Pengertian Single Sign On, Kelebihan dan Kekurangannya?

24 Aug 2018 22:07 10299 Hits 0 Comments

Teknologi Single Sign On atau sering di singkat SSO merupakan teknologi login terpusat dimana sistem - sistem yang berbeda dalam satu perusahaan besar dapat terintegrasi dengan satu user Account yang valid. 

Teknologi Single Sign On atau sering di singkat SSO merupakan teknologi login terpusat dimana sistem - sistem yang berbeda dalam satu perusahaan besar dapat terintegrasi dengan satu user Account yang valid. 

Sebagai contoh, perusahaan besar seperti google, dimana kita bisa mengkases berbagai produk google dengan sistem yang berbeda beda hanya dengan satu akun google yang valid, secara garis besar single sign on memudahkan dari sisi user untuk bisa mengakases berbagai produk dari google dengan satu akun, sehingga user hanya perlu mengingat satu akun saja untuk dapat mengakses semua produk - produk dari google misal  blogger, google drive, google+, google mail, google playstore, dan masih banyak lagi produk google yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. 

Pada umumnya SSO memiliki beberapa keuntungan, antara lain :

1. Pengguna tidak perlu mengingat banyak username dan password. Cukup dengan satu credential, sehingga pengguna cukup melakukan proses otentikasi sekali saja untuk mendapatkan izin akses terhadap semua layanan aplikasi yang tersedia di dalam jaringan.

2. Kemudahan pemrosesan data. Jika setiap layanan aplikasi memiliki data pengguna masing-masing, maka pemrosesan data pengguna (penambahan, pengurangan, perubahan) harus dilakukan pada setiap aplikasi yang ada. Sedangkan dengan menggunakan sistem SSO, cukup hanya melakukan sekali pemrosesan pada server database backend-nya. Hal ini menyatakan bahwa penggunaan sistem SSO meningkatkan efisiensi waktu dan kepraktisan dalam memproses data.

3. Tidak perlu membuat data pengguna yang sama di setiap aplikasi Karena setiap layanan aplikasi dalam jaringan dapat terhubung langsung dengan server database backend ini, maka hanya dengan sekali saja meng- input data kedalam database, credential pengguna akan valid di seluruh layanan aplikasi.

4. Menghemat biaya untuk pemeliharaan password. Ketika harus melakukan reset password karena pengguna lupa pada password-nya, pengelola layanan tidak perlu menghabiskan waktu dan bandwith untuk menemukan data credential pengguna.

Selain mendatangkan keuntungan, sistem SSO juga dapat mendatangkan kerugian, antara lain:

1. Pentingnya kesadaran pengguna untuk merahasiakan data credential dan menjaga keadaan login-nya. Bila masih dalam keadaan login, pengguna yang tidak sah dapat memakai mesin yang ditinggalkan pengguna sahnya.

2. Kerumitan mengimplementasikan sistem SSO kedalam sebuah jaringan yang heterogen dan multiplatform, sehingga banyak pengelola layanan jaringan kurang begitu giat dalam mengimplementasikannya.

3. Kelemahan dalam hal keamanan. Jika password sistem pengelola layanan jaringan diketahui oleh orang yang tidak berhak, maka orang tersebut dapat melakukan perubahan terhadap semua data yang ada didalam sistem.

4. Titik Kegagalan Tunggal (Single point failure). Karena setiap layanan aplikasi bergantung kepada sistem Single Sign-On, sistem ini dapat menjadi suatu titik kegagalan bila tidak dirancang dengan baik. Kondisi apapun yang dapat menyebabkan sistem SSO padam, mengakibatkan pengguna tidak dapat mengakses seluruh layanan aplikasi yang dilindungi oleh sistem SSO tersebut.

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel