkapkan perasaan yang ada dihati .Tak perlu takut akan kesalahan yang ada pada tulisan ,tetapi menulis itu terasa sulit Menulis adalah menciptakan catatan atau informasi dalam bentuk tulisan yang bermanfaat ,tetapi terkadang aktivitas menulis itu terasa sulit membuat ada sebagian orang yang malas,enggan untuk menulis .
 
Menulis terasa berat bila dilakukan terpaksa tidak sesuai hati nurani membuat kegiatan menulis menjadi beban .Beban memulai menulis memang wajar apalagi bagi sebagian orang yang asing atau tidak biasa didunia jurnalistik membuat menulis jadi sulit.Ada sebagian oramg berpendapat menulis itu tidak sulit atau bukan hal yang sulit Ada sebagian orang merasa kesulitan untuk dengan berbagai alasan tidak punya bakat menulis?.
 
Tidak punya waktu untuk menulis membuat sebagian orang beranggapan menulis itu sulit.Kegiatan menulis itu tidak sulit dan mengasyikkan bagi yang memiliki kebiasaan sering menulis,tetapi menulis itu sulit bagi orang yang asing dengan hobi menulis .
 
Apakah menulis itu hal yang sulit?Tidak selalu seperti itu .Menulis itu tidak sulit bagi yang sudah paham kaidah- kaidah aturan menulis dan bagi yang belum paham menulis kegiatan yang membosankan buat jadi beban .Tidak semua memang berasumsi demikian ,tetapi terkadang ada sebagian orang yang malas berfikir wajar saja aktifitas menulis menjadi sesuatu yang unik dan berbeda.
 
Tidak semua orang berbakat menulis,tetapi menulis itu bakat yang dipelajari dalam arti bakat menulis bisa saja muncul setelah belajar terus menulis berbagai hal membuat kebiasaan menulis jadi terlatih.
 
Menulis itu sulit kalau tidak pernah memulai menulis ,tidak memiliki kemauan yang kuat untuk menulis membuat menulis akan terasa sulit.Memulai menulis saja sudah merasa takut bagaimana bisa menjadi penulis .Menulis tidak akan merasa sulit kalau ada keberanian memulai menulis dan bagaimana bisa menulis kalau tiada kemauan atau tidak mau mulai menulis?.
 
Ada sebagian orang takut menulis khawatir hasil tulisannya jelek ditertawakan orang,takut salah tulisan .Menulis itu tidak sulit asal ada kemauan kuat untuk memulai kegiatan menulis dan belum mulai sudah takut salah kapan bisa menulis? .Menulis sajalah dulu sesuai kemampuan dimiliki dan salah atau benar suatu tulisan itu relatif dilihat dari sudut mana menilai sebuah tulisan .
 
Suatu tulisan bisa dikatakan benar dilihat makna kata yang mampu menyentuh hati atau tidak atau makna kata yang ada dalam artikel dimengerti,dipahami ,banyak mengandung informasi bermanfaat atau sekedar tulisan saja.
 
Menulis itu tidak sulit bila memahami apa yang akan ditulis .Bagaimana bisa menulis masalah yang akan ditulis dipaham ?Menulis itu terasa mudah bila menulis dengan rasa gembira,tenang membuat mood untuk memulai menulis terasa menyenangkan,Bagaimana bisa menulis suasana hati gelisah ,resah membuat tidak mood untuk menulis dan terasa berat untuk menulis .
 
Menulis adalah cara sederhana memberi informasi kepada orang lain dan saling berkomunikasi sesama manusi dalam bentuk tulisan.Menulis itu tidak sulit bila ada kemauan kuat untuk memulainya dan sulit bagi sebagian orang yang tidak mau memulainya dari sekarang. Dari sebuah kesalahan akan membuat suatu tulisan yang tadinya biasa saja akan menjadi berbeda dan tak biasa.
Tags

About The Author

Suryatiningsih 45
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel