Keunggulan dari Android P

30 Jul 2018 19:47 1056 Hits 0 Comments
Tidak terasa hingga kini Android sudah mencapai P. Simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja keunggulannya.

Tidak terasa hingga kini versi android sudah berkembang hingga menjadi seperti sekarang ini, sebab tanggal 25 Juli 2018 kemarin telah dirilis versi beta dari Android versi . Android P ini merupakan generasi penerus setelah Android Oreo, ada sebuah rumor mengatakan bahwa Android versi P ini disebut – sebut menggunakan nama Pistachio Ice Cream, meskipun belum ada fitur – fitur yang resmi dibawanya, namun spekulasi fitur di Android P mulai merebak.

Berikut penjelasan fitur – fitur terbaru yang kemungkinan akan hadir pada Android P, yaitu :

1. Terdapat multi – kamera yang mendukung aplikasi ketiga

Android P ini akan mengadakan pengaturankamera ganda atau multi yang saat ini banyak tersematkan di smartphone high – end maupun mid – range. Oleh karena itu, pengembang aplikasi bisa menyesuaikan software aplikasi yang mereka usung untuk mendukung multi – kameradi smartphone yang dijalankan oleh Android P.

2. Ada tampilan “notch” buatan yang mirip dengan iPhone X

Notch itu merupakan style layar yang ada pada iPhone X dan menjadi pasaran di perangkat Android. Sebuah tangkapan layar dari suatu uji coba pada Android P Developer Preview 1 menampilkan menu “Display Cutout” (memotong layar).

3. Fitur Gmail smart replies

Smart Replies merupakan sebuah fitur yang ada pada kotak masuk Gmail dan Google Allo. Pada Smart Replies ini akan menampilkan beberapa opsi jawaban yang memanfaatkan algoritma machine learning.

4. Bisa melihat pesan yang ada gambar pada notifikasi

Maksudnya pengguna Android P ini akan bisa melihat sekilas / cuplikan pesan bergambar dengan cara menyapu ke bawah papan notifikasi dari atas layar.

5. Memisahkan notifikasi obrolan grup dan obrolan personal dengan lebih jelas

Pada pengguna Android saat ini mungkin sudah banyak menggunakan fitur tersebut, namun ada yang beda dengan Android P nanti. Yaitu tampilan notifikasi tersebut akan diperjelas lebih detail, sehingga pengguna tidak perlu sering – sering mengetuk layar.

6. Ada fitur Zooming – text  seperti iPhone

Fitur ini mengizinkan pengguna untuk melihat lebih jelas apa yang mereka ketik. Pembesaran teks cukup dilakukan dengan hanya mengarahkan kursor ke kata atau frasa yang dipilih.

7. Bisa melihat peta indoor melalui sebuah aplikasi

Ada yang mengatakan bahwa Android P nantinya akan mengusung Wi-Fi protocol IEEE 802. 11mc atau lebih dikenal dengan Wi-Fi Round – Trip – Time (RTT). Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melihat peta ruangan indoor melalui aplikasi navigasi.

8. Terdapat fitur kompresi foto

Maksudnya yaitu dengan fitur ini, koleksi foto akan lebih hemat ruang penyimpanan. Begitu pula saat transfer foto akan lebih hemat data. Hal tersebut berkat dukungan koding gambar melalui teknologi High Effieciency Image File (HEIF)yang akan menyimpan gambar dengan format HEIC ( High Effieciency Image Container) yang akan menggantikan format JPEG.

9. Peningkatan password secara otomatis

Beberapa menilai pengisian password otomatis dengan aplikasi ketiga seperti lastpass, everpass, 1password dan dashlane lebih baik daripada pabrikan google sendiri. Namun di Android P nanti google menjanjikan akan memperbaiki keluhan pengisian password otomatis tersebut, sehingga pengguna tak perlu lagi mengisi formulir online atau lainnya sebelum masuk ke sebuah situs atau platform.

10. Garis volume vertikal

Android P nanti akan melakukan perubahan bar volume yang pada awalnya horizontal menjadi vertikal. Selain itu, Android P juga menampilkan fitur ScreenShot yang akan muncul secara pop – up dengan menekan tombol power. Dan Tampilan interface nya pun akan lebih berwarna dibanding dengan versi sebelumnya yang dominan dengan warna biru dan putih.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel