Ps4 Pro Atau Xbox One X ?

4 Aug 2018 11:02 1031 Hits 0 Comments
Bagi kalian yang masih bingung tentang perbedaan Ps4 Pro dan Xbox One X. Simak ulasan berikut untuk mengetahui perbedaannya.

Bagi sebagian kita yang suka bermain game console pasti sudah tidak asing lagi dengan 2 brand game console yang sangat populer dan sangat digemari banyak orang yaitu Playstation dari Sony dan Xbox dari Microsoft. Sudah sejak lama kedua brand tersebut menjadi rival dalam perindustrian game console, kedua brand tersebut memang sangat baik tetapi masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Saat ini yang sedang sangat diperbincangkan banyak orang yaitu PS4 Pro dengan Xbox One X, kedua game console tersebut sama – sama yang terbaik dikelasnya. Sehingga banyak orang yang bingung ingin memilih yang mana diantara keduanya.

Disini saya akan menjelaskan beberapa perbedaan dari PS4 dan Xbox One X tersebut, yaitu :

  1. Perbedaan keduanya dalam hal desain

Xbox One X punya dimensi lebih kecil dari PS4. Ia tampil lebih ringkas dan kecil dibanding PS4. Dimensinya sendiri adalah 11,8 x 9,4 x 2,3 inci. Bobotnya cukup berat, yakni 4,2 kg. Microsoft menyebutnya sebagai Xbox terkecil, meskipun sebenarnya ukurannya hanya sedikit lebih tipis ketimbang Xbox One S.

Sedangkan PS4 Pro tampil lebih besar. Dimensinya adalah 15,6 x 11,6 x 2,6 inci. Akan tetapi, bobotnya lebih ringan di 3,5 kg. Desainnya mirip PS4 yang ditumpuk dengan setengah PS4 lagi.

  1. Perbedaan keduanya dalam hal grafis dan performa

Xbox One X ternyata lebih kuat ketimbang PS4 Pro. Konsol Microsoft itu dibekali dengan prosesor custom 8 inti yang memiliki kecepatan 2,3 GHz. GPU-nya pun luar biasa dengan kecepatan 1,17 GHz. GPU tersebut memiliki fitur dari arsitektur AMD Polaris yang menawarkan kekuatan komputasi hingga 6 teraflop.

Xbox One X juga memiliki RAM DDR5 hingga 12 GB. Microsoft mengklaim, spesifikasi tersebut cukup untuk menjalankan resolusi 4K di 60 frame per detik. XBox One X juga mendukung gambar HDR.

Sementara itu, PS4 Pro menggunakan prosesor yang sama dengan PS4. Hanya saja, prosesor ini dikencangkan ke 2,1 GHz vs 1,6 GHz di PS4 biasa. Prosesor 8 inti yang digunakannya juga menggunakan arsitektur AMD Polaris, tetapi dengan kekuatan komputasi 4,2 teraflop, lebih kecil dari XBox One X. RAM-nya pun hanya 8 GB.

  1. Perbedaan keduanya dalam hal aksesoris

Saat ini, ada aksesoris yang sangat keren tepatnya pada konsol yang sudah bisa dipasangkan dengan headset VR adalah PS4, juga PS4 Pro. Sementara itu, keluarga Xbox One belum dibekali dengan VR khusus. Alat VR untuk keluarga PS4 sendiri dinamakan PS VR. Oleh karena itu, PS4 Pro menjadi opsi satu-satunya jika kamu ingin memainkan VR di konsol game.

  1. Perbedaan keduanya dalam hal online gaming

Pengalaman game online ditentukan oleh kualitas jaringan internet yang dimiliki. Akan tetapi, kesiapan infrastruktur dari vendor juga sangat menentukan. Untuk memainkan game online, kamu perlu berlangganan Xbox Live untuk Xbox dan PlayStation Plus untuk PS. Kkita harus membayar sejumlah uang untuk langganan itu. Di lihat dari kualitas infrastruktur, Microsoft dikatakan lebih siap ketimbang Sony. Jaringan XBox Live dikatakan lebih stabil dibandingkan PS4.

 

 

 

 

 

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel