10 Makanan Terenak di Dunia, Bisa Kamu Coba di Jakarta!

22 Mar 2019 09:41 9616 Hits 1 Comments

Sesuai tradisi tahunannya, CNN merilis daftar 50 makanan terenak di dunia versi mereka. Nah, dari 50 jenis makanan tersebut, ada beberapa yang bisa kamu coba di Jakarta lho. Nggak perlu jauh-jauh ke luar kota atau luar negeri deh demi cobain makanan terenak di dunia. Penasaran? Yuk cek daftarnya. 

Apa aja sih makanan terenak di dunia? Memang ada makanan terenak di dunia yang bisa dicoba di Jakarta?

Sesuai tradisi tahunannya, CNN merilis daftar 50 makanan terenak di dunia versi mereka. Nah, dari 50 jenis makanan tersebut, ada beberapa yang bisa kamu coba di Jakarta lho. Nggak perlu jauh-jauh ke luar kota atau luar negeri deh demi cobain makanan terenak di dunia. Penasaran? Yuk cek daftarnya.

1. Paella (Spanyol)

makanan terenak di dunia - paella

Untuk kamu yang suka seafood, daging, sayur, dan nasi berbumbu, paella adalah makanan yang menarik banget untuk kamu coba. Mirip dengan nasi kuning dari Indonesia, paella adalah makanan khas Spanyol yang berasal dari daerah Valencia berupa nasi yang dimasak dengan bumbu kunyit serta bermacam-macam seafood, daging, atau sayuran.

Menurut legenda Spanyol, makanan ini dulunya diciptakan oleh pelayan-pelayan raja yang memasak apapun yang tersisa dari makan malam raja dengan nasi yang ada menggunakan panci yang rata. Panci rata inilah yang menjadi ciri khas paella, bahkan sampai sekarang. Ciri khas paella lainnya yang menarik adalah makanan ini dimasak tanpa kompor, tapi langsung menggunakan api atau menggunakan pemanggang barbecue.

Kalau kamu ingin cobain paella di Jakarta, kamu bisa ke restoran Spanyol atau Eropa, salah satunya adalah Por Que NoGastromaquia.

2. Masala Dosa (India)

makanan terenak di dunia - masala dosa

Sumber: cooktube.in

Kalau kamu tipe orang yang suka makanan dengan banyak bumbu, masala dosa pasti menjadi salah satu favorit kamu juga. Menurut Wikipedia, dosa adalah sejenis pancake atau crepe dari India Selatan yang terbuat dari campuran nasi dan kacang lentil. Dosa ini bisa dimakan dengan berbagai topping atau saus.

Nah, masala dosa merupakan versi dari dosa yang diisi dengan kentang rebus yang dibumbui biji mustard, kelapa parut, daun ketumbar, dan air lemon. Isian masala dosa juga bisa ditambah cabai dan bawang untuk kamu yang suka rasa pedas, keju, atau sayur-sayuran. Kebayang dong gimana berbumbunya rasa makanan ini?

Ingin coba masala dosa dengan bahan dan bumbu asli dari India? Kamu bisa makan di Little India, D'Bollywood, The Royal Kitchen, atau Taal lho.

3. Fajita (Meksiko)

makanan terenak di dunia - fajitas

Sumber: traegergrills.com

Coba bayangkan rasanya daging panggang yang masih panas dan mengeluarkan suara berdesis dengan bawang bombay dan paprika yang disajikan di atas taco atau tortilla yang terbuat dari jagung, mungkin ditambah sedikit lettuce, guacamole, keju, kacang-kacangan, atau tomat juga? Udah jelas terbayang?

Itulah makanan yang bernama fajita. 

Walaupun masakan ini pertama kali diciptakan di Texas, Amerika Serikat, fajita dianggap sebagai makanan khas Meksiko karena yang pertama kali mulai memasaknya adalah koboi dari Meksiko yang tinggal di daerah tersebut. Fajita pertama kali diciptakan ketika koboi Meksiko menerima potongan daging sapi setiap bulannya sebagai bagian dari gaji mereka. Potongan daging tersebut pun dimasak bersama taco atau tortilla khas Meksiko dan disajikan dengan sayuran dan saus favorit orang Meksiko.

Penasaran ingin mencobanya? Fajita bisa kamu cicipi di beberapa lokasi, seperti Casa Mexico, El Asador, Chili's, Bottlenose Shack, Hard Rock Cafe dan The Bailey's and Chloe.

4. Lasagna (Italia)

makanan terenak di dunia - lasagna

Mungkin kamu udah sering makan pasta yang satu ini di restoran favoritmu. Tapi, tahukah kamu kalau lasagna adalah salah satu jenis pasta tertua di dunia? Nama lasagna sendiri juga didapatkan dari teknik memasaknya yang menumpuk satu demi satu pasta lasagna dengan isian berupa daging, sayur, kacang-kacangan atau keju di antaranya lalu memanggangnya.

Nah, walaupun sekarang lasagna lebih terkenal sebagai makanan khas Italia, asal-usulnya lumayan membingungkan lho. Menurut Via Verdi, namanya berasal dari bahasa Yunani, resep pertamanya konon diciptakan di Inggirs dan pembuatannya disempurnakan di Italia. Nggak heran, banyak orang di seluruh dunia yang suka dengan makanan yang satu ini karena asal-usulnya pun sangat beragam.

Kalau kamu ingin makan lasagna di Jakarta, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat restoran Italia seperti Pisa Kafe, H.E.M.A. Resto, Spumante, Secret Recipe, Walking Drums.

5. Fish & Chips (Inggris)

makanan terenak di dunia - fish and chips

Mungkin makanan yang satu ini terkesan sederhana banget - hanya kombinasi dari ikan goreng tepung dengan kentang goreng dan disajikan dengan saus. Tapi, fish & chips adalah salah satu makanan yang paling banyak dibungkus di dunia dan salah satu makanan fusion yang pertama kali dibuat lho. Tradisi menggoreng ikan dengan tepung berasal dari imigran dari Spanyol dan Portugal di Inggris dan kentang goreng sendiri merupakan makanan khas Inggris.

Seiring waktu, makanan ini menjadi salah satu makanan favorit bagi golongan kelas pekerja di Inggris dan disebarkan juga ke negara-negara jajahan Inggris. Fish & chips juga menjadi salah satu makanan yang mudah ditemukan di restoran Barat di berbagai negara di dunia.

Nah, kalau kamu termasuk penggemar ikan, kamu bisa makan fish & chips di restoran makanan Eropa seperti di Manhattan Fish Market, Fish & Cheap, Fish & Chips House.

6. Goi Cuon (Vietnam)

makanan terenak di dunia - goi cuon

Sumber: trendingdunia.net

Suka dengan lumpia? Saatnya kamu coba goi cuon atau lumpia khas Vietnam. Nggak seperti lumpia di Indonesia yang digoreng, goi cuon disajikan segar segar dingin. Cara membuatnya pun mudah: cukup merendam kulit lumpia atau banh trang dalam air lalu meletakkan isian di atasnya dan menggulung lumpia. Isian dari goi cuon biasanya adalah daging babi, udang, sosis, cumi, daging sapi, telur atau tahu.

Selain isian ini, biasanya ada berbagai sayuran yang ditambahkan ke dalam goi cuon seperti wortel, daun bawang, tauge atau daun ketumbar. Supaya rasanya lebih lengkap dan menyatu, goi cuon juga biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus ikan versi Vietnam bernama nuoc cham. Walaupun bisa kamu makan sendiri, orang Vietnam biasanya makan goi cuon rame-rame lho.

Penasaran ingin mencoba rasa segarnya goi cuon? Kamu bisa makan lumpia khas Vietnam ini di restoran Vietnam seperti Saigon Delight atau Madame Mai lho. Jangan lupa juga ajak teman-temanmu ya supaya rame!

7. Poke (Amerika Serikat)

makanan terenak di dunia - poke

Sumber: seriouseats.com

Pernah mendengar tentang poke bowl - makanan sehat yang akhir-akhir ini sedang trending di Jakarta? Nah, poke adalah bahan dasar dari makan tersebut yang berasal dari Hawaii, Amerika Serikat. Pada dasarnya, poke adalah potongan ikan mentah yang dibumbui dengan bawang bombay Maui, inamona (saus dari kacang khas Hawaii), rumput laut, kecap, daun bawang dan minyak wijen. Tapi, dengan semakin berkembangnya poke, bumbu dari ikan mentah tersebut juga bisa berupa garam, telur ikan, cabe kering, atau saus wasabi. Rasanya mungkin agak mirip dengan sashimi dari Jepang.

Di daerah aslinya, poke biasanya hanya dibuat menggunakan daging ikan tuna atau gurita. Tapi, saat ini justru versi poke yang paling populer adalah ahi poke yang terbuat dari ikan tuna bersirip kuning atau poke yang terbuat dari salmon dan kerang-kerangan. Kamu juga bisa makan poke secara langsung atau mencampurnya dengan lauk lain dan nasi.

Ingin cobain poke? Kamu bisa datang langsung ke Pokinometry, Poke Haus, atau Poke Mob yang menyajikan poke mentah atau variasi poke bowl yang dicampurkan dengan lauk lain.

8. Rendang (Indonesia)

makanan terenak di dunia - rendang

Sumber: nadipos.com

Siapa sih yang nggak kenal sama makanan satu ini? Makanan khas Sumatra Barat ini langganan banget masuk daftar makanan terenak di dunia karena rasanya yang unik banget. Dibuat dari daging yang dimasak selama 4 jam atau lebih dalam santan dan campuran cabe, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang, rasa rendang yang khas banget bisa kamu temukan di tiap gigitannya karena bumbunya udah meresap.

Nggak cuma enak, rendang adalah makanan yang tahan lama lho. Campuran bumbunya adalah pengawet alami bagi makanan, jadi rendang yang dimasak dengan baik bisa tahan sampai 1-4 minggu lho. Selain itu, rendang juga merupakan makanan yang dianggap mewakili nilai-nilai adat Sumatra Barat, terutama musyawarah.

Untuk kamu yang terbayang-bayang rasa rendang, kamu bisa segera meluncur ke Cikang, Sahaja Padang, atau Eastern Opulence untuk makan makanan kebanggaan Indonesia ini.

9. Sushi (Jepang)

makanan terenak di dunia - sushi

Satu lagi nih makanan yang mungkin udah nggak asing buat kamu: sushi! Sushi adalah makanan Jepang yang paling populer di luar Jepang, jadi nggak heran kalau makanan ini dianggap salah satu makanan terenak di dunia. Walaupun sekarang kita terbiasa makan sushi dalam bentuk nasi yang digulung bersama ikan atau sayur atau daging seafood lainnya, awalnya sushi hanya berupa filet daging ikan yang direndam dalam cuka Jepang lho.

Sampai sekarang, orang Jepang masih menganggap pembuatan sushi sebagai suatu seni. Seorang sushi chef juga harus belajar minimal 2 tahun dulu sebelum diperbolehkan membuat sushi di restoran. Khusus untuk sushi chef di restoran yang menggunakan ikan fugu yang beracun, mereka harus belajar lebih lama lagi bahkan berisiko tewas karena harus mencoba sushi yang mereka buat dengan ikan itu. Sushi juga nggak boleh dipotong sembarangan lho, tapi harus menggunakan pisau yang setajam pedang samurai.

Ingin cobain sushi dengan berbagai isian? Kamu bisa segera ke Itacho Sushi, Kikugawa, Miyagi, Takarajima, Fat Shogun atau Mori Express.

10. Som Tam (Thailand)

makanan terenak di dunia - som tam

Suntuk dan ingin makan yang segar? Kamu bisa cobain som tam, salad pepaya hijau yang rasanya asam pedas dari Thailand. Som tam biasanya merupakan campuran parutan pepaya hijau dengan tomat, bawang putih, kacang panjang, udang dan cabe yang disajikan dengan saus campuran jeruk limau dan kecap ikan. Yang bikin makanan ini spesial adalah semua bahannya segar banget - bahkan nggak jarang nggak dimasak sama sekali.

Kalau kamu nggak terlalu suka rasa asam dan pedas, kamu bisa makan som tam ala orang Thailand - yaitu dengan mencampurnya dengan ketan atau sayur-sayuran tumis supaya rasa asamnya nggak terlalu kuat. Nggak jarang, som tam ini juga disajikan bareng daging ayam atau babi atau ikan asin supaya rasanya lebih menarik.

Nah, ingin cobain som tam yang segar? Segera ke Greyhound Cafe, Noble by Zab Thai, Thai Jim Jum, atau Larb dan pesan seporsi som tam. 

Makan Makanan Terenak di Dunia Sambil Berhemat

Banyak juga nih makanan terenak di dunia yang bisa kamu coba di Jakarta. Ingin cobain semuanya tapi takut uangmu habis? Jangan khawatir! Kamu bisa tetap makan enak sambil berhemat dengan aplikasi Cashbac - aplikasi yang memberikan kamu instant cashback untuk setiap transaksi, termasuk transaksi di ratusan restoran di Jakarta.

Jadi, ingin coba makanan terenak di dunia di Jakarta tanpa bikin uangmu habis? Ayo cobain 10 makanan terenak di dunia versi CNN di atas bersama Cashbac! Selamat makan!

Sumber: cashbac.com/blog

Tags

About The Author

Cashbac 19
Pensil

Cashbac

Informasi Cashback Rewards dan Tips Keuangan Menarik Lainnya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel