Penyebab Disfungsi Pada Otot Panggul

30 Jul 2018 19:42 1053 Hits 0 Comments
Disfungsi otot panggul adalah ketidakmampuan untuk mengontrol otot-otot dasar panggul Anda. Lantai panggul Anda adalah kelompok otot dan ligamen di daerah panggul Anda

Disfungsi otot panggul adalah ketidakmampuan untuk mengontrol otot-otot dasar panggul Anda. Lantai panggul Anda adalah kelompok otot dan ligamen di daerah panggul Anda. Lantai panggul bertindak seperti sling untuk mendukung organ - organ di panggul Anda termasuk kandung kemih, rektum dan rahim atau prostat . Mengontraksi dan mengendurkan otot-otot ini memungkinkan Anda untuk mengontrol gerakan buang air besar, buang air kecil dan terutama bagi wanita, hubungan seksual .

Disfungsi otot panggul memaksa Anda untuk berkontraksi otot-otot Anda daripada relaks. Akibatnya, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk buang air besar. Latihan dasar otot panggul sebelum hal ini terjadi tentu akan bisa banyak memberikan manfaat jangka panjang sebelum Anda mengalami hal semacam ini.

Sebab jika tidak ditangani, disfungsi lantai panggul dapat menyebabkan ketidaknyamanan, kerusakan kolon jangka panjang , atau infeksi . Sementara penyebab pasti masih diteliti, dokter dapat menghubungkan disfungsi dasar panggul dengan kondisi atau peristiwa yang melemahkan otot panggul atau merobek jaringan ikat:

• persalinan
• cedera traumatis ke daerah panggul
• kegemukan
• operasi panggul
• kerusakan saraf

Diagnosa

Sangat penting untuk tidak mendiagnosis sendiri gejala-gejala Anda karena dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius. Untuk membuat diagnosis, dokter Anda akan meninjau riwayat medis Anda dan mengamati gejala Anda. Setelah konsultasi awal, dokter Anda akan melakukan evaluasi fisik untuk memeriksa kejang otot atau knot. Mereka juga akan memeriksa kelemahan otot .
Untuk memeriksa kontrol otot panggul dan kontraksi otot panggul, dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan internal dengan menempatkan perineometer  alat penginderaan kecil  ke dalam rektum atau vagina Anda. Pilihan yang kurang invasif melibatkan penempatan elektroda pada perineum Anda, area antara skrotum dan anus atau vagina dan anus, untuk menentukan apakah Anda dapat mengontraksi dan mengendurkan otot-otot panggul.

Mengobati disfungsi lantai panggul

Tujuannya untuk mengobati disfungsi lantai panggul adalah mengendurkan otot-otot dasar panggul agar gerakan usus lebih mudah dan memberikan kontrol lebih banyak. Latihan kegel , atau teknik serupa yang mengharuskan Anda mengontraksikan otot-otot Anda, tidak akan membantu kondisi ini. Sementara operasi adalah pilihan, ada pilihan perawatan yang kurang invasif yang tersedia. Perawatan umum untuk kondisi ini adalah biofeedback. Teknik ini memungkinkan terapis Anda untuk memantau bagaimana Anda bersantai atau mengontraksi otot-otot panggul Anda melalui sensor khusus. Setelah mengamati aktivitas otot Anda, terapis Anda akan memberi tahu Anda bagaimana meningkatkan koordinasi Anda.

Pilihan pengobatan lainnya termasuk:
Obat. Dokter Anda mungkin meresepkan relaksan otot untuk membantu dengan gejala disfungsi lantai panggul. Relaksan dapat mencegah otot Anda berkontraksi.

Apa Penyebab Disfungsi Pada Otot Panggul?
Perawatan diri. Untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot dasar panggul Anda, hindari mendorong atau mengejan saat menggunakan kamar mandi. Teknik relaksasi seperti yoga dan peregangan juga dapat membantu merelaksasi otot-otot dasar panggul Anda. Mengambil mandi air hangat adalah teknik lain yang bermanfaat. Air hangat meningkatkan sirkulasi darah dan melemaskan otot-otot.

Operasi. Jika disfungsi otot panggul Anda adalah hasil dari prolaps rektum  suatu kondisi yang menyebabkan jaringan rektum jatuh ke dalam pembukaan dubur pembedahan akan melonggarkan organ panggul yang terkena dan menyebabkan mereka rileks.

Sumber referensi penulis: Confidence popok dewasa orang tua yang bagus kualitas terbaik

Tags Kesehatan

About The Author

Tri Haryadi 20
Pensil

Tri Haryadi

Online Content Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel